Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Wisata Ziarah Garut Jawa Barat

Tujuan Wisata Ziarah Garut Jawa Barat
credit:instagram@surya_fazriel

Garut selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Dodol ternyata Garut juga memiliki beberapa makam dari pangeran-pangeran yang berperan penting menyebarkan islam di tanah Garut yang selanjutnya dijadikan tujuan wisata ziarah Garut. 

Makam-makam orang yang sangat berpengaruh ini terawat baik dan rata-rata terletak di pedalaman kota Garut dan ada juga yang terletak di Gunung. Bagi Anda yang berminat mengunjungi Garut khusus untuk berwisata rohani atau wisata ziarah, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat ziarah Garut dibawah ini :

Makam Godog atau Makam Kanjeng Sunan Rahmat Suci

makam-godog-garut
credit:instagram@alhimmahberkisah

Di Garut terdapat makam Kanjeng Sunan Rahmat Suci atau lebih dikenal dengan Sunan Godog. Diceritakan bahwa Sunan Godog adalah putra dari Prabu Siliwangi yang beragama Hindu. 

Sunan Godog diketahui melakukan perjalanan ke Mekkah dan saat kembali menuju Gunung Suci Sunan Godog membawa tanah dari Mekkah. Namun saat membawanya kembali, tanah-tanah tersebut berjatuhan. 

Dan selanjutnya daerah dimana tanah tersebut jatuh menjadi daerah lahirnya para wali 9. Makam keramat Sunan Godog berjumlah 9 yang terdiri dari 1 makam Sunan Godog dan 8 makam lainnya adalah makam pengiringnya. Makam utamanya terletak di puncak gunung dan berada di dalam suatu bangunan.

Makam Jafar Umar Sidik

makam-jafar-umar-sidik
credit:instagram@wisatagunung_garut

Makam Jafar Umar Sidik yang juga terletak di kota Garut ini juga cocok dijadikan tujuan wisata ziarah Garut serta wisata budaya yang menarik. Anda akan menemukan bentuk fisik berupa makam di desa Ciseupan yang terdiri dari 4 makam utama yang semuanya adalah makam kerabat dekat dari Jafar Umar Sidik. 

Saat Anda berjalan untuk menuju makam Jafar Umar Sidik Anda bisa menemukan fasilitas seperti kios jajanan, tempat beristirahat dan toilet.

Makam Pangeran Papak

Wisata ziarah selanjutnya adalah makam dari Pangeran Papak yang merupakan salah satu penyebar agama islam. Selain dapat melihat makamnya, Anda juga akan menemukan pedang, keris, goong dan sadel kuda sebelum memasuki makam. 

Pada wisata ziarah Garut satu ini juga terdapat sumur tujuh Cinunuk yang dipercaya memiliki khasiat.

Itulah sekilas informasi tentang Tujuan Wisata Ziarah Garut Jawa Barat. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat unyuk Anda.

Post a Comment for " Tujuan Wisata Ziarah Garut Jawa Barat"