Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Mengeksplorasi Alam di Gunung Berembun

Tips Traveling: Mengeksplorasi Alam di Gunung Berembun
credit:instagram@nizamrobai

Gunung Berembun adalah salah satu gunung yang dimiliki oleh negeri Jiran yang terletak di Terengganu, salah satu negara bagian Malaysia. Terengganu atau lengkapnya Terengganu Darul Iman terletak di Pantai Timur Semenanjung Malaysia pada garis bujur 102.25 -103.5 dan garis lintang 4-5.50.

Di sebelah utara dan barat laut, Terengganu berbatasan dengan negara bagian Kelantan dan di bagian selatan dan barat daya berbatasan dengan negara bagian Pahang.

Jalur pantainya terbentang sejauh 225 km dari Besut ke Kemaman. Terengganu Darul Iman terdiri dari 7 daerah yaitu: Besut, Dungun, Hulu Terengganu, Kemaman, Marang, Setiu, dan Kuala Terengganu sebagai ibu kotanya.

Hutan di Gunung Berembun 

Gunung Berembun memiliki tinggi 2.077 meter atau sekitar 6.817 kaki. Gunung ini terkenal dengan tanaman-tanamannya yang berkhasiat untuk  pengobatan. Di gunung ini juga terdapat 4 macam hutan yang kaya akan spesies tanaman, seperti:

Hutan Dipterokarp Bukit: adalah wilayah hutan yang terletak di ketinggian 300 – 750 meter dari permukaan laut. Spesies yang ada di hutan ini terutama adalah pohon Meranti, Seraya, dan Keruing.

Hutan Dipterokarp Atas: adalah wilayah hutan yang terletak di ketinggian 750 – 1.200 meter dari permukaan laut. Spesies yang ada di hutan ini terutama adalah pohon Damar Minyak dan pohon Meranti Bukit.

Hutan Montane: adalah kawasan hutan yang berada di ketinggian 1200 – 1500 meter di atas permukaan laut. Spesies yang ada di hutan ini terutama adalah pohon Damar Minyak, pohon Berangan, pohon Mempening, dan pohon Podo. 

Montane adalah istilah untuk kawasan tanah tinggi yang sering terjadi hujan lebat dan umumnya bersuhu lebih rendah dibandingkan kawasan tanah rendah yang letaknya berdekatan.

Hutan Ericaceous: atau disebut juga hutan gunung, adalah kawasan hutan yang terletak pada ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut. 

Spesies yang ada di hutan ini terutama adalah pohon Periuk Kera, pohon Kelat, belukar bermacam-macam jenis, pohon Paku-Pakis, Resam, dan lumut. Tanaman-tanaman ini umumnya berukuran kecil, rendah dan bengkok.

Rangkaian Trekking 

Tips Traveling: Mengeksplorasi Alam di Gunung Berembun
credit:instagram@dzulnaqqiudin

Gunung Berembun sering dijadikan tujuan untuk trekking. Dalam sebuah eksplorasi di kawasan ini, biasanya orang akan menjadikan tiga tempat berikut sebagai sebuah rangkaian trekking: dimulai dari Air terjun Chemerong, Gunung Berembun, dan Air Terjun Lansir.

Dalam jalur-jalur trekking yang dimulai dari Air terjun Chemerong, Gunung Berembun, sampai ke Air Terjun Lansir terdapat tempat-tempat yang diperuntukkan untuk berkemah. Ada 3 campsite yang tersedia di antara tiga tempat ini, yaitu Camp Balak, Camp Y, dan Camp Langsir.

Mendaki ketiga tempat ini lengkap dengan ransel di punggung, cukup membutuhkan perjuangan. Tapi pemandangan yang tersaji rasanya cukup untuk membayar semua perjuangan itu, terlebih ketika Anda berada di kawasan Camp Lansir. Perkemahannya tepat berada di puncak Air Terjun Lansir.

Bayangkan, Anda berada di atas air terjun dalam udara dingin membeku dan memandang ke bawah. Sungguh pemandangan yang tak ada duanya.

Post a Comment for " Tips Traveling: Mengeksplorasi Alam di Gunung Berembun"