Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekreasi di Pondok Wisata

Rekreasi di Pondok Wisata

Menginap di pondok wisata saat liburan sangat menyenangkan. Acara berlibur jadi terasa sekali, karena bisa beristirahat untuk melepaskan segala kepenatan dari kesibukan bekerja sehari-hari. 

Sungguh merupakan kesempatan yang selalu ditunggu oleh semua orang, dapat menghirup udara segar dan menikmati keindahan alam di sekitar tempat wisata. Sudahkah Anda agendakan acara seperti ini untuk mengisi liburan Anda yang akan datang?

Di tempat-tempat wisata alam, biasanya tersedia pondok atau penginapan berupa hotel atau villa yang disediakan bagi para wisatawan yang ingin berwisata untuk beberapa hari, sehingga membutuhkan tempat untuk menginap. 

Di pondok seperti inilah kita dapat merasakan kenyamanan seperti di rumah sendiri, sehingga kita dapat menikmati keindahan alam sepuasnya.

Sangat menyenangkan saat bangun pagi dan menghirup udara pagi yang segar, melihat remang matahari di antara kabut yang masih bertengger di pepohonan. 

Saat berjalan-jalan di seputar pondok, asyiknya dapat menyapa bunga-bunga yang beraneka warna seolah ikut bersuka cita menyambut pagi yang indah. Belum lagi kesempatan menyaksikan kupu-kupu yang beterbangan lincah seperti sedang menarikan lagu kegembiraan yang sedang kita rasakan.

Di sini pun kita dapat menikmati suasana senja hari yang sangat mengesankan, semakin menambah nikmatnya tinggal di sana. Pengalaman menikmati sunyinya malam di alam yang sepi dari hiruk pikuk perkotaan, dapat memberikan suasana istirahat yang nyaman. Pengalaman seperti inilah yang menjadikan kita selalu merindukan untuk berlibur dan menginap di pondok wisata.

Suasana damai yang asri dan segar, sehingga terasa seperti di surga. Dengan suasana yang berbeda dari keseharian kita di rumah, mungkin itulah yang dapat mengubah kejenuhan kita menjadi kesegaran jiwa dan raga. 

Setiap kali kita pulang kembali ke rumah sehabis berwisata, selalu seperti ada ruh baru dalam diri kita untuk lebih semangat lagi dalam bekerja. Jadi tidak ada ruginya kalau kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk kegiatan berlibur seperti ini.

Jerih payah kita selama mengabdi di tempat kerja dengan segala kesibukan yang menumpuk, dengan berwisata begini, terbayar juga rasanya. 

Mungkin inilah kesempatan bagi kita untuk menciptakan keseimbangan, agar tidak terlalu stres hanya memikirkan soal pekerjaan saja. Jika urusan bekerja saja yang menyita waktu kita, pekerjaan menjadi tidak efektif, karena kita terlalu capek dan pikiran bisa menjadi buntu.

Menginap di Pondok Wisata untuk Refreshing Meeting

Suasana alam tidak hanya baik untuk sekedar berwisata dan berlibur saja, tetapi bisa juga kita manfaatkan untuk kegiatan lain yang bersifat produktif, misalnya mengadakan meeting dengan jajaran organisasi. 

Meeting di tempat wisata dan menginap di pondok begini, dapat memadukan unsur keduanya, berwisata sekalian meeting, biasa disebut dengan istilah refreshing meeting.

Manfaatnya, kita bisa menciptakan suasana rapat atau meeting dengan lebih menyenangkan, sehingga peserta meeting tidak merasa jenuh. Selain itu, suasana alam yang segar dapat membantu kesegaran pikiran saat meeting berlangsung.

Peserta akan lebih tergugah dan lebih kreatif dalam menyikapi masalah yang dibahas dalam meeting. Mudah untuk melahirkan ide-ide segar yang dibutuhkan dalam perencanaan kerja. Demikian juga dalam hal evaluasi kerja dapat diterima dengan baik, karena suasananya tidak terlalu kaku.

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran, biasanya lebih suka mengadakan acara meeting bulanan atau meeting tahunan mereka di pondok sambil berwisata seperti ini. 

Pekerjaan pemasaran adalah jenis pekerjaan yang penuh tantangan, sehingga diperlukan support dari manajemen untuk memberikan penghargaan lebih dari pekerja di bidang lain.

Oleh sebab itu, beberapa perusahaan menjadikan saat-saat seperti ini sebagai kontes untuk para salesman atau marketing dengan ketentuan target omzet tertentu.

Ternyata, hal seperti ini dapat memacu penjualan mereka, karena lelahnya berjuang keras merebut pasar dengan segala jerih payahnya, dapat terbayar dengan kesenangan seperti ini. 

Nah, untuk mengoptimalkan hasilnya, agar kegiatan meeting di pondok wisata ini dapat berjalan dengan baik dan memperoleh manfaat yang besar, berikut ini tips yang diperlukan.

Tips untuk Mengadakan Refreshing Meeting di Pondok Wisata

Rekreasi di Pondok Wisata

Buatlah jadwal yang pasti setidaknya satu bulan sebelumnya, karena untuk mem-booking pondok, baik berupa hotel, villa, maupun cottage, tidak bisa mendadak. Jangan sampai acara Anda batal karena tidak mendapatkan tempat. Apalagi untuk hari libur dan akhir pekan, tempat-tempat wisata sedang ramai pengunjung.

Pastikan jumlah peserta supaya tidak kesulitan saat pembagian kamar dan penggunaan ruang untuk meeting. Dengan jumlah peserta yang sudah dapat dihitung secara pasti, juga akan membantu sekali untuk pemilihan tempat yang mau di-booking, karena hal ini berkaitan juga dengan penggunaan anggaran yang efisien.

Untuk penyewaan pondok untuk berwisata, biayanya bisa sedikit ditekan jika Anda dapat mencari sendiri tempat yang akan disewa. Jika menggunakan jasa calo, Anda tidak bisa bernegosiasi dengan pihak hotel atau villa secara langsung. 

Hal pentingnya, jumlah peserta akan menentukan harga sewa yang dapat di nego, semakin banyak peserta yang akan hadir, biasanya akan semakin murah untuk biaya per orangnya.

Untuk acara refreshing meeting, usahakan tidak terlalu formal. Acara dapat dipadukan dengan kegiatan permainan atau outbond, sehingga peserta tidak merasa jenuh. Buatlah susunan acara yang matang agar acara berjalan dengan lancar dan semua peserta puas.

Dalam kesempatan meeting seperti ini, sangat baik untuk membuat rencana kerja atau target kerja, maupun target penjualan. Gunakan kesempatan ini untuk membuat komitmen yang baik di antara jajaran kerja.

Kegiatan yang Dapat Diadakan Sambil Rekreasi di Pondok Wisata

desa-wisata-bhumiarya
credit:[email protected]wisata.bhumiarya

Ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan sambil berekreasi atau berlibur di tempat wisata. Beberapa kegiatan berikut sangat cocok dan menarik untuk dilakukan di pondok wisata.

1. Reuni dengan teman-teman sekolah pasti asyik jika dilakukan di tempat wisata. Ini mungkin menjadi ide yang patut dipertimbangkan saat Anda menjadi panitia reuni.

2. Kelompok arisan dapat juga membuat acara di sini. Tentunya, akan sangat berkesan untuk semua anggota arisan.

3. Teamwork untuk pekerjaan jaringan seperti multi level marketing, juga sangat tepat bila memilih pondok wisata sebagai tempat untuk menciptakan kerja sama dan meningkatkan kekompakan tim. Hal ini juga dapat sekalian menciptakan suasana kekeluargaan dalam bekerja.

4. Kerukunan warga semisal warga RT atau lingkungan, bisa mengadakan acara bersama di sini, agar terjalin hubungan yang harmonis antar warga. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama semua warga di sini dan akan lebih ramai lagi kalau semua bisa ikut.

5. Sekali-sekali jama’ah pengajian juga bisa mengadakan acara di wisata alam seperti ini. Suasana alam sangat mendukung untuk tafakur akan kebesaran Allah. Mungkin juga ceramah agamanya akan lebih meresap di hati. Begitu juga kesempatan untuk mengadakan dzikir bersama juga tidak keburu waktu seperti halnya kalau diadakan di rumah.

6. Pelaksanaan pernikahan juga memungkinkan untuk digelar di tempat wisata, tinggal bentuk acaranya saja yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi. 

Tetapi yang pasti, kalau acara pernikahan dibuat di tempat yang tidak biasa, akan lebih memberi kesan dan nilai sejarah yang tak terlupakan dan akan selalu terkenang oleh pengantin juga semua orang yang hadir.

Semoga ide yang saya tulis ini dapat menginspirasi Anda yang akan berlibur atau berwisata sambil berkegiatan di pondok wisata pilihan Anda. Selamat berlibur dan menikmati waktu santai Anda.

Post a Comment for " Rekreasi di Pondok Wisata"