Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Laut dan Pantai Manalusu Objek Wisata Garut Selatan

Pantai Manalusu
credit:instagram@anggitanursinda_17

Objek wisata Garut Selatan salah satunya adalah obyek wisata taman laut dan Pantai Manalusu yang terletak di Cikelet. Untuk bisa mencapai lokasi wisata harus melakukan perjalanan sejauh 12 km dari pantai yang ada di Santolo yaitu Pantai Santolo. 

Taman laut dan pantai Manalusu ini memiliki keindahan pasir putih yang tiada tara dan juga tempat wisata ini memiliki ombak yang sangat indah dan juga cantik. Pada tempat wisata ini juga terdapat gugusan karang yang masih terjal yang ada di sepanjang pantai. 

Selain itu suasananya juga sangat tenang karena masih jauh dari suasana yang hiruk pikuk perkotaan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata Pantai Manalusu.

Dari pusat kota untuk bisa mencapai objek wisata Garut Selatan yaitu taman laut dan Pantai Manalusu ini harus menempuh jarak sejauh 96 km dan bisa memakan waktu selama 4 jam waktu perjalanan.  

Walaupun perjalanan masih cukup panjang dan lama, tapi sepanjang perjalan wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk menuju lokasi karena jalan yang akan dilalui sulit dilalui angkutan umum. 

Banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata untuk berkemah, menikmati pemandangan biota laut dan menikmati makanan laut atau lebih dikenal dengan seafood.

Pantai Manalusu
credit:instagram@ogisonja

Objek wisata Garut Selatan taman laut dan Pantai Manalusu memiliki tingkat kebersihan yang sangat baik. Pada bagian barat pantai terdapat pasir putih yang membentang dengan indahnya. Kemudian pada bagian sisi yang lainnya terdapat karang yang tidak kalah indahnya. 

Suasananya yang ada masih sepi dan kebanyakan diisi oleh keramaian nelayan yang kebetulan sedang menyandarkan perahu mereka saat akan melaut atau saat baru saja melaut. Oleh karena itu biaya untuk memasuki kawasan ini masih terbilang murah karena untuk masuk saja tidak perlu menggunakan tiket masuk. 

Kondisi lokasi memang masih belum begitu terawat karena pemerintah setempat memang belum turun langsung untuk mengelolanya. Sisa pembangunan sampai sekarang masih belum terselesaikan. Tapi tempat wisata ini memiliki potensi yang sangat baik sebagai tempat wisata.

Alamat lengkap: Cigadog, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Temukan di Google Map

Post a Comment for " Taman Laut dan Pantai Manalusu Objek Wisata Garut Selatan"