Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indahnya Objek Wisata di Perancis

Indahnya Objek Wisata di Perancis

Siapa yang tak kenal Perancis, dengan ibukotanya Paris yang didaulat sebagai kota mode dunia. Negara ini menyimpan segudang kekayaan seni, peninggalan, pusat perbelanjaan, museum, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. 

Tak heran, jutaan turis berdatangan menikmati kekayaan objek wisata di Perancis yang eksotik. Bila Anda berkesempatan mengunjungi negeri Napoleon ini, ada beberapa objek wisata yang perlu Anda kunjungi.

1. Menara Eiffel

menara-eiffel

Ingin melihat Menara Eiffel, maka jelas itu ada di Perancis. Menara ini adalah ikon negara sekaligus bukti nyata karya seni tinggi yang pernah dibuat anak manusia. Menjadi monumen yang paling banyak dikunjungi orang.

Menara Eiffel terletak di jantung kota Paris. Terdiri dari 18.083 rangkaian besi berbobot 7.300 ton dan bobot total keseluruhan termasuk komponen non-besi mencapai 10.000 ton. Merupakan bangunan tertinggi di Paris.

Menara ini dinamakan sesuai dengan nama perancangnya, Gustave Eiffel. Rancangan menara didesain agar tahan dari terpaan angin. Awalnya, rancangan tersebut mendapat kritikan karena bentuknya dianggap tak berseni.

Namun, Gustave Eiffel dan insinyurnya sangat mengerti bagaimana membangun struktur tinggi yang tahan terpaan angin. Saat menara Eiffel selesai dibuat tahun 1889, ia merupakan bangunan tertinggi di dunia hingga tahun 1930 ketika Chrysler Building di New York City selesai.

Tinggi menara Eiffel 300 M. Pada tahun 1059 bertambah menjadi 324 dengan dipasangnya antena radio di puncaknya. Eiffel memiliki tiga anjungan. Anjungan pertama setinggi 57 M, kedua 115 M, dan ketiga 276 M.

Pembangunan menara yang menelan biaya tinggi ini tidak sia-sia. Eiffel menciptakan pemasukan baru bagi Perancis. Di akhir tahun pertama setelah dibuka, uang tiket masuk dari wisatawan menutup semua biaya pembangunan.

Untuk menikmati ketinggian menara Eiffel, Anda dapat menaikinya dengan membeli tiket masuk. Lift akan mengantar Anda ke puncak dalam waktu 7 menit. Setiap jamnya, lift dapat membawa 2350 wisatawan.

Dan asiknya, bila perut lapar, Anda tak perlu khawatir karena menara ini memiliki restoran yang menyuguhkan bermacam makanan. Dari sini Anda dapat melihat bentangan kota Paris yang indah sembari menyantap hidangan.

2. Museum Louvre

museum-louvre

Museum Louvre adalah objek wisata Perancis yang tidak boleh Anda lewatkan. Orang Perancis menyebutnya Musee du Louvre, berada di sekitar Rive Droite Seine. Inilah salah satu museum seni yang terbesar dan banyak dikunjungi.

Memamerkan sekitar 35.000 benda bersejarah dari zaman prasejarah sampai abad 19 dengan area seluas 60.600 meter persegi. Museum inilah yang menjadi setting tempat penulisan "The Davinci Code" yang menggemparkan itu.  

Museum ini dibangun di Istana Louvre, yang awalnya merupakan benteng yang dibangun pada abad ke-12 pada pemerintahan Philip II. Pada masa Revolusi Perancis, Majelis Nasional Perancis memutuskan bahwa Louvre digunakan sebagai museum untuk menampilkan karya-karya bangsa, di buka pada tanggal 10 Agustus 1793.

Museum Louvre tampak anggun dengan adanya piramida kaca yang dijadikan salah satu dari 3 pintu masuk. Untuk menikmati museum ini, Anda perlu membeli karcis masuk dan hendaknya datang awal-awal karena begitu banyaknya antrian.

Koleksi museum dibagi menjadi delapan kuratorial, yaitu  Koleksi purba Mesir, Timur Dekat, Yunani, Etruscan, Romawi, Seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis, Cetakan, dan Seni Gambar. Silahkan Anda menikmati ribuan karya seni di dalamnya, termasuk lukisan Monalisa dengan senyuman misteriusnya itu.

3. Istana Versailles

istana-versailles

Istana ini adalah salah satu objek wisata di Perancis yang perlu disinggahi. Betapa tidak, kemegahan, keindahan, dan sejarahnya telah memikat hati para wisatawan. Bangunan istana ini berdiri di lahan 250 meter persegi.

Sementara untuk Kompleks istana berada di areal seluas 18 Km persegi di barat daya kota Paris, dibangun oleh Raja Louis XIV untuk mengenang ayahnya Louis XIII.

Pembangunan dimulai pada tahun 1661 di bawah arahan Louis Le Vau, seorang arsitek terkenal Perancis pada masanya. Dibangun selama 40 tahun lebih dengan ribuan pekerja yang sebagian besar adalah pekerja paksa dari wilayah jajahan. Menelan biaya yang tidak sedikit jumlahnya.

Istana Versailles memiliki 1.300 ruangan, dihiasi dengan berbagai interior menawan. Ruang-ruang tersebut memiliki tatanan yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Ruangan yang terkenal di antaranya adalah  ruang pribadi raja dan ratu, ruang Hercules (Room of Hercules), dan aula kaca (Hall of Mirrors). Istana ini juga dilengkapi dengan kapel besar dan teater pribadi.

Bila Anda memasuki kompleks istana Versailles, tampak jelas taman-taman indah membentang. Ditumbuhi berbagai jenis bunga, pepohonan, dan dilengkapi dengan patung-patung artistik dan air mancur. 

Selain itu, terdapat juga rumah kaca pembibitan jeruk impor dan kebun mini yang diperuntukkan khusus buat Ratu Marie Antoinette.

Untuk memenuhi pasokan air istana Versailles yang terdiri dari ribuan air mancur dan kebutuhan lainnya, maka digunakan sistem pompa air raksasa dengan memanfaatkan sungai Seine.

Istana Versailles menyimpan banyak sejarah. Ada dua sejarah penting yang melibatkan Istana ini, yaitu Revolusi Perancis dan Traktat Versailles. Dan kini, pemerintahan Perancis menetapkannya menjadi Museum Nasional Perancis.

4. Katakomba Paris (Catacombes de Paris)

catacombes-de-paris

Objek wisata Perancis tidak melulu bangunan klasik ataupun bangunan-bangunan indah lainnya. Katakomba Paris misalnya, ini bukan taman, museum, ataupun benteng, tapi ini adalah kuburan. Ya, sebuah pemakaman bawah tanah.

Katakomba dibuka pada akhir abad ke-18. Menyimpan kurang lebih 6 juta jenazah. Di dalamnya terdapat gua-gua dan terowongan bekas pertambangan batu Paris. Pada tahun 1874 Katakomba dibuka untuk umum dan telah menjadi daya tarik wisata.

Di Katakomba ini Anda bisa menyaksikan, selain keunikan rancangan, Anda dapat melihat tumpukan tengkorak-tengkorak manusia.

Kota Komba dibuat untuk meminimalisir lahan tanah yang diperuntukkan untuk pemakaman warga Paris. Namun, seiring waktu, pemakaman bawah tanah ini menjadi padat, selain juga bermasalah dengan sanitasi warga.

Pada abad ke-19, Kota komba dilarang digunakan sebagai tempat pemakaman. Sebagai gantinya dibangun tiga tempat pemakaman umum di luar kawasan pusat kota.

Selain tempat pemakaman, Kota Komba pernah dijadikan tempat persembunyian warga Paris dalam Perang Dunia II. Bahkan tentara Jerman pernah mendirikan sebuah bunker di pemakaman umum bawah tanah ini.

5. Champ Elysees

champ-elysees

Champ Elysees adalah sebuah kawasan wisata yang terkenal di kota Paris. Memiliki jalan sepanjang 2 Kilometer.  Champ Elysées terkenal dengan sebutan La plus belle avenue du monde "Jalan terindah di dunia".

Di sepanjang "Jalan terindah di dunia” ini, terdapat hunian orang-orang kaya dan terkenal. Jalan ini menjadi area termahal kedua di dunia setelah Fifth Avenue di New York City.

Sebagai salah satu tempat objek wisata Perancis yang terfavorit, di kawasan Champ Elysees terdapat bioskop, kafe, dan toko-toko kelas atas dan mewah. Kawasan ini terkenal di dunia sebagai tempat berbelanja dan menghambur-hamburkan uang.

Namun, disini Anda juga dapat membuka sebuah bisnis, tapi tentu Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya menyewa sebuah toko. Anda berminat?

Demikian uraian beberapa tempat objek wisata di Perancis yang dapat Anda kunjungi apabila sedang berada di Perancis. Semoga uraian tersebut bermanfaat untuk Anda. 

Post a Comment for " Indahnya Objek Wisata di Perancis"