Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur
credit:instagram@ayodolan

Apapun keindahan dan keelokan yang ada di dunia ini bisa Anda dapatkan di Indonesia. Kekagumaan ini tidaklah terlalu berlebihan karena memang seperti itulah kenyataannya.

Pernahkan Anda mendengar tentang Taman Nasional Baluran? Ya, Taman Nasional ini dikenal karena memiliki ekosistem yang unik dan memiliki vegetasi yang sangat beragam, seperti padang savana yang biasanya kita saksikan di benua afrika.

Ini adalah sesuatu yang benar-benar spesial untuk wilayah di Indonesia yang secara umum memiliki intensif curah hujan tinggi. Kehidupan ekosistem di daerah ini juga termasuk unik, karena memiliki tumbuhan epidemik dengan bermacam - macam fauna.

Taman Nasional Baluran berada diujung timur pulau Jawa dengan pemisah di bagian timur dan utara adalah selat Madura dan selat Bali dan dibagian selatan berbatasan dengan sungai bajulmati sehingga memungkinkan daerah ini berlainan dengan vegetasi lain di pulau Jawa.

Akses Menuju Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di Provinsi Jawa Timur, atau tepatnya berada di Kabupaten Situbondo, Kecamatan Banyuputih, Dusun Wonorejo.

Anda bisa sampai ke lokasi Taman Nasional Baluran ini dari surabaya dengan waktu tempuh normal sekitar 8 jam perjalanan. Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 260 Km, melalui Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Mladingan-Situbondo-hingga Banyuputih. Dari kecamatan Banyuputih sekitar 26 Km, maka Anda akan sampai di Desa Wonorejo.

Ada Apa di Taman Nasional Baluran?

Taman Nasional Baluran memiliki koleksi lebih dari 25 jenis mamalia dan vegetasi tumbuhan epidemik Widoro bukol, dan 444 jenis vegetasi tumbuhan lain. 

Kehidupan alam liar juga bisa Anda abadikan di Taman Nasional Baluran ini seperti pemburuan macan tutul pada pucuk rantai makanan dengan memburu mamalia seperti Banteng, Kerbau liar, Kancil atau Rusa.

Padang Savana Baluran
credit;instagram@teukuzulfikar_

Sesungguhnya cakupan hamparan padang savana di Taman Nasional Baluran ini tidak sampai empat puluh persen.  Selain padang savana, Anda juga bisa menyaksikan vegetasi bermacam jenis tumbuhan bakau, rimba hujan tropsi yang lebat selama setahun, huntan pantai dan gunung paling tinggi di Jawa Timur.

Bila Anda ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, cobalah untuk tiba di wilayah Bekol dan Semiang, karena di tempat ini ada penilaian satwa satwa liar, sarana yang tersediapun lumayan komplet untuk pengunjung, seperti wisma tamu.

Selain itu ada pula tempat riset untuk bermacam - macam jenis satwa liar yang ada di Taman Nasional ini. Jika Anda ingin menyaksikan migrasi burung, datanglah di wilayah Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo, karena kearah pantai banyak burung dengan bergerombol yang melakukan rutinitas migrasi mereka.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran

Adapun waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran ini adalah pada bulan Juli sampai bulan Oktober. Pada bulan tersebut pada umumnya mamalia seperti Banteng sedang berkembang biak, sementara di bulan Juli sampai Agustus mamalia seperti Rusa melakukan perkawinan dan bulan Oktober sampai Desember, Anda bisa menyaksikan cantiknya burung jantan Merak menari untuk menarik burung Merak betina pada musim kawin.

Alamat lengkap: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Temukan di Google Map

Itulah sekelumit ulasan tentang  Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur. Jika Anda sedang berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk menyempatkan diri Anda untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran ini.

Post a Comment for " Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur"