Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Menikmati Pesona Alam dari Puncak Gunung Ungaran

umbul-sidomukti
credit:instagram@nugraha_wisnupp

Pernahkah Anda mengunjungi kota Ambarawa, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang memiliki panorama indah? Jika Anda dari Semarang menuju ke Magelang dan Yogyakarta, Anda akan melewati kota ini yang juga terdapat museum kereta api dan perkebunan kopi.

Namun, satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengunjungi objek wisata Gunung Ungaran yang terletak di wilayah Bandungan Ambarawa. Terlebih bagi pecinta alam, gunung ini wajib Anda kunjungi.

Gunung Ungaran yang berada di ketinggian 2.050 mdpl menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Terbentang luas pesona keindahan daerah Jawa Tengah beserta gunung-gunung api raksasanya, seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Bukit Telomoyo, dan Gunung Sindoro Sumbing yang gagah berdiri bagai dua ksatria kembar.

Belum lagi, menikmati pesona terbitnya matahari dari puncak Gunung Ungaran ini akan memberikan keindahan magis tersendiri. 

Sapuan warna kuning keemasan terpantul di awan-awan tipis yang berada di sekeliling gunung, seakan puncaknya mengapung di atas mega. Sungguh pemandangan pagi yang tak akan pernah Anda temukan sebelumnya.

Semua lelah dan pegal yang Anda rasakan dalam menempuh perjalanan menuju puncak Gunung Ungaran ini, seakan hilang dan terbayarkan dengan keindahan alam yang bisa Anda nikmati di sana.

Gunung Merbabu terlihat utuh menjulang dan Merapi seakan mengintip di baliknya, hamparan kebun teh dengan jalan-jalan mungil yang membelahnya, dan pemandangan Kota Ambarawa dan Danau Rawa Pening yang indah. 

Jalur pendakian yang curam dengan jalan yang terjal dan licin berbatu ini merupakan tantangan tersendiri bagi Anda untuk melatih konsentrasi dan kewaspadaan.

Setelah menikmati keindahan di atas puncak Gunung Ungaran, tepat di kaki gunung terdapat Candi Gedong Songo.

candi-gedong-songo
credit:instagram@ayodolan

Candi Gedong Songo merupakan komplek candi Hindu. Konon komplek candi ini dibangun oleh Raja Sanjaya, yang merupakan raja Mataram kuno pada sekitar abad 8 Masehi. Awalnya komplek candi ini memiliki 9 candi, namun sayang dua dari sembilan candi tersebut sudah rusak.

Ada berbagai patung dewa Hindu di komplek karena dibangun untuk pemujaan kepada dewa-dewa. Beberapa patung dewa yang ada di candi ini seperti Siwa Mahaguru, Siwa Mahadewa, Syiwa Mahakala, Durga Mahisasuramardini, dan Ganesya.

Letak komplek candi Gedong Songo ini mengingatkan kita pada dongeng-dongeng lama yang menyebutkan bahwa dewa-dewa hidup di atas bumi di khayangan, seperti letak komplek Candi Gedong Songo ini tepat di bawah kaki Gunung Ungaran di ketinggian 1.000 meter dpl.

Saat hendak naik maupun turun dari puncak gunung, Anda bisa beristirahat dan mendirikan tenda di komplek candi. Sebagai informasi, sumber air hanya terdapat di Candi Gedong Songo ini, sehingga Anda harus memperhitungkan persediaan air jika ingin berkemah di puncak Gunung Ungaran.

Tunggu apalagi, menikmati puncak Gunung Ungaran yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa seperti sebuah liburan penuh petualangan yang mengasyikkan. Jadi, tidak perlu lagi bingung memilih tempat wisata, Gunung Ungaran bisa menjadi alternatif baru bagi Anda.

Post a Comment for " Tips Traveling: Menikmati Pesona Alam dari Puncak Gunung Ungaran"