Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Belajar Sambil Berlibur di Hutan Wisata

seribu-batu-sonngo-langit-imogiri

Apa yang Anda lakukan untuk mengisi liburan sekolah anak-anak? Tentu wisata menjadi salah satu alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama seluruh keluarga. 

Namun tempat wisata disaat liburan sekolah pasti penuh dengan pengunjung. Sungguh tidak menyenangkan jika berwisata di tempat yang penuh sesak pengunjung. Tak jarang wisata yang seyogyanya untuk memberikan kesenangan dan hiburan hanya meninggalkan kelelahan.

Hutan Wisata Sebagai Alternatif

Hutan Wisata bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan. Tak banyak orang yang melirik tempat ini sebagai tujuan wisata. 

Padahal jika ditelisik lebih mendalam, mengunjungi hutan wisata memberikan banyak nilai positif yang bisa diambil. Wisata tidak harus melulu ketempat hiburan. Namun wisata bisa juga menjadi arena belajar bagi keluarga, terutama untuk anak-anak.

Ada banyak hutan wisata yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Di pulau Jawa sendiri, ada beberapa hutan wisata yang cukup terkenal. 

Beberapa diantaranya adalah hutan wisata Tawangmangu (Jawa Tengah), hutan wisata Grojogan Sewu (Karanganyar), hutan wisata Ketu (Jawa Tengah), hutan wisata Penggaron (Jawa Tengah), hutan wisata Logending (Kebumen), hutan wisata Catang Malang (Bogor), hutan wisata Kawalu (Tasikmalaya), dan masih banyak lagi lainnya.

Kegiatan di Hutan Wisata

fotografi-hutan-wisata

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi hutan wisata. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Berolahraga

Di hutan wisata, tubuh Anda akan semakin sehat. Selain udaranya yang bersih, Anda dapat pula berolahraga, baik itu berjalan ataupun treking keliling hutan. Ada beberapa tempat yang memiliki padang rumput yang cukup luas, dimana Anda bisa bermain bola atau permainan kelompok lainnya.

2. Mengenal flora dan fauna

Anda bisa mengenal lebih mendalam hutan dan segala flora serta fauna yang ada didalamnya. Anda bisa melihat secara langsung hal-hal baru yang belum pernah Anda lihat di kehidupan sehari-hari yang Anda jalani.

3. Fotografi

Bagi Anda yang hobi dengan fotografi, maka mengunjungi hutan wisata merupakan pilihan yang tepat. Disini Anda bisa mengambil gambar-gambar yang sangat bagus dan natural. 

Ada beberapa hutan yang memiliki air terjun, yang menjadi salah satu obyek foto favorit para fotografer. Semua bisa secara bebas Anda foto dan Anda bagikan dengan sesama fotografer lainnya.

4. Berenang dibawah air terjun

Setelah Anda lelah berkeliling, saat mengunjungi hutan wisata yang memiliki air terjun, Anda bisa berenang dan mandi di bawahnya. Air yang segar akan memberikan sensasi tersendiri bagi tubuh Anda. Berenang dan bermain air akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Ada banyak alternatif liburan yang bisa Anda pilih. Hutan wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat yang eksotik dengan berbagai tumbuhan dan pohon hijau siap menanti Anda.

Post a Comment for " Tips Traveling: Belajar Sambil Berlibur di Hutan Wisata"