Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilihan Kota-kota Wisata Eropa

barcelona

Semua orang beranggapan bahwa mengunjungi objek-objek wisata Eropa akan menelan banyak biaya. Kesan pertama yang terlintas adalah mewah. Akan tetapi, kemewahan itu sebanding dengan keindahan objek-objek wisata yang dikunjungi. Keindahan-keindahan yang ditawarkan itulah yang menjadikan Eropa tujuan utama wisata para wisatawan.

Menjelajahi objek-objek wisata di Eropa memang menjanjikan petualangan yang mengasyikkan. Namun, sebelum memulai petualangan, alangkah baiknya jika para wisatawan membuat rencana dan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Para wisatawan dapat melakukan riset atau menghubungi agen perjalanan untuk menanyakan dokumen apa saja yang diperlukan. 

Kedua, menyiapkan barang bawaan. Para wisatawan lebih baik membawa barang yang simple dan pakaian secukupnya. Ketiga, mengecek nilai tukar mata uang.

Selanjutnya, tukarkan uang di lokasi yang nilai tukarnya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Jangan lupa menganggarkan uang untuk makanan, penginapan, transportasi, dan belanjaan. Keempat, membuat daftar kontak emergensi. Jangan lupa untuk mencatat nomor penting di setiap negara tujuan.

Berikut ini adalah Pilihan Kota-Kota Wisata Eropa, antara lain:

1. Athena (Yunani)

acropolis-athena

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa untuk berlibur ke Eropa membutuhkan banyak biaya, seperti di bawah ini.

Ibukota Yunani ini menjadi pusat ekonomi, budaya, dan politok Yunani. Kota ini sering disebut sebagai asal muasal peradaban barat karena banyaknya kebudayaan pada abad ke-4 dan abad ke-5 serta banyaknya bangunan, monumen, dan karya seni kuno.

Athena menjadi kota yang sangat kental akan sejarah dewa-dewinya. Pemberian nama Athena sesuai dengan mitologi masyarakat Yunani, yaitu Dewi Athena, dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Destinasi utama jika berkunjung ke Athena adalah Akropolis Athena. Akropolis merupakan tebing berpuncak datar.

Di sini, para wisatawan dapat menjelajahi beberapa sisa peninggalan arkeologi, seperti Parthenon, Kuil Kuno Athena, Erechtheum, Patung Athena Promachos, Propylaea, Kuil Athena Nike, Eleusinian, Suaka Artemis Brauronia atau Brauroneion, Khalkotheke, Pandroseion, Arrephorion, Altar Athena, Suaka Zeus Polieus, Suaka Pandion, Odeon Herodes Atticus, Stoa Eumenes, Suaka Asklepios atau Asklepieion, Theater Dionysus Eleuthereus, Odeon Pericles, Temenos Dionysus Eleuthereus, serta Aglaurion.

2. Barcelona (Spanyol)

hotel-casa-fuster-barcelona

Salah satu kota di Spanyol yang menghadap Laut Tengah arah tenggara ini adalah ibu kota wilayah otonom Catalonia. Kota ini berperan sebagai galeri hidup dari arsitektur serta dekorasi bergaya modernis dan art nouveau. Kota ini dijuluki “Paris-nya Spanyol” oleh Hans Christian Andersen, penyair dan penulis berkebangsaan Denmark, atas keindahannya.

Keindahan kota ini didukung oleh kuil-kuil dan bangunan karya Antoni Gaudi, gereja abad pertengahan, sisa tembok Romawi, serta tempat orang berjalan-jalan. Salah satu destinasi yang terkenal adalah La Sagrada Familia. La Sagrada Familia adalah sebuah gereja Katolik Roma yang dirancang oleh Antoni Gaudi.

3. Milan (Italia)

milan-italia

Bagi para wisatawan yang gila akan fesyen, kota ini akan memanjakan mereka dengan berbagai fesyen yang ditawarkan. Milan menjadi salah satu ibu kota adibusana di dunia dan menjadi pusat belanja tertua di dunia. 

Di kota utama sebelah utara Italia ini, para pengunjung dapat membeli berbagai busana bermerek, seperti Giorgio Armani, Dolce & Gabbana, Prada, dan Gianni Versace. Satu saran penting bagi para penggila fesyen yang berkunjung ke kota ini adalah berhati-hatilah dengan budget dan kartu kredit Anda!

4. Paris (Perancis)

paris

Ibu kota Perancis ini menjadi kota tujuan wisata paling populer. Paris juga menjadi salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa karena menjadi pusat bisnis dan pusat budaya. Politik, pendidikan, media, fesyen, hiburan, sains, dan seni membantu kota ini menyandang status salah satu kota global terbesar di dunia.

Nama latin Paris adalah Lutetia Parisiorum yang kemudian disederhanakan menjadi Paris. Kota ini terletak di belokan Sungai Seine dan terdiri atas dua pulau, Île Saint-Louis dan Île de la Cité. 

Para wisatawan yang menghabiskan liburannya di kota ini pasti berkunjung ke Arc de Triomphe, Katedral Notre-Dame, Menara Eiffel, dan Museum Louvre. Di objek-objek wisata inilah, para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan dan kemegahan yang tiada tara.

Pilihan Kota-Kota Wisata Eropa yang Bersahabat dengan Kantong

Siapa sangka, ada beberapa kota di Eropa yang bersahabat dengan kantong. Para wisatawan dapat menghemat biaya jika berkunjung ke kota-kota di bawah ini.

1. Budapest (Hungaria)

budapest

Kota dengan 32 distrik ini adalah ibu kota Hungaria. Kota yang dilintasi oleh Sungai Danube ini sering disebut “Paris of the East”. Menurut sejarah, Budapest terdiri atas tiga kota, yaitu Buda dan Obuda yang berada di Eropa Barat serta Pest yang berada di Eropa Timur. 

Ketiga kota ini memiliki karakteristik yang berbeda. Kota Buda didominasi oleh bangunan-bangunan istana, benteng, gereja, dan pemukiman favorit.

Kota Obuda dipenuhi oleh apartemen. Kota Pest dipenuhi oleh pertokoan, flat-flat modern, dan gedung-gedung perkantoran. Di kota yang memiliki Bandara Internasional Ferihegy ini, para wisatawan dapat memulai petualangannya, antara lain dapat mengunjungi Castle Hill, Matthias Church, Heroes Square, Széchenyi Chain Bridge, Fisherman’s Bastion, St. Stephen’s Basilica, The Buda Castle Palace, dan Parliament House.

2. Dublin (Irlandia)

dublin

Kota ini menjadi ibu kota dan menjadi kota terpadat Irlandia. Awalnya, Dublin dibangun sebagai pemukiman Bangsa Viking. Seiring perkembangan zaman, Dublin menjadi Kerajaan Dublin dan menjadi kota utama setelah Invasi Norman. 

Kota ini dibagi menjadi dua oleh Sungai Liffey, yaitu Dublin Utara yang penduduknya lebih dominan kelas pekerja dan Dublin Selatan yang penduduknya lebih dominan kelas menengah. 

Jika menghabiskan liburan di kota ini, para wisatawan dapat berkunjung ke Museum Nasinal Irlandia, Museum of Modern Art Irlandia, National Botanic Gardens, dan Monument of Light, Spire of Dublin.

3. Lisabon (Portugal)

lisabon

Lisabon adalah ibukota Portugal yang terletak di tepi utara Sungai Tagus. Di kota ini, para wisatawan dapat menyusuri jalan-jalan sempit berbatu dan berliku yang dipenuhi kafe bergaya Art Nouveau. Lisabon diakui sebagai kota global karena berperan penting dalam bidang keuangan, perdagangan, media, hiburan, kesenian, pendidikan, dan pariwisata.

Secara keseluruhan, kota ini menjadi tempat yang murah untuk dikunjungi dibandingkan dengan kota-kota wisata di Spanyol. Para wisatawan dapat menjelajahi objek-objek wisata kota ini, seperti Kastil St. George, Gereja Sao Vicente de For a, Biara Jeronimos, Menara Belem, Museum Calouste Gulbenkian, Museum Nasional Coacah, dan Pasak Loak Campo de Santa Clara.

4. Praha (Ceko)

praha-ceko

Kota ini menjadi ibu kota dan kota terbesar di Republik Ceko, terletak di wilayah tengah Bohemia dan Sungai Vltava, serta menjadi kota dengan tingkat biaya hidup relatif rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Eropa. Praha ditetapkan sebagai ibu kota Republik Ceko setelah Velvet Revolution dan berpisah dari Republik Czechoslovakia.

Kota ini berdiri sejak abad ke-11 sebagai tempat tinggal para pangeran dan raja-raja Ceko, Romawi, serta Jerman. Di kota ini, para wisatawan dapat mengunjungi Jembatan Charles atau Karluv Most, Kastil Praha, Jam Astronomi di Balai Kota, dan Pasar Bunga Havelsk.

5. Roma (Italia)

roma-italia

Kota yang terletak di hilir Sungai Tiber, dekat Laut Tengah ini menjadi ibu kota Italia, Provinsi Roma, dan Lazio. Roma pernah menjadi pusat Kerajaan Romawi, Republik Romawi, Kekaisaran Romawi, negara Kepausan, Kerajaan Italia, dan Republik Italia. 

Roma menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi dan menjadi tempat berlibur yang menakjubkan dari segi biaya karena menjadi pusat persimpangan internasional terbesar. Objek wisata andalan kota ini adalah Colosseum.

Itulah beberapa kota wisata Eropa yang dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan liburan. Pilihan berada di tangan Anda, ingin berlibur ke kota-kota yang menguras kantong atau ke kota-kota yang bersahabat dengan kantong. 

Selamat memilih dan selamat berlibur! Enjoy your traveling

Post a Comment for " Pilihan Kota-kota Wisata Eropa"