Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pariwisata Kalimantan Di Pulau Berau

telaga-biru-lenggo
credit:[email protected]_yadiiky

Kalimantan, pulau paling luas Se-Indonesia itu ternyata menyimpan sejuta pesona yang belum banyak diketahui orang pada umumnya. Karena kebanyakan orang lebih mengenal pariwisata daerah Jawa dibanding daerah-daerah di Indonesia. Apalagi daerah itu jarang masuk pemberitaan media, semakin orang tidak akan mengenal keanekaragaman budaya dan hayati di Indonesia.

Kalimantan adalah salah satunya, sebetulnya, jika orang tahu pariwisata kalimantan juga tidak kalah menariknya dengan pariwisata yang ada di pulau jawa, mungkin orang akan berbondong-bondong datang ke pulau ini daripada datang ke pulau Bali. Salah satu pariwisata kalimantan yang tersembunyi itu ada di daerah berau.

Pesona Pariwisata Berau

Pesona Pariwisata Kalimantan Di Pulau Berau
credit:instag[email protected]_sofian

Untuk menuju ke Berau tidaklah sulit, karena pesawat tujuan berau sekarang sangat mudah untuk dicapai. Anda dapat menuju Berau melalui Balikpapan maupun Tarakan. 

Penginapan di pulau Berau pun saat ini tidak lagi sesulit dulu, Anda dapat menginap di Hotel berbintang maupun hotel kelas melati. Semuanya sudah tersedia di pulau ini.

Pariwisata kalimantan yang satu ini juga menyimpan keanekaragaman satwa yang saat ini dilindungi, salah satunya adalah penyu. Penyu banyak sekali berada disana. Oleh karena itu Berau terkenal dengan budidaya penyunya yang terkenal sampai ke mancanegara.

Anda dapat melihat penangkaran penyu hingga pengembangbiakan penyu mulai dari telur dikeluarkan dari perut penyu, melihat anakan, sampai melihat anakan tersebut berjalan menuju pantai. Di Berau juga terdapat penangkaran penyu yang dapat Anda jadikan penelitian satwa dilindungi.

Pemerintah Kabupaten Berau yang juga bekerja sama dengan WWF-Indonesia saat ini tengah meluncurkan Stasiun pengawasan terapung penyu laut, program ini bertujuan untuk melindungi penyu laut dari ancaman illegal fishing.

Pulau berau juga menyimpan objek wisata laut yang Indah, objek wisata itu bernama Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban. Objek wisata laut tersebut tidak kalah Indahnya dengan objek wisata yang terdapat di Manado yaitu Bunaken. 

Lautnya yang hijau sampai memperlihatkan terumbu karang yang masih alami. Terbayang bukan, betapa indahnya pulau-pulau yang masih alami tersebut.

Selain itu Berau memiliki pesona hutan yang masih segar. Kalimantan adalah pulau yang terkenal dengan hutannya yang masih terjaga dan rimbun. Jika berada di dalam hutan tersebut masih segar suasana alamnya.

Huta Kapur dataran rendah adalah hutan yang terdapat di pulau Berau, konon kabarnya hutan tersebut masih utuh terjaga alaminya di Berau, karena kondisi hutan yang serupa di pulau lain sudah tidak secantik yang ada di Berau.

Di dalam hutan tersebut juga terdapat populasi orangutan yang juga masih dijaga perkembangbiakannya. Karena kita tahu, orang utan adalah populasi yang saat ini sudah semakin menipis jumlahnya. Untuk itu dengan adanya hutan kapur ini, orangutan dapat hidup dengan damainya disana.

Pesona pariwisata kalimantan memang tiada dua nya

Post a Comment for " Pesona Pariwisata Kalimantan Di Pulau Berau"