Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu

Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu

Pringsewu adalah salah satu kabupaten yang termuda di provinsi Lampung, Indonesia. Pringsewu pada awalnya adalah sebuah kota kecamatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan. 

Kemudian seiring dengan era reformasi dan otonomi daerah, Kabupaten Lampung Selatan megalami pemekaran menjadi Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tanggamus. Dan Pringsewu masuk kedalam wilayah administrtif Kabupaten Tanggamus.

Kemudian, Kabupaten Tanggamus juga mengalami pemekaran kemabli menjadi Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu, sehingga akhirnya Pringsewu menjadi sebuah Kabupaten yang berdiri sendiri.

Dari segi pendidikan kependudukan, kesejahteraan, dan pendapatan daerah, kabupaten ini mengalami perkembangan yang pesat dan positif. Pringsewu adalah nama yang diberikan untuk kabupaten ini karena dulunya ditumbuhi pohon bambu yang rimbun.

Keindahan alam di Kabupaten Pringsewu sungguh mempesona. Bahkan, banyak pelancong dari seluruh dunia mengunjungi kawasan ini untuk berlibur atau sekadar berfoto. Selain itu, Kabupaten ini menawarkan berbagai macam souvenir menarik, jadi pastikan untuk menyimpannya.

Kabupaten Pringsewu sendiri memiliki motto "JEJAMA SECANCANAN" yang artinya bersama-sama saling bergandengan tangan atau dengan kata lain bergotong royong, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu

Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari Kamis, 2 September 2021 yang lalu, dan kini menjadi tempat wisata populer bagi warga masyarakat di Kabupaten Pringsewu, provinsi Lampung. Bahkan diantara wisatawan yang datang ada yang melakukan perjalanan dari luar kota.

Kawasan Waduk Way Sekampung berpotensi menjadi landmark pariwisata Kabupaten Pringsewu sekaligus menjadi kebanggaan bagi Provinsi Lampung. Pemandangan indah di sekitar bendungan yang memiliki ketinggian 47 meter dan panjang 365 meter, kapasitas 68,09 juta meter kubik, dan luas genangan 800 hektar, menunjukkan hal itu. 300 meter sangat ideal untuk kesempatan berfoto, wisata alam, agro-fishing, dan penggunaan lainnya.

Bandungan Way Sekampung merupakan salah satu dari dua buah bendungan besar yang ada di provinsi Lampung selain bendungan Batu Tegi.

Banyak wisatawan atau pengunjung yang merasa penasaran dan ingin melihat secara langsung ikon Wisata Pringsewu ini. Dengan adanya destinasi wisata baru ini maka sebagian masyarakat memanfaatkan peluang ini dengan menyewakan tempat duduk, tikar, dan barang lainnya, serta mendirikan lapak untuk menjual makanan dan minuman di sekitar bendungan tersebut.

Di Waduk Way Sekampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu sudah mulai membangun ide pariwisata. Jahron, S.Pd, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu mengungkapkan, pihaknya sedang mengerjakan masterplan pariwisata untuk kawasan tersebut.

“Premisnya, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola oleh masyarakat di bawah organisasi POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata), akan menjadi bagian dari sistem manajemen yang terintegrasi dengan Dinas dan pemangku kepentingan terkait uang,” jelasnya.

“Alhamdulillah kita sudah membentuk POKDARWIS, nanti mereka akan mengelola pariwisata way dam Sekampung di lapangan, sehingga penanganannya memenuhi syarat atraksi wisata yang diarahkan oleh Pemkab Pringsewu melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata. instansi,” kata Bukhori. S.Pd, Camat Pagelaran Pringsewu Utara saat dikonfirmasi di kantornya.

Akses ke Destinasi Wisata Waduk Way Sekampung 

Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu

Perjalanan dari Bandar Lampung menuju ke Waduk Way Sekampung melalui Jalan Lintas Sumatera Barat menuju Kabupaten Pringsewu memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke Waduk Way Sekampung sangat terasa. Banyak mobil sudah parkir di dekat gerbang masuk bendungan untuk melihat lebih dekat bendungan. Sayangnya, hingga saat ini, satu-satunya cara untuk mencapai bendungan adalah dengan berjalan kaki dari tempat parkir (gerbang masuk). Meskipun berjalan agak jauh, sekitar 2 kilometer, hal itu tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk melihat bendungan tersebut dari dekat.

Meskipun kita melihatnya dari kejauhan, kegagahan tembok bendungan setinggi 126 meter itu langsung terlihat setelah melewati gapura (pintu masuk). Pemandangan di sepanjang jalur tanjakan yang menanjak cukup indah, terutama saat Anda mencapai puncaknya. Dengan genangan air dengan kapasitas 68,06 juta m3 dan luas genangan 800 hektar, kita bisa mengamati luasnya bendungan tersebut.

Kita bisa melihat Menara Pemantau di akhir tur, yang bisa kita panjat untuk mendapatkan perspektif yang baik tentang bendungan di desa ini. Tim Humas KPKNL Bandar Lampung bersama tim BBWS Kementerian PUPR memastikan berfoto bersama dengan latar belakang Bendungan Way Sekampung.

Pintu air bendungan Sekampung Way yang mampu mengalirkan air sebanyak 800 liter per detik ini berada tak jauh dari pos pantau ini. Namun, akses pintu air ini harus terlebih dahulu diizinkan oleh petugas yang berjaga di sana.

Teluk Kenyo: Destinasi Wisata Baru di Pringsewu

Dengan luas genangan 800 hektar, Waduk Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu telah memberikan manfaat tersendiri bagi sejumlah desa atau kelurahan di tiga kecamatan di Kabupaten Pringsewu yang wilayahnya berada di tepi waduk.

Desa Pasir Ukir di Kecamatan Pagelaran merupakan salah satu desa yang telah merasakan manfaat dari industri pariwisata. Hal itu disampaikan Kapekon Pasir Ukir Tyas Widodo pada acara senam gabungan dan peresmian Taman Wisata Teluk Kenyo, Jumat (8/10/21).

Dengan memanfaatkan genangan Waduk Way Sekampung, sedikitnya empat tempat wisata baru telah dibuka di kawasan Pekon Pasir Ukir, antara lain Teluk Kenyo, Teluk Kenyo II, Teluk Gading, dan Gedung Peluru yang akan dikuasai oleh masing-masing Pokdarwis.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pokdarwis Teluk Kenyo Ilyas memohon doa dan dukungan dari seluruh warga Kabupaten Pringsewu, termasuk Pemerintah Daerah Pringsewu, agar bersama-sama menjaga dan memajukan pariwisata di Kabupaten Pringsewu, khususnya Wisata Teluk Kenyo yang di bahasa setempat berarti perawan, atau perairan yang menjorok ke dalam tanah yang masih perawan atau belum terjamah.

Salah satu kecamatan di Kabupaten Pringsewu yakni Kecamatan Pagelaran memang diberikan alam yang begitu indah, menurut Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi. Hal ini patut disyukuri, khususnya Teluk Kenyo, yang merupakan dampak dari manfaat Bendungan Way Sekampung.

Wakil Bupati Pringsewu yang didampingi Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu Rita Irviani Fauzi mengatakan, Teluk Kenyo berpotensi menjadi tempat wisata andalan di Pringsewu.

Ia meyakini Pokdarwis setempat dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi wisatawan, karena mereka akan datang dari luar daerah maupun masyarakat Pringsewu, dan diharapkan dengan pelayanan yang baik, mereka akan kembali ke Teluk Kenyo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Jahron, S.Pd., Kepala Dinas Kesehatan Diskes Pringsewu Rahmadi, S.Kep., MM, dan para muspika setempat hadir pada acara peresmian Wisata Teluk Kenyo yang digelar ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup Pringsewu.

Itulah informasi tentang Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Alamat Lengkap: Jl. Raya Panutan, Gumuk Rejo, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35376

Temukan di Google Map

Silahkan tonton video terkait dengan Destinasi Wisata Bendungan Waduk Way Sekampung di bawah ini (credit to chanel INFO PAGI)

Post a Comment for "Destinasi Wisata Bendungan Way Sekampung Pringsewu"