Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Walat: Hutan Pendidikan dan Wisata

Gunung Walat
credit:instagram@t_motret

Gunung Walat yang terletak di Cibadak Sukabumi ini merupakan objek wisata hutan pendidikan. Hutan pendidikan adalah hutan yang dijadikan tempat untuk reservasi tanaman dan kegiatan pembelajaran untuk masyarakat umum dan bagi pelajar atau mahasiswa pada khususnya.

Di kawasan gunung Walat ini terdapat hutan pendidikan seluas 359 Ha, sangat luas sehingga Anda bisa menjelajah kawasan ini dengan puas. 

Terlebih kawasan hutan gunung Walat ini memiliki banyak sekali vegetasi alami seperti jenis tanaman Damar (Agathis Loranthifolia), Puspa (Schima sp.) Mahoni (Swietonia sp.), Akasia (Acacia Auriculiformis), dan Rasamala (Altingia Excelsa) ditambah beberapa vegetasi asli hutan setempat.

Selain itu, Anda juga bisa mengamati berbagai macam bentuk bebatuan yang ada di gunung Walat. Batuan di kawasan gunung Walat ini merupakan komplek batu endapan dan batu bekuan seperti Podsolik, Latosol, dan Litisol.

Sedangkan di bagian barat daya kawasan Gunung Walat ini terdapat daerah peralihan dengan jenis batuan Karst, sehingga di wilayah ini Anda dapat menyaksikan gua-gua alam yang terbentuk dari batuan Karst. 

Di gunung yang masih dijaga terus kealamiannya ini juga terdapat pepohonan jenis paku-pakuan, epifit, dan berbagai rumput-rumputan.

Selain menarik untuk kegiatan studi atau pembelajaran mengenai jenis tanaman dan batuan, pemandangan alam gunung Walat juga sangat memukau. Kawasan perbukitan hijau yang memanjang luas dari ujung barat ke ujung timur merupakan lokasi asyik untuk menghabiskan liburan Anda.

Kegiatan seperti menjelajah gua, naik bukit, dan bersepeda di hutan adalah petualangan yang seru dan menyehatkan dalam mengisi waktu libur di akhir pekan bersama keluarga atau orang terdekat Anda. 

Sejuknya udara ditambah pemandangan hijau di seluruh penjuru membuat perasaan nyaman menyelimuti Anda, tak ada kemacetan, tak ada suara berisik kendaraan, tak ada bau asap kendaraan bermotor. Yang ada hanya hembusan angin dan kicauan burung-burung liar yang bernyanyi setiap pagi di kawasan ini.

Selain itu, jika berniat menyusuri hutan di kawasan gunung Walat, Anda akan menemukan satwa-satwa liar seperti monyet ekor panjang, kelinci hutan, bajing, dan aneka jenis burung yang hidup liar disana. Sungguh petualangan yang komplit dan menyenangkan.

Gunung Walat
credit:instagram@adnanmustaqi

Anda bisa berlibur sambil mengenalkan berbagai tumbuhan, binatang, dan kehidupan liar kepada putra-putri Anda. Dengan mengenalkan keindahan alam sejak dini kepada anak-anak, mereka akan lebih menghargai alam sehingga tidak mudah untuk merusaknya. 

Dengan kata lain, tumbuhnya rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini akan membantu terjaganya kelestarian alam dalam jangka waktu lama.

Di kawasan gunung Walat, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat menginap. Ada berbagai jenis kamar yang tersedia bahkan sebuah bungalow eksotis yang terbuat dari kayu dan papan dapat Anda tinggali selama berlibur di sana. 

Tapi jika Anda ingin berkemah bersama keluarga Anda bisa menanyakan kepada petugas setempat daerah mana yang aman untuk dijadikan lokasi berkemah.

Selamat menikmati liburan penuh petualangan di gunung Walat Cibadak, Sukabumi Jawa Barat.

Post a Comment for " Gunung Walat: Hutan Pendidikan dan Wisata"