Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pariwisata Bogor: dari Kebun Raya Hingga Istana Presiden

damar-langit-bogor
credit:instagram@rieke_ar

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang mempesona. Hal itu sering kita dengar berkali-kali. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki beberapa unggulan tempat-tempat wisata. 

Sebut saja salah satunya adalah Bogor. Pariwisata Bogor juga menawarkan hal-hal menarik bagi para pengunjungnya. Tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan tempat-tempat wisata di DKI Jakarta yang berjarak cukup dekat dengannya.

Kegiatan perekonomian Indonesia bergerak karena beberapa bidang. Seperti bidang perdagangan, pertanian dan pariwisata. Ketiga bidang tersebut, secara tidak langsung membantu roda perekonomian warga Indonesia terus bergerak.

Dalam bidang perdagangan, warga Indonesia yang memang sudah memiliki bakat dagang secara alami, seolah menjadikan hal ini sebagai mata pencaharian mereka. Begitupun dengan pertanian dan pariwisata. Indonesia adalah negara agraris. Indonesia merupakan negara penghasil beras dengan hasil yang cukup memuaskan.

Bidang pariwisata di Indonesia bisa dikatakan sudah mulai maju. Terutama tempat wisata yang berada di daerah-daerah. Kini bukan hanya Bali yang keindahan pantainya sudah terkenal hingga luar negeri, pantai Pangandaran yang letaknya jauh dari keramaian kota pun kini sudah mulai banyak diminati para turis, khususnya turis-turis luar negeri.

Berbeda Bali dan Pangandaran, berbeda pula Bogor. Meskipun tidak berada di wilayah yang terlintasi garis pantai, pariwisata Bogor juga telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia maupun luar Indonesia.

Bogor merupakan kota dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, maka bukanlah suatu hal yang mengherankan bila kota ini mendapat julukan sebagai kota hujan.

Nama “Bogor” tidak dikenal pada masa penjajahan Belanda. Pada zaman penjajahan Belanda, kota ini bukan bernama Bogor, tetapi Buitenzorg. Kata Buitenzorg dalam bahasa Belanda memiliki arti kurang lebih ‘tentram, aman dan tanpa kecemasan’.

Bogor memiliki beberapa pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi pada saat Anda berlibur dengan keluarga. 

Berikut adalah beberapa pariwisata Bogor yang terkenal, antara lain:

1. Kebun Raya Bogor

kebun-raya-bogor
credit:instagram@riayeppeuniareta

Kebun yang memiliki luas 87 hektar ini merupakan kebun botani. Yaitu kebun yang tumbuhan di dalamnya biasa digunakan untuk beberapa penelitian.

Hingga saat ini, Kebun Raya Bogor ditumbuhi oleh 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuh-tumbuhan. Selain berpuluh ribu jenis tanaman yang tumbuh di Kebun Raya Bogor, nilai tambah lain yang membuat kebun ini menjadi lebih indah adalah nilai sejarahnya.

2. Istana Bogor

istana-bogor
credit:instagram@vika_dwijati

Jauh sebelum digunakan sebagai rumah dinas kepresidenan, bangunan ini dulunya adalah sebuah tempat tinggal seorang Gubernur Jenderal Belanda. Istana megah ini mulai dibangun pada Agustus 1744.

Gaya arsitekturnya mirip dengan bangunan yang berada di negara Inggris zaman dulu. Pada saat berkunjung ke Istana Bogor ini, Anda bisa melihat pemandangan indah berupa hamparan rumput yang sangat luas dengan banyak hewan rusa di atasnya. Istana Bogor memang berbeda dengan tempat wisata lain di Bogor. Ia hanya bisa dikunjungi pada saat-saat tertentu.

3.    Puncak Pas

wisata-puncak

Daerah ini sangat ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan tiba. Macet merupakan hal yang wajar terjadi di sepanjang jalan menuju puncak bila musim liburan tersebut tiba. Daerah puncak terkenal dengan hawa yang sejuk dan perkebunan teh yang membentang luas.

Itulah beberapa informasi tentang pariwisata di Bogor. Semoga berguna dan bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Post a Comment for " Pariwisata Bogor: dari Kebun Raya Hingga Istana Presiden"