Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19

 

Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19
image via freepik

Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19 - Tidak terasa sudah hampir satu tahun berlalu sejak pertama kali pandemi corona melanda Indonesia sekitar awal bulan 2020 yang lalu. Selama pandemi tersebut kita merasa segala aktivitas hidup menjadi sangat terbatas dan tidak leluasa lagi.

Ada semacam ketakutan dalam diri kita terkait dengan pandemi corona ini karena pandemi ini begitu hebatnya dan terjadi hampir di semua negara di dunia ini. 

Pemerintahpun telah menganjurkan kepada kita sebagai rakyatnya, untuk membatasi aktivitas di luar rumah bahkan para pekerja kantoran pun di anjurkan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah (Work From Home/WFH).

Setelah beberapa bulan berlalu, pemerintah sedikit melonggarkan kebijakannya dengan memperbolehkan masyarakat untuk beraktivitas diluar rumah, walalupun tetap dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

Bberapa tempat wisata juga sudah mulai ada yang buka kembali walaupun masih dalam skala terbatas dan membatasi jumlah pengunjung yang datang. Mereka juga memauhi regulasi dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah saya sampaikan di atas.

Bagi sebagaian masyarakat, liburan menjadi salah satu hal yang paling dirindukan setelah sekian bulan merasa jenuh berada di rumah akibat pandemi corona (COVID-19) ini.

Maka setelah pemerintah mengumumkan era New normal, hal tersebut menjadi kabar baik bagi para pecinta traveling untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa bosan tersebut.

Bagi Anda dan keluarga yang ingin berkunjung ke tempat - tempat wisata yang telah buka, maka dalam artikel kali ini, saya akan membagikan kepada Anda tentang Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19.

Dengan mengikuti tips - tips ini, mudah - mudahan kita akan tetap merasa aman dan nyaman selama berkunjung ke tempat - tempat wisata tersebut. 

Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19
image via freepik

1. Pilih Obyek Wisata Tujuan Anda Dan Cari Informasi Terkait Dengan Kebijakan Pemerintah Daerah Setempat.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum pergi berlibur adalah memilih obyek wisata mana yang akan Anda kunjungi. Usahakan agar obyek wisata tersebut tidak begitu jauh jaraknya dari rumah Anda. Selain itu, jika obyek wisata tersebut berada di luar daerah, maka Anda wajib mencari informasi terkait dengan kebijakan Pemda setempat.

Apakah ada syarat - syarat khhusus bagi pengunjung dari luar daerah atau tidak. Setelah itu, cari informasi terkait dengan kebijakan obyek wisata tujuan Anda tersebut, misalnya tentang aturan protokol kesehatan, pembatasan jumlah pengunjung dan sebagainya. 

Hal ini tentu menjadi sangat penting karena peraturan dari setiap pemerintah daerah berbeda-beda. Jika ternyata pemerintah daerah setempat belum memberikan pernyataan resmi terkait status daerah tersebut yang sudah aman, lebih baik Anda mencari alternatif  obyek wisata yang lain.

2. Pastikan Kondisi Badan Anda Sehat

Tips kedua yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi berlibur atau berwisata adalah memastikan bahwa kondisi tubuh Anda benar-benar sehat dan bugar. Akan lebih baik, jika Anda sebelumnya memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk mengecek kondisi tubuh Anda.

Jika dirasa perlu, Anda juga bisa melakukan rapid test COVID-19 agar merasa lebih yakin dengan kondisi tubuh Anda. Dengan surat hasil rapid test tersebut yang menyatakan bahwa Anda NON REAKTIF Virus Corona, akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda. 

Jika Anda akan menggunakan angkutan umum, maka perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar sarana transportasi umum juga membatasi layanannya dan melarang penumpang yang menunjukkan gejala sakit untuk bepergian, walaupun mungkin itu hanya gejala yang ringan saja seperti flu atau panas.

3. Perhatikan Dokumen Dan Persyaratan Yang Wajib Di Penuhi Ketika Akan Berkunjung Ke Daerah Tujuan Anda

Tips selanjutnya, setelah Anda memastikan kesehatan tubuh Anda, maka Anda harus memiliki persyaratan dokumen yang diperlukan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Jika Anda akan berkunjung ke daerah lain yang masih dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, mungkin Anda perlu menyiapkan surat hasil rapid test COVID-19 atau hasil SWAB. 

Jika Anda akan pergi berlibur keluar negeri, maka dokumen yang wajib Anda penuhi adalah Paspor dan visa kunjungan ke negara tersebut. Selain itu, beberapa negara juga mensyaratkan dokumen tertentu bagi warga negara asing yang datang berkunjung ke negara mereka. Anda pelajari terlebih dahulu hal tersebut, seperti poin nomer dua di atas. 

Jangan sampai rencana liburan Anda berantakan hanya karena lalai dalam mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan.

4. Pilih Obyek Wisata Terdekat 

Jika Anda merasa malas untuk mengurus surat - surat atau dokumen yang diperlukan untuk berkunjung ke daerah lain atau ke negara lain, maka Anda bisa memilih obyek wisata terdekat yang ada di wilayah Anda.

Karena tujuannya adalah untuk merefresh pikiran Anda, maka obyek wisata terdekat dari tempat tinggal Anda saya rasa sudah cukup.

5. Pesan Tiket Dan Akomodasi Yang Menawarkan Fitur Pembatalan Tanpa Biaya Tambahan

Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19
image via freepik

Tips kelima ini sangat penting bagi Anda. Karena masa pandemi ini memang belum berakhir, maka kebijakan pemerintah daerah atau negara asing yang menjadi tujuan liburan Anda bisa saja berubah setiap saat. Jika itu terjadi, bagaimana dengan tiket dan akomodasi yang telah Anda pesan sebelumnya? 

Apakah bisa dikembalikan (refund)? Ataukah tiket dan akommodasi tersebut akan hangus begitu saja? Untuk itulah, maka sangat penting bagi Anda untuk memastikan memilih agen wisata yang menawarkan dan menjual tiket serta akomodasi dengan fitur pembatalan tanpa dikenakan biaya tambahan. Dengan cara ini, maka jika sewaktu - waktu Anda terpaksa harus membatalkan liburan Anda, maka uang Anda akan dikembalikan.

6. Lakukan Semua Transaksi Secara Elektronik

Tips selanjutnya atau yang keenam adalah melakukan semua transaksi secara elektronik. Hal ini penting bagi Anda untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain termasuk melakukan pembayaran dengan uang cash yang tentunya sangat rawan sekali terhadap penularan virus Corona.

Jika Anda memiliki mobile banking, maka hal tersebut akan sangat membantu dan memudahkan Anda. Emoney, juga menjadi salah satu jenis pilihan yang cukup rasional bagi Anda.

7. Bawa Pakaian Dan Kebutuhan Secukupnya

Bawalah barang - barang Anda seringkas dan se_efisien mungkin. Jangan membawa barang yang terlalu banyak. Bawa barang - barang pribadi Anda dengan packing yang ringkas.

Jangan lupa untuk selalu membawa masker kesehatan standar secukupnya, hand sanitizer, sabun mandi, sabun untuk cuci tangan, sarung tangan dan sebagainya. Usahakan untuk tidak meminjam barang yang telah dipakai oleh orang lain untuk menjaga hal - hal yang tidak di inginkan.

8. Patuhi Protokol Keamanan Dan Kesehatan Dari Pemerintah

Seperti yang sudah saya sampaikan di bagian pengantar artikel ini, agar Anda selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Walaupun nantinya Anda akan bertemu dengan banyak pengunjung yang lain, usahakan untuk menjauhi kerumunan. Tetap berusaha untuk menjaga jarak dengan pengunjung yang lain agar Anda tetap aman dan nyaman.

Jika Anda batuk atau bersin, tutup dengan sapu tangan atau palingkan wajah Anda sehingga tidak membahayakan orang lain. Jangan menyentuh, meminjam atau memakai barang milik orang lain di tempat wisata tersebut. Dan satu hal yang sering Anda lupakan, jangan sering - sering menyentuh area wajah Anda, terutama hidung dan mata selama Anda liburan.

Itulah sekelumit artikel tentang Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19. Mudah - mudahan tips ringan ini bisa bermanfaat untuk Anda selama pergi berlibur, agar Anda merasa aman dan nyaman.

Mudah - mudahan pandemi COVID-19 ini segera berlalu dan membuat kita menjadi hidup dalam kondisi normal kembali seperti sediakala.

1 comment for "Tips Traveling Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19"