Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PARIWISATA ACEH : Informasi Tentang Pariwisata Aceh

air-terjun-lhoong-aceh
credit:instagram@4sy_raf

Aceh memiliki sumber alam yang dijadikan sebagai sumber pemasukan daerah, selain hasil tambang dan hasil hutan, salah satu sumber pemasukan keuangan daerah adalah dunia pariwisata Aceh.  

Bumi Aceh menyimpan objek pariwisata yang menarik untuk didatangi, selain wisata sejarah dan budaya ada beberapa objek wisata alam yang indah di sana. Mari kita bahas satu per satu pariwisata Aceh.

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman
credit:instagram@andrearrasuli

Inilah ikon Aceh, yang menjadi kebanggaan masyarakat Serambi Mekkah, yakni Masjid Baiturrahman. Masjid megah ini selain untuk beribadah umat Islam, masjid ini merupakan bukti dokumentasi konkret tentang awal masuknya Islam ke Aceh yang dibawah oleh pedagang Gujarat. Masjid Baiturrahman menegaskan pula bahwa Aceh itu sebagai Serambi Mekkah nya Indonesia.  

Masjid ini dibangun pada abad 17, di masa era kesultanan Iskandar Muda. Awalnya masjid ini adalah masjid kesultanan, namun seiring meluasnya Islam di Aceh, masjid ini dibuka untuk masyarakat umum. 

Masjid ini sudah mengalami beberapa perluasan dan renovasi, termasuk menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.  Jika Anda ke Banda Aceh, singgahlah ke Masjid Baiturrahman, sempatkan sholat di masjid ini. Rasakan aura spiritual Islam yang begitu terasa sejuk saat memasuki ruangan masjid. 

Tugu Nol Kilometer

tugu-nol-kilometer-aceh
credit:instagram@delsinuroni

Letak Tugu Nol kilometer berada di Pulau Sabang, sebuah pulau yang berada di paling ujung barat Indonesia. Tugu Nol Kilometer merupakan tanda awal penghitungan jarak panjang Indonesia yang dimulai dari Sabang lantas ke timur  melintasi kepulauan Indonesia dan berakhir di Merauke, Papua.

Cara menuju ke Tugu Nol Kilometer, wisatawan harus menyeberang laut memakai kapal motor dari pelabuhan Banda Aceh menuju pulau Sabang. Setelah di Kota Sabang dilanjutkan perjalanan darat memakai mobil, jarak tempuhnya 40 km dari kota Sabang.

Sepanjang jalan menuju tugu ini wisatawan, disajikan panorama laut yang biru menghampar. Desain Tugu Nol Kilometer, bangunan putih melingkar, dilengkapi menara yang atasnya bertengger Burung Garuda besar. Posisi Tugu Nol kilometer ada di atas bukit karang dan di sekelilingnya adalah hamparan lautan. 

Taman Laut Pulau Weh

taman-laut-pulau-weh
credit:instagram@sabangbeach_

Masih di Sabang, datanglah ke pulau Weh, di sana terdapat panorama taman bawah air yang indah. Pulau Weh merupakan salah satu perairan yang ideal untuk olahraga selam/ diving. Malah taman laut di sini adalah salah satu taman laut terbaik di dunia. 

Pada hari libur antara bulan Mei sampai Agustus, banyak sekali turis asing yang berkunjung ke sini, untuk menyelam menikmati keindahan taman laut yang terdiri dari bermacam koral dan ikan laut yang berwarna-warni.

Di Pulau Weh, wisatawan yang tak mahir menyelam bisa menyewa kapal menyusuri pulau Weh, atau mandi di tepi pantai yang memiliki pasir putih dan ombaknya yang jernih. Pokoknya tak rugi Anda mengunjungi Pulau Weh ini. 

Cintailah Indonesia dengan mendatangi daerah-daerah menarik. Karena Indonesia tak hanya Jawa dan Bali saja, masih banyak daerah yang menarik dan indah yang harus Anda kunjungi. 

Post a Comment for " PARIWISATA ACEH : Informasi Tentang Pariwisata Aceh"