Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Wisata Alam Di Garut

Potensi Wisata Alam Di Garut
credit:instagram@indrina14

Sebagai kota yang banyak tempat wisatanya membuat Garut kian ramai didatangi wisatawan dikala musim liburan tiba. Selain itu, banyak tempat wisata di Garut tidak ada di daerah lain sehingga banyak wisatawan akan kembali lagi ketika sudah pernah berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di Garut. 

Untuk anda ketahui, potensi wisata di Garut didominasi oleh wisata alamnya. Hal ini tidak terlepas dari letak geografis Garut yang ada di tengah tengah provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu, banyak wisata alam dari pegunungan sampai wisata pantai dapat anda temui ketika berlibur ke Garut. 

Untuk anda yang suka dengan keindahan alam pegunungan anda dapat mengunjungi gunung papandayan. Di gunung tersebut anda dapat menikmati nuansa hijaunya hutan yang masih terjaga dan udara segar yang biasanya jarang ditemui di kota kota besar di Jawa Barat. 

Di gunung papandayan juga terdapat berbagai lintasan untuk anda yang hobi bersepeda gunung atau sekedar bermain motocross.

Potensi wisata di Garut selanjutnya yaitu pantai cijeruk indah, meskipun Garut terletak di dataran yang cukup tinggi namun Garut juga mempunyai wisata pantainya. Pantai di Garut tergolong masih perawan sehingga pemandangan yang ada di pantai masih terlihat alami, hal ini juga ditambah dengan air lautnya yang masih jernih. 

Sebenarnya tidak hanya cijeruk indah karena Garut juga mempunyai pantai lain seperti pantai santolo yang tidak kalah bagus keindahannya dengan pantai cijeruk indah. Untuk anda yang suka dengan olahraga di alam bebas seperti arung jeram, anda dapat mencoba arung jeram di sungai cimanuk. 

Sungai cimanuk merupakan salah satu sungai yang sangat bagus untuk olahraga arung jeram karena arusnya yang cukup deras dan mempunyai berbagai jeram yang tergolong curam.

Selain itu, anda juga dapat mengunjungi telaga cibodas. Telaga ini merupakan salah satu telaga yang cukup terkenal di Garut bahkan sampai ke luar negeri. Ditelaga ini mempunyai pemandangan alam yang cukup bagus karena telaga ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan. 

Apabila anda ingin berendam air panas anda dapat mengunjungi wisata air panas cipanas. Disana terdapat berbagai fasilitas pemandian air panas yang langsung dari air panas gunung papandayan. Itulah beberapa potensi wisata di Garut yang didominasi alam yang bisa anda kunjungi.

Aneka Objek Wisata Garut yang Menarik

Musim liburan panjang tentunya sangat disayangkan bila hanya dilewatkan dengan bersantai dirumah. Takut biaya perjalanan akan membengkak bila berlibur? Anda bisa menghemat pengeluaran saat berlibur dengan memilih kota wisata yang dekat dan objek wisata yang murah. 

Salah satu contohnya adalah objek wisata di kota Garut. Garut yang terletak di Jawa Barat ini memiliki cukup banyak objek wisata yang murah namun tetap memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan kota-kota wisata lainnya. 

Objek wisata Garut yang menarik diantaranya adalah :

1. Gunung Papandayan Beserta Kawah Aktif

kawah-gunung-papandayan
credit:instagram@bornthiswan

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang masih aktif di kota Garut. Memiliki pesona keindahan gunung yang sangat menarik ditambah dengan 4 kawah yang masih juga aktif mengeluarkan uap dan aroma menyengat belerang. Anda bisa mendekati kawah namun disarankan tetap berada di jarak yang semestinya agar tetap aman.

2. Kampung Sampireun Garut

kampung-sampireun-garut
credit:instagram@prams_photo

Merupakan perkampungan yang bertemakan wisata dan juga menyediakan banyak fasilitas wisata yang dapat dinikmati para wisatawan dalam jumlah yang cukup banyak. Objek wisata Garut Jawa Barat satu ini juga menyediakan penginapan yang bisa menampung cukup banyak orang. 

Dengan kata lain, kampung sampireun ini memberikan banyak wisata alam yang menarik dan telah ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Anda akan merasakan serunya berlibur di Garut bila berkunjung ke kampung wisata ini.

3. Pemandian air panas Cipanas

pemandian-air-panas-cipanas
credit:instagram@moh_mansyur

Selain ramai akan tempat penginapan, Cipanas pun tetap mempopulerkan pemandian air panasnya. Air panas yang yang berasal dari gunung Papandayan ini lalu ditampung dalam sebuah kolam cukup berhasil menarik minat masyarakat. Apalagi jika cuaca Garut sedikit berangin, berendam di air panas adalah pilihan terbaik.

4. Pasar Ceplak

pasar-ceplak
credit:instagram@jajananbarudaks

Setelah lelah mengunjungi tempat-tempat wisata alam Garut, waktunya untuk memanjakan lidah dengan objek wisata Garut Jawa Barat kuliner yaitu Pasar Ceplak. Pasar Ceplak ini baru akan ramai di malam hari sehingga dapat disebut pasar malam. Pasar yang berada di jalan Siliwangi ini menawarkan makanan-makanan sunda dan makanan khas Garut yang lezat.

Itulah informasi mengenai Potensi Wisata Alam Di Garut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan dan berencana untuk liburan di kota Garut, Jawa Barat.

Post a Comment for " Potensi Wisata Alam Di Garut"