Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah

 

Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah

Rawa pening, adalah sebutan untuk danau selebar 26,7 km2, yang posisinya berada di lembah jejeran gunung Merbabu, gunung Telomoyo dan gunung Ungaran. Tempat ini benar-benar cocok untuk Anda yang mengincar kesejukan dan suasana tenang.

Danau ini sendiri merupakan sumber penghasilan untuk warga masyarakat yang tinggal di tempat itu agar dapur mereka terus mengepul. Kehadiran danau yang tidak terlepas dengan cerita narasi yang berkembang di masyarakat secara turun - temurun.

Kehadiran danau Rawa Pening yang demikian cantik dengan panorama yang indah sebagai hasil dari barisan gunung yang membubung tinggi sanggup menarik minat para pelancong untuk datang bertandang.

Berekreasi di danau Rawa Pening ini selain murah juga meriah karena bisa dilakukan bersama - sama dengan keluarga Anda. Di danau ini Anda dapat menyaksikan warga masyarakat yang sedang mencari ikan dengan menggunakan perahu kecil yang disebut Ketinting.

Posisi terbaik untuk menuju ke danau Rawa Pening adalah di Kecamatan Ambarawa. Di antara Kota Salatiga dan Semarang, ada lokasi yang dibernama bukit cinta. Dari bukit tersebut kelihatan danau Rawa Pening yang menghampar luas.

Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di tempat ini sebelum nantinya melanjutkan aktivitas Anda untuk mengeksplorasi danau Rawa Pening. 

Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah

Danau Rawa pening saat ini lebih tertata dengan baik dan rapi. Hal ini tentu tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah dan juga pihak swasta dalam usaha untuk menjaga kelestarian danau Rawa Pening tersebut.

Sebagai contoh misalnya, penataan warung - warung lesehan yang berjajar di pinggiran danau menjadi lebih baik dan lebih teratur.

Warung - warung tersebut berkompetisi dengan menawarkan bermacam sarana dan fasilitas untuk warga masyarakat yang bertandang ke danau Rawa pPning, seperti rekreasi apung, beberapa pilihan perahu Ketinting untuk membawa para pelancong mengitari danau ini.

Bagusnya adalah tarifnya sudah ditetapkan sama sehingga tidak memunculkan kompetisi harga di kalangan warga masyarakat yang menyediakan sarana dan prasarana di danau tersebut.

Pada umumnya perahu Ketinting yang digunakan bisa memuat beberapa pelancong yakni sekitar 10 orang, dengan perlengkapan safety berbentuk jaket pelampung.

Satu hal yang perlu menjadi konsen pemerintah adalah bagaimana cara mengendalikan eceng Gondok agar tidak semakin meluas dan menutupi seluruh permukaan danau Rawa Pening tersebut.

Untuk memperlampat pergerakan perkembangan gulma yang satu ini pemerintahan setempat telah  mengikutsertakan peran aktif dari warga masyarakat untuk memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh subur sebagai bahan untuk membuat barang kerajinan yang berharga jual tinggi.

Yang menjadi perhatian ialah posisi opsi kulineran yang disiapkan untuk pengunjung yang tiba di danau ini, mereka membuat restaurant dengan konstruksi design mengapung di pinggiran danau. Posisi restaurannya sendiri dibagi dalam pondok - pondok apung yang bersekat, dan benar-benar pas untuk pelancong yang menyenangi tempat dengan kondisi yang lebih privacy.

Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah

Untuk Anda yang memiliki hobi memancing, di danau Rawa Pening ini ada kolam pemancingan, yang tidak jauh dari warung apung lesehan, berupa keramba. Sensasi tarikan joran pancing dari ikan Mujair dan ikan Nila makin membuat Anda merasa betah berlama - lama di danau ini.

Untuk Anda yang ingin memburu kerajinan sebagai oleh-oleh, biasanya barang barang yang unik ada di sentral sentra kerajinan yang dikelola oleh warga lokal, berbentuk kerajinan dari anyaman eceng gondok.

Kerajinan dari bahan eceng gondok ini bermacam - macam, berupa mebel perlengkapan rumah tangga seperti anyaman bangku, tempat tidur ayun, guci, tas, sandal dan barang unik lainnya.

Alamat lengkap: Danau Rw. Pening, Waduk Rawapening, Semarang, Jawa Tengah 50181

Temukan di Google Map

Itulah ulasan artikel tentang Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi untuk Anda ketika sedang berkunjung di Ambarawa, Jawa Tengah.

Post a Comment for "Wisata Danau Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah"