Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Jawa Tengah - 9 (Sembilan) Oleh - Oleh Khas Jawa Tengah



Rasanya tidak lengkap jika kita telah puas mengeksplore tempat wisata yang ada di provinsi Jawa Tengah dan pulang tanpa membawa oleh - oleh khas daerah tersebut. Selain bisa dinikmati sendiri dan keluarga, oleh - oleh tersebut juga bisa kita bagikan kepada saudara, tetangga dan teman - teman kita di kantor.

Sebagai referensi untuk Anda, maka media travelling berikut ini akan membagikan tentang  9 (Sembilan) Oleh - Oleh Khas Jawa Tengah yang bisa anda beli, antara lain :

1. Telur Asin


Jika Anda mendengar nama telor Asin maka yang teringat langsung oleh kita adalah kabupaten Brebes. Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten yang berada  di wilayah provinsi Jawa Tengah yang merupakan daerah penghasil telor Asin terbesar di tanah air.

Telor Asin merupakan makanan tradisional dari Kabupaten Brebes yang sudah sangat populer di tanah air. Telor Asin memiliki rasa yang asin sesuai dengan namanya. Telor asin tersebut bisa di makan secara langsung ataupun di makan bersama - sama dengan nasi dan sayur lainnya. Rasanya sangat gurih, asin dan nikmat sekali.

Variasi dari telor asin ini ada beberapa macam seperti telor asin rebus, telor asin panggang dan telor asin asap. Harganya juga cukup bersahabat dengan kantong Anda. Jadi sempatkan mampir di kota ini jika ingin membelo oleh - oleh telor Asin khas Brebes, Jawa Tengah.

2. Enting-Enting Gepuk

image : inst[email protected]

Kota Salatiga di Jawa Tengah juga memiliki oleh - oleh khas yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk oleh - oleh Anda. Adalah Enting-Enting Gepuk yakni makanan tradisional Jawa Tengah berbahan dasar kacang tanah lalu ditumbuk dan dipadatkan. Dan sebelum dipadatkan, kacang tanah terlebih dahulu sudah dicampur gula jawa agar kerekatannnya semakin kuat.

Enting - Enting Gepuk khas kota Salatiga ini juga enak dan harganya tidak mahal, sehingga sangat pas untuk menjadi pilihan Anda.

3. Sale pisang Cilacap
Kemudian, beralih ke pulau Jawa bagian selatan tepatnya di kota Cilacap provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memiliki makanan khas yaitu berupa sale pisang. Daerah yang merupakan sentra penjualan Sale Pisang tersebut adalah di daerah Karang Pucung dan Majenang Cilacap.

Harga dari sale pisang tersebut cukup murah dan sangat bersahabat dengan kantong Anda, jadi sempatkan mampir ke kota ini jika ingin membeli sale pisang khas kota Cilacap Jawa Tengah.

4. Nopia Dan Mino Banyumas

image : [email protected]_rahma_nia

Jika Anda kebetulan melintas di daerah kabupaten  Banyumas, maka selain Anda bisa menyempatkan diri untuk mencicipi getuk goreng Sokaraja, maka Andapun  bisa menemukan kue nopia dan mino. Kedua makanan tersebut merupakan produk makanan khas dari kabupaten Banyumas tersebut. 

Nopia adalah jenis makanan kudapan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah serta dipanggang dengan tungku khusus yang terbuat dari tanah liat. Nopia memiliki bentuk kue yang lebih besar jika di bandingkan dengan Mino. Mino sendiri merupakan singkatan dari kata Mini Nopia, jadi wajar jika bentuknya lebih kecil dari Nopia tersebut.

5. Lanting Kebumen
Masih di pulau Jawa bagian selatan, maka selanjutnya Anda bisa mampir ke Kabupaten Kebumen untuk menyempatkan diri membeli oleh - oleh khas kabupaten Kebumen yakni Lanting. Lanting merupakan makanan kudapan yang terbuat dari bahan baku singkong dan biasanya di buat seperti bentuk angka 8 dan cara mengolahnya adalah dengan di goreng.

Ada beberapa macam jenis lanting yang tersedia antara lain easa bawang, keju, jagung dan rasa pedas. Haraganya juga sangat murah meriah.

6. Carica Wonosobo
Beralih ke bagian Tengah pulau  jawa, tepatnya di daerah dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo,  provinsi Jawa Tengah. Di daerah ini Anda bisa membeli oleh - oleh khas dari Dieng yakni Carica. Carica sendiri memiliki bentuk buah mirip dengan pepaya namun lebih kecil.

Itulah buah carica yang biasanya diolah menjadi aneka makanan seperti  manisan, keripik, dodol, hingga sirup.

7. Getuk Trio Magelang
Getuk adalah salah satu jenis makanan tradisional dari provinsi Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar singkong. Biasanya dalam pembuatan getuk terdapat dua jenis rasa yakni rasa asin dan manis. Getuk biasanya di sajikan dengan parutan kelapa dan paling enak dan di temani dengan segelas the manis atau kopi.

Jika kamu ingin membeli jajanan ini sebagai oleh – oleh, jangan lupa untuk menyempatkan diri Anda mampir ke kota Magelang untuk membeli oleh-oleh Getuk Trio yang sudah melegenda. Getuk trio memiliki tiga warna khas yaitu merah muda, putih, dan cokelat.

8. Wingko babat Semarang
Wingko babat adalah oleh – oleh khas dari kota Semarang, provinsi Jawa Tengah. Wingko babat ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang di campur dengan kelapa dan bahan-bahan lainnya. Rasa Wingko babat ini gurih dan cenderung manis.

Buat Anda yang ingin membeli oleh – oleh khas kota Semarang bisa langsung mampir ke Jalan Pandanaran kota Semarang, tidak jauh dari Simpang lima Kota Semarang kearah tugu Muda. Soal harga sangat bersahabat dengan kantong Anda pastinya.

9. Bandeng presto Semarang


Bandeng presto adalah makanan khas dari kota Semarang lainnya. Bandeng Presto ini adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan Bandeng, dimasak dengan bumbu – bumbu khusus dan di presto sehingga sudah terpisah antara duri dan daging ikannya.

Itulah artikel tentang Wisata Jawa Tengah - 9 (Sembilan) Oleh - Oleh Khas Jawa Tengah, semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.


referensi : tribunnews.com

Post a Comment for "Wisata Jawa Tengah - 9 (Sembilan) Oleh - Oleh Khas Jawa Tengah "