Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Wisata Pantai di Gunung Kidul

10 Wisata Pantai di Gunung Kidul

Mungkin di antara kita tidak banyak yang mengetahui tentang tempat wisata atau daerah Gunung Kidul. Daerah ini merupakan daerah yang termasuk ke dalam daerah Yogyakarta. Daerah Gunung Kidul ini memang kaya akan keindahan alam di tengah kegersangan Yogyakarta.

Gunung Kidul merupakan tempat dengan beribu keindahan yang terdapat dalam kawasan Yogyakarta. Keindahan-keindahan tersebut tentunya akan dikenal luas dengan cara promosi serta sarana dan prasarana yang menunjang.

Dengan promosi, sarana dan prasarana yang menunjang tersebut, diharapkan tempat ini dapat terjamah atau mulai terkenal di kalangan masyarakat.

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Wisata yang terdapat di sini bisa menjadi tempat rekreasi yang berbeda dengan tempat rekreasi yang lainnya. Di daerah ini, tempat wisata yang paling banyak adalah wisata pantai. Pantai-pantai yang terdapat di sini tidak kalah indah dengan pantai di Kuta. 

Berikut ini adalah beberapa destiunasi wisata pantai yang dapat anda kunjungi, antara lain:

1. Pantai Timang

pantai-timang
credit:[email protected]i_timang_abenk_jmw

Pantai Timang ini terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta, yang berada di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Jika dilihat, jalur atau jarak untuk menempuh ke pantai Timang ini memang cukup sulit dijangkau. Hal ini disebabkan karena letak pantai ini memang berada di wilayah terpencil.

Namun, dengan keindahan dan keserasian alam yang disuguhkan oleh Pantai Timang ini, kesulitan menjangkau pantai ini akan dibayar oleh rasa puas dengan pemandangan pantai yang indah dari Pantai Timang ini.

Pemandangan yang disuguhkan di pantai ini seperti pantai berpasir pada umumnya. Adanya batu yang menghubungkan antara daratan dan laut di pesisir pantai tersebut, menambah ketenangan dan keindahan yang diberikan oleh Pantai Timang ini.

2. Pantai Baron

pantai-baron
credit:[email protected]_laksita

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 km arah selatan Kota Wonosari. Pantai Baron ini merupakan pantai pertama yang dapat kita temui dari serangkaian kawasan wisata di Gunung Kidul ini yaitu, Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, dan Pantai Sundak. 

Di Pantai Baron ini, terdapat sungai bawah tanah yang dapat digunakan sebagai pemandian para pengunjung setelah bermain di laut.

Selain itu, di pantai ini juga dapat ditemukan makanan khas, yaitu sop kakap yang dijual oleh masyarakat sekitar pantai bersama dengan penanganan ikan-ikan yang dijual di sekitar pantai tersebut. 

Pada waktu tertentu, secara rutin masyarakat sekitar Pantai Baron pun menyelenggarakan upacara adat dengan menghanyutkan beberapa hasil alam sebagai rasa syukur atas rezeki yang telah diberi.

3. Pantai Kukup

pantai-kukup
credit:[email protected]_sugiarto08

Dengan letak yang tidak terlalu jauh dari Pantai Baron, yakni hanya berjarak 1km dari Pantai Baron, Pantai Kukup ini terlihat dengan keindahan pasir putih yang terhampar jauh hingga batas Pantai Baron tersebut. 

Letak dari Pantai Kukup ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, dan sebelah Timur pantai ini merupakan Pantai Baron.

Pantai ini banyak menyuguhkan keindahan yang luar biasa, mulai dari hamparan pasir putih yang luas serta pulau karang yang terhubung dengan jembatan yang berada di atasnya. 

Selain itu, keindahan lautnya pun menjadi salah satu favorit bagi para pengunjung. Keindahan biota laut yang terkenal ini menjadikan laut seperti akuarium terbesar di pantai ini.

4. Pantai Krakal

pantai-krakal

Wisata Pantai Krakal ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Pantai Krakal ini merupakan pantai terpanjang dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. 

Keindahan dari Pantai Krakal ini bisa kita lihat dari hamparan pasir putih yang terbentang luas, dihiasi dengan hijaunya perbukitan kapur, dengan laut biru yang serasi dengan langit biru yang dihangatkan oleh sinar matahari.

5. Pantai Drini

pantai-drini

Pantai Drini ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini mempunyai keistimewaan dengan tumbuhnya pohon yang mitosnya bisa digunakan sebagai penangkal dari bisa ular. 

Selain keistimewaan  pohon yang tumbuh di pantai ini, adanya pulau karang menjadikan keistimewaan lain dari Pantai Drini tersebut.

6. Pantai Sepanjang

pantai-sepanjang

Pantai Sepanjang memiliki keindahan yang tak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Pantai ini dikatakan sebagai gambaran dari pantai Kuta zaman dulu. Garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir berwarna putih serta ombak yang tidak begitu kencang, menjadikan Pantai Sepanjang ini wajib untuk dikunjungi. 

Di pantai ini, Anda bisa berjemur di atas pasir menikmati teriknya matahari serta berselancar seperti layaknya berada di Pantai Kuta di Bali.

7. Pantai Wediombo

pantai-wediombo
credit:[email protected]_ningrum

Pantai Wediombo ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Di pantai ini, Anda dapat menikmati panorama yang disuguhkan dengan pemandangan pantai yang khas dari Wediombo tersebut. 

Pantai Wediombo memberikan pengalaman wisata yang berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, yaitu pemancingan yang dilakukan di atas bukit yang terdapat di pantai ini.

Pemancingan ini sering dikunjungi oleh penduduk setempat serta para pehobi mancing dari Kota Yogyakarta dan Wonogiri. Sama halnya dengan Pantai Baron, di Pantai Wediombo ini juga rutin diadakan upacara adat yang bertujuan mengucap syukur atas nikmat yang telah diberikan pada penduduk setempat.

8. Pantai Siung

pantai-siung

Pantai Siung terletak di suatu wilayah di Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, Pantai Siung ini berjarak sekitar 70 km. Keistimewaan dari pantai yang satu ini adalah adanya jalur pemanjat yang menjadi salah satu keunikan tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke pantai ini.

9. Pantai Sundak

pantai-sundak

Pantai Sundak adalah pantai yang mempunyai fenomena dan cerita yang banyak tersimpan. Fenomena alam yang terjadi di Pantai Sundak ini merupakan kelebihan tersendiri dari pantai ini. Fenomena alam ini terjadi bila terjadinya hujan, air akan mengalir ke laut dan membentuk seperti sungai.

Tapi bila kemarau tiba, bendungan tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Fenomena alam inilah yang membuat masyarakat menyebut pantai Sundak ini dengan Wedi Bedah atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan pasir yang membelah.

10. Pantai Sadeng

pantai-sadeng

Tidak seperti pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Sadeng ini tidak memiliki karang-karang. Pemandangan seperti ini membuat mata kita bisa memandang keindahan hamparan air laut tanpa terhalang oleh keindahan-keindahan laut lainnya.

Di Pantai ini juga berkembang pelabuhan perikanan yang dijadikan mata pencaharian oleh para penduduk setempat. Jika melihat lepas keseluruhan pantai ini, kita bisa mengenang akan Bengawan Solo yang nampak tidak jauh berbeda keadaannya dengan Pantai Sadeng ini sendiri. 

Hanya saja, dengan berkunjung ke Pantai Sadeng ini, Anda akan disuguhi pemandangan laut lepas dan deretan perahu nelayan di tengah laut yang sayang untuk dilewatkan.

Demikianlah wisata pantai yang terdapat di Gunung Kidul. Selain pantai-pantai yang sudah dijelaskan di atas, Gunung Kidul juga mempunyai beberapa pantai lainnya seperti Pantai Ngrenehan yang berada di desa Kanigoro, Pantai Panggang, Pantai Ngungap, dan Pantai Ngobaran, yang tak kalah cantik dan menariknya untuk kita kunjungi.

Semoga apa yang telah diuraikan mengenai wisata pantai di Gunung Kidul tersebut dapat menambah wawasan Anda akan keindahan alam di Indonesia sendiri yang sayang untuk dilewatkan. Semoga dapat menjadi referensi untuk tempat wisata liburan Anda. 

Selamat berkunjung!

Post a Comment for " 10 Wisata Pantai di Gunung Kidul"