Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Objek Wisata di Jepang

Pesona Objek Wisata di Jepang

Negara kepulauan yang menjadi bagian Asia Timur ini tak hanya dikenal dengan kemajuan teknologinya yang sanggup menyaingi teknologi Barat. Jepang pun ternyata memiliki banyak tempat menarik yang patut dikunjungi. 

Negara yang baru saja ditimpa bencana tsunami ini dipenuhi oleh objek-objek wisata yang memesona, baik itu objek wisata buatan manusia maupun objek wisata yang merupakan kekayaan dari alam Jepang. 

Maka, tidak ada salahnya jika kita mempertimbangkan negara ini untuk menjadi tujuan wisata kita ketika liburan tiba. Lalu, apa saja objek wisata di Jepang?

1. Gunung Fuji

gunung-fuji

Gunung yang memiliki puncak yang terselubung oleh salju ini merupakan gunung tertinggi di Jepang. Panorama alamnya yang indah menjadikan gunung Fuji sebagai salah satu objek wisata favorit para wisatawan maupun pendaki. 

Gunung yang disebut oleh masyarakat Jepang dengan sebutan Fujiyama (yama artinya gunung) ini terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji memiliki tinggi 3776 meter dan dikelilingi oleh lima danau, yaitu danau Kawaguchi, Shoji, Yamanaka, Motosu, dan Sai.

Gunung Fuji menjadi simbol keindahan Jepang, karena itu tak heran jika masyarakat Jepang bangga dengan gunung ini. Setiap tahunnya gunung ini dipadati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara yang sekadar ingin menikmati panorama ataupun para pendaki yang ingin menaklukkan puncak gunung ini.

Biasanya para pendaki mendatangi Gunung Fuji pada musim panas dan liburan panjang (sekitar bulan Agustus), karena udara di Gunung Fuji pada saat itu tidak terlalu dingin. Namun, kita akan sedikit heran jika melihat suasana pendakian di Gunung Fuji. 

Kita tidak akan mendapati suasana sepi seperti ketika melakukan pendakian di gunung-gunung Indonesia. Suasana pendakian begitu ramai, bukan hanya kita sendiri, melainkan akan ada banyak pendaki lainnya yang berdesak-desakan dengan kita.

Untuk kemudahan dan kenyamanan para pendaki, Gunung Fuji pun dilengkapi oleh jidouhanbaiki, yaitu mesin penjual otomatis. Jadi, ketika kita kehausan, kita tinggal menyiapkan uang dan memencet tombol mesin, dan keluarlah minuman penghilang dahaga. Sungguh mudah, bukan?

2. Ueno Park

ueno-park-jepang

Jika mengunjungi Jepang tak lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi tempat ini. Ueno Park merupakan taman yang luas. Taman ini terletak di Taito, Tokyo, Jepang. 

Ueno Park berdiri pada tahun 1924 dengan nama resmi Taman Ueno Koen Onshi. Taman ini merupakan taman yang sangat terkenal di Jepang dan menjadi salah satu objek wisata favorit di negara tersebut.

Di Ueno Park terdapat beberapa objek yang menarik, seperti terdapatnya tiga museum, yaitu Museum Nasional Seni Barat, Museum Sains Nasional, dan Museum Nasional Tokyo. 

Selain itu, di tempat ini terdapat pula sebuah patung yang legendaris, yaitu patung Saigo Nakamori bersama anjingnya. Di Ueno Park juga kita akan menemukan Kuil Toshogu, Gojo Suci, Kebun Binatang Ueno, dan kuil yang paling terkenal di kawasan ini, yaitu Yushima Tenjin Shrine.

Daya tarik utama dari taman ini adalah keindahan bunga sakura tatkala musim semi datang. Para warga maupun wisatawan dimanjakan dengan indahnya rimbunan bunga sakura yang bermekaran. 

Maka tak heran jika taman ini paling sering dinikmati sebagai lokasi untuk melakukan hamani, yaitu kegiatan piknik yang dilakukan sambil menikmati mekarnya bunga sakura.

3. Tokyo Disney Resort

tokyo-disney-resort

Siapa yang tidak mengenal Disney Resort. Tempat hiburan yang dibangun oleh Walt Disney Imagineering ini ternyata dapat kita temui di Jepang. 

Tempat hiburan ini berlokasi di Urayasu, Chiba, Jepang. Taman ini didirikan pada 15 April 1983 dan menjadi taman rekreasi dan resor pertama yang didirikan di luar Amerika.

Dengan mengusung konsep sebagai “Tempat Anda untuk Mewujudkan Impian”, maka kawasan objek wisata di Jepang yang bernama Tokyo Disney Resort ini menjadi salah satu alternatif tempat yang patut dikunjungi apabila kita singgah di negeri sakura. 

Tokyo Disney Resort menyediakan berbagai fasilitas menarik mulai dari taman hiburan yang dipenuhi wahana menarik dan atraktif, tempat menginap, tempat makan, tempat belanja, dan fasilitas lainnya.

Tokyo Disney Resort terbagi menjadi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea. Perbedaannya terdapat pada wahana dan fasilitas yang disediakan. 

Di Tokyo Disneysea semua wahana dan hiburan berkaitan dengan air. Namun, keduanya tetap menyajikan kepuasan bagi para pengunjung.

4. Universal Studios 

universal-studios-jepang

Universal Studios merupakan salah satu taman bermain yang terkenal di dunia. Seperti halnya Tokyo Disney Resort.  Universal Studios yang didirikan di Jepang merupakan pelopor pendirian Universal Studios di luar wilayah Amerika. Taman ini terletak di Osaka, Jepang dan dibuka pada tahun 2001.

Universal Studios adalah tempat yang cocok dikunjungi oleh wisatawan pecinta dunia perfilman. Sebab, di taman bermain ini para pengunjung disuguhi  atraksi-atraksi menarik film Hollywood. Taman ini dibagi menjadi sembilan area dengan 18 suguhan atraksi dan 20 restoran tematik yang menarik. 

Berikut adalah atraksi yang disajikan di Universal Studio Jepang, antara lain:

  • San Francisco Area: Back to the Future/Backdraft
  • New York Area: Terminator 2 3D
  • Jurassic Park Area: Jurassic Park
  • Hollywood Area: Universal Monsters Rock and Roll Show/ E.T. Adventure/Fantastic World/Universal Studios Motion Picture Magic/Animation Celebration/Stage 22/ Monster Make-up/Television Production Tour
  • Snoopy Studios Area: Snoopy's Playland/Snoopy's Sound Stage Adventure
  • Water World Area: Waterworld
  • Amity Village: JAWS
  • Lagoon: Hollywood Magic
  • Western Area: The Wild Wild West Stunt Show/Animal Actors Stage

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati tiap atraksi tanpa mesti mengantre, Universal Studios juga menyediakan tiket VIP dengan kelebihan pengunjung bebas antrean di setiap atraksi. 

Tentu saja pengunjung harus merogoh saku lebih dalam. Jadi, tak salah jika Universal Studios menjadi salah satu objek wisata di Jepang yang ramai dikunjungi wisatawan.

5. Fuji Q Highland

fuji-q-highland

Walaupun Jepang telah memiliki Disneyland dan Universal Studios sebagai taman bermain yang banyak diminati, tapi objek wisata di Jepang yang satu ini sepertinya belum puas untuk menghibur wisatawan lokal dan mancanegara. Karena itu Jepang membuat taman bermain ekstrim Fuji Q Highland.

Tempat yang berlokasi di Fujiyoshida Yamanashi ini menyuguhkan permainan-permainan yang memacu adrenalin, salah satunya yang paling terkenal ialah roller coaster Takabisha yang berhasil masuk Guiness Book of World Records sebagai roller coaster tercuram di dunia. 

Roller coaster ini membawa penumpangnya untuk menahan napas ketika diterjunkan secara vertikal setajam 121 derajat.

Selain Takabisha, di tempat ini terdapat beberapa jenis roller coaster dengan keunggulan dan tingkat “keekstriman” yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut.

Fujiyama yang memiliki tinggi 79 meter dan pernah menjadi roller coaster tertinggi di dunia.

Eejanaika, yaitu roller coaster empat dimensi yang memungkinkan tempat duduk diputar sebesar 360 derajat.

Dodonpa, salah satu roller coaster tercepat di dunia.

Itulah suguhan ekstrim yang ditawarkan oleh Taman Bermain Fuji Q Highland. Beranikah Anda mencoba objek wisata di Jepang yang satu ini?

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Jepang yang menarik untuk dikunjungi. Jepang dengan segala kecanggihan teknologinya ternyata menaruh perhatian pada hiburan dan kenyamanan para wisatawan lokal maupun asing. 

Itulah ulasan singkat terkait dengan pesona objek wisata di Jepang. Objek-objek wisata yang terjaga dan dikelola dengan baik menambah daya tarik para pelancong untuk menghabiskan waktu liburannya di negeri matahari ini.

Post a Comment for " Pesona Objek Wisata di Jepang"