Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara


7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara
image via [email protected]_attii

Provinsi Maluku Utara merupakan sebuah daerah yang letaknya berada di bagian timur Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ternate yang merupakan Ibukota provinsi Maluku Utara juga merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik, seperti wisata Sejarah, wisata alam, wisata pantai dan masih banyak lagi lainnya. 

Ada banyak sekali obyek wisata yang berada di provinsi Maluku Utara ini. Dan sebagai refernsi untuk Anda, maka pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada Anda beberapa daftar obyek wisata yang populer dan hits di provinsi Maluku Utara ini.

Berikut iini adalah daftar 7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara yang wajib untuk Anda kunjungi, antara lain:

1. PULAU HALMAHERA

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara

Pulau Halmahera merupakan salah satu tempat wisata menarik di provinsi Maluku Utara untuk Anda kunjungi. Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Maluku Utara, dengan luas areanya mencapai sekitar 17.780 meter persegi. 

Sekilas jika kita perhatikan bentuk pulau Halmahera ini hampir menyerupai Pulau Sulawesi dengan empat semenanjung namun dengan luas yang lebih kecil. Budaya masyarakat yang ada di Pulau Halmahera  ini sangat unik karena penduduknya merupakan campuran antara keturunan bangsa Portugis, Gujarat, Arab, Malaysia, dan juga Belanda. Selain memiliki objek wisata berupa laut dan gunung berapi, Pulau Halmahera juga memiliki beberapa desa tradisional yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Alamat lengkap: Maluku Utara
Temukan Di Google Map

2. AIR TERJUN CIBI CEBI

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara


Air Terjun Cibi Cebi adalah salah satu tempat wisata di ternate yang merupakan satu-satunya air terjun yang ada di provinsi Maluku Utara. Air terjun tersebut mengalir ke Sungai Waci dan bermuara ke pantai di Halmahera Timur. 

Lokasi Air terjun ini berada di Desa Waci, atau tepatnya berada di lembah sungai Waci-Peteley. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 14 meter. Jika Anda ingin berkunjung ke air terjun Cibi Cebi ini, maka Anda dapat mencapainya dengan menempuh perjalanan air dengan menggunakan perahu selam kurang lebih 7 kilometer dari Waci atau sekitar 30 menit.

Anda dapat menikmati air terjun ini dari atas perahu. Pemandangan di kawasan air terjun Cibi Cebi ini dikelilingi oleh tanaman hijau sehingga membuat Anda merasa berada di dasar sebuah kolam besar yang dialiri oleh air  terjun ini.

Alamat lengkap:
Temukan Di Google Map

3. KAWASAN WISATA BATU ANGUS

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara

Obyek wisata kawasan Batu Angus merupakan lokasi aliran lava yang sudah membeku ketika Gunung Api Gamalama meletus pada tahun 1737 silam. Lokasinya berada tidak jauh dari bandara kota Ternate provinsi Maluku Utara. 

Lava yang sudah membeku dan membatu tersebut berwarna hitam legam ini berada di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan. raya. Tempat ini juga menjadi tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi saat Anda berkunjung di Ternate, Maluku Utara.

Berjalan-jalan di kawasan Batu Angus sambil menikmati pemandangan Pulau Hiri bisa membuat Anda merasa takjub dan terpesona karena Anda akan melihat keindahan yang ada di hadapan Anda.

Alamat lengkap:Jl. Batu Angus, Kulaba, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara
Temukan Di Google Map

4. PULAU MOROTAI

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara
image via [email protected]_mhmud

Pulau Morotai adalah salah satu tempat wisata yang terlihat unik, karena pulau ini memiliki daratan yang rata sampai dengan garis pantainya. Pulau kecil ini memiliki sejarah panjang ketika dijadikan sebagai markas perang bagi tentara Jepang selama berlangsungnya Perang Dunia kedua. 

Hingga kemudian pulau Morotai tersebut akhirnya direbut oleh tentara sekutu dan dijadikan sebagai basis perang mereka. Di pulau Morotai ini banyak terdapat peninggalan zaman perang dunia kedua. Wilayah perairan lautnya  kini menjadi obyek wisata bagi para penyelam karena banyak bekas kapal - kapal yang tenggelam selama berlangsyngnya perang dunia kedua saat itu.

Obyek wisata Pulau morotai memiliki landskap pantainya berupa hamparan pantai pasir putih yang sangat luas. Pulau morotai sangat layak untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk wilayah propinsi Maluku utara. Semoga pemerintah daerah setempat segera menyadari potensi wisata dan ekonomi dari keberadaan pulau Morotai tersebut.

Alamat lengkap:Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara
Temukan Di Google Map

5. GUA SAGEA 

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara
image via jabar.tribunnews.com

Obyek wisata gua sagea adalah salah satu tempat wisata menarik  lainnya yang menarik untuk dikunjungi di Ternate. Lokasinya berjarak sekitar 5 kilometer dari Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Gua Sagea memiliki lebar pintu masuk sekitar 20 meter persegi dan panjang gua nya mencapai sekitar 30 kilometer. Bagian dalam Gua Sagea ini dipenuhi dengan stalaktit yang sangat indah dan menarik.

Di dalam gua ini tidak ada cahaya matahari yang masuk dan bahkan suhu udara di dalam Gua Sagea ini bisa mencapai di bawah nol derajat. Meskipun cukup seram dan menantang ternyata banyak wisatawan yang tergoda untuk menikmati petualngan di dalam gua Sagea ini.

Selain Gua Sagea, terdapat Gua lain yang berada di daerah Sagea yaitu Gua Bokimoruru. Untuk dapat mencapai gua ini anda harus melalui jalur sungai menggunakan perahu. Gua ini lebih misterius jika dibandingkan dengan Gua Sagea karena gua ini memang belum dipetakan, kedalaman Gua tersebut  juga belum diketahui.

Alamat lengkap: Halmahera Tengah, Maluku Utara Kab. Halmahera Tengah
Temukan Di Google Map

6. GUNUNG GAMALAMA

7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara

Gunung Api Gamalama pasti terlihat dari langit ketika Anda sedang berada di pesawat yang melintas di provinsi Maluku Utara. Gunung setinggi 1721 MDPL itu seolah menandakan bahwa Anda sudah berada di Maluku Utara. Gunung Gamalama bertindak layaknya penyambut tamu yang mengucapkan selamat datang di provinsi Maluku Utara. 

Gunung api Gamalama tercatat sebagai salah satu gunung api yang masih aktif dan berada di tengah laut. Sebelum tahun 1990, Gunung Api Gamalama sering sekali meletus, akan tetapi setelah itu tidak pernah meletus lagi. Di lereng gunung yang megah ini terdapat sebuah desa tradisional yang masih bertahan yaitu Desa Marikurubu. Desa tersebut masih memegang erat adat istiadatnya hingga saat sekarang ini.

Alamat lengkap: Hutan Lindung, Kec. Hutan Lindung, Kota Ternate, Maluku Utara
Temukan Di Google Map

7. DANAU TOLIRE

Danau Tolire Besar
image via [email protected]_133

Danau Tolire lokasinya berada di sebelah selatan Gunung Gamalama yang ada di Pulau Ternate. Danau ini terdiri dari 2 bagian yaitu Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar. Jarak diantara kedua  danau tersebut sekitar 200 meter sehingga sangat mudah untuk mengunjungi keduanya dalam waktu yang bersamaan..

Para wisatawan lebih suka mengunjungi Danau Tolire Besar karena keindahannya sangat menakjubkan, jika dibandingkan dengan danau Tolire kecil. Danau Tolire besar berbentuk seperti loyang raksasa dengan kedalaman 50 meter dan luas sekitar 5 hektar. 

Danau Tolire ini sangat unik, karena warna air danaunya yang dapat berubah-ubah. Pada musim panas air dananunya akan berwarna hijau, sedangkan pada musim hujan warna airnya akan  berubah menjadi coklat. Butuh waktu 10 menit saja dari pusat Kota Ternate dengan naik kendaraan untuk sampai di danau Tolire ini.

Alamat lengkap: Takome, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara
Temukan Di Google Map

Itulah 7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "7 Obyek Wisata Populer Di Maluku Utara"