Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi

Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi
credit:[email protected]_keren

Mungkin sebgaian dari Anda ada yang belum mengetahui tentang Cilacap, apa lagi yang berasal dari luar pulau Jawa. Sejujurnya sih keterlaluan jika orang Jawa sampai tidak tahu Cilacap. Satu hal yang pasti Anda familier adalah orang Cilacap terkenal dengan bahasa ngapaknya.

Kabupaten Cilacap berada di provinsi Jawa tengah, atau persisnya berada di Karesidenan Banyumas. Kabupaten Cilacap merupakan kota yang mempunyai wilayah terluas di Jawa tengah. Letak Kabupaten Cilacap bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia dibagian selatan.

Ini merupakan sebuah keberuntungan bagi Kabupaten Cilacap, karena dengan posisi seperti ini membuat Kabupaten Cilacap memiliki tempat wisata pantai yang indah dan mempesona. 

Jika Anda sedang menjelajahi wilayah selatan pulau Jawa, maka rugi rasanya jika tidak mampir ke Kabupaten Cilacap ini.

Berikut Ini Adalah Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi, antara lain:

1. PANTAI CANTIK WIDARAPAYUNG 

Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi
credit:[email protected]_kekinian

Letak pantai ini berada di sisi sebelah timur Kabupaten Cilacap, atau persisnya berada di Kecamatan Binangun. Menurut sejarah, pantai Cantik Widarapayung ini pernah terkena imbas dari musibah tsunami Pangandaran pada tahun 2006 yang lalu. Landskap pantainya benar-benar agak miring dan dipagari dengan pohon kelapa, membuat pantai ini demikian mengagumkan dan indah.

Di pantai Cantik Widarapayung ini ada perkumpulan (Club) selancar yang bernama WSC (Widarapayung Surfing Klub). Hal ini tentu dapat kita maklumi karena pantai ini adalah tempat berseluncur favorit bagi para wisatawan yang hobi berselancar. 

Pantai Widarapayung ini mempunyai gelombang yang lumayan besar dan tinggi. Tidak hanya sampai di sana, bahkan juga pantai Cantik Widarapayung juga pernah menjadi tempat untuk "Surf Contest" tingkat Nasional dengan topik Widarapayung Surf Contest di tahun 2010, yang diikuti oleh beberapa para peselancar nasional dan mancanegara. 

Jika Anda hobi berselancar, maka pantai Widarapayung ini adalah tempat yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda tersebut.

Harga tiket masuk : Rp. 3.000 - Rp. 5.000

Biaya parkir : Gratis

Alamat Lengkap: Sawah,Ladang, Sidayu, Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

2. PANTAI TELUK PENYU 

Pantai Teluk Penyu

Setelah pantai Cantik Widarapayung sebagai pantai yang pas sekali untuk Anda yang hobi berselancar, maka sekarang waktunya beralih ke pantai teluk penyu. Pantai Teluk Penyu ini jaraknya sekitar 2 km dari pusat kota Cilacap, dan terletak membujur dari dermaga perikanan Cilacap dengan pulau Nusakambangan. 

Di pantai Teluk Penyu ini Anda bisa melakukan aktivitas bermain pasir atau berenang di pantainya yang pasti menyenangkan.

Anda juga tidak perlu merasa khawatir soal makanan di pantai ini. Di sini ada restoran seafood yang menjual bermacam makanan laut seperti cumi-cumi dan ikan bakar. 

Sebagai oleh - oleh, Anda dapat membeli ikan segara atau ikan asin yang banyak dijajakan di pantai ini. Selain itu Anda juga dapat memebeli aneka kerajinan kerang laut sebagai souvenir khas Cilacap.

Harga tiket masuk : Rp. 10.000

Alamat Lengkap: Pantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

3. PANTAI KARANG PANDAN 

Pantai Karang Pandan
credit:[email protected]_puthra

Selain Pantai Cantik Widarapayung dan Pantai teluk penyu di Kabupaten Cilacap ada sebuah Pantai lagi yang recommended untuk Anda kunjungi yaitu pantai karang Pandan. 

Pantai Karang Pandan merupakan sebuah pantai yang elok, dengan pasir putih dan panorama laut terlepas yang indah dan mengagumkan. Tetapi meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati, karena pantai Karang Pandan ini memiliki ombak yang besar.

Jika Anda ingin situasi pantai yang ramai, maka datanglah berkunjung pada hari kamis wage atau satu hari mendekati waktu pelaksanaan sedekah laut (arung sesaji). Pada saat itu, pantai Karang Pandan benar-benar ramai didatangi orang yang ingin berziarah dan ingin ikut serta dalam upacara sedekah laut tersebut.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda berkunjung ke pantai Karang Pandan ini, maka Anda harus selalu menjaga kesopanan dan norma kesusilaan. Karena selain sering dijadikan sebagai tempat ziarah, ada banyak tempat di pantai ini yang dipandang sakral oleh masyarakat setempat.

Harga tiket masuk : Rp. 5.000 (retribusi)

Biaya parkir motor : Rp. 3.000

Biaya parkir mobil : Rp. 5.000

Biaya menyeberang dengan kapal Feri : Rp. 20.000

Alamat Lengkap: Tambakreja, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263

Temukan di Google Map

4. PANTAI JETIS

Pantai Jetis

Pantai Jetis adalah sebuah pantai indah yang terletak di perbatasan antara kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Kebumen. Lokasi persisnya berada di dusun Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Tempat ini berada di ujung timur Kabupaten Cilacap. 

Pantai Jetis ini menjadi pintu masuk untuk tempat pelelangan ikan Jetis. Untuk yang masih belum pernah ke pantai tersebut, tentu akan merasa kagum dan terpesona ketika melihat pantai Jetis yang menghampar sejauh nyaris 3 km, dengan background pintu timur berupa pegunungan kapur wilayah Kebumen.

Pemandangan muara kali bodo yang merupakan perbatasan kabupaten Cilacap dengan kabupaten Kebumen juga dapat Anda nikmati di pantai Jetis ini. Nikmati panorama alam dan debur ombak pantai selatan saat kamu berekreasi ke pantai Jetis suatu hari nanti.

Harga tiket masuk : Gratis

Biaya parkir motor : Rp. 3.000

Biaya parkir mobil : Rp. 5.000

Alamat Lengkap: Area Sawah, Jetis, Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

5. PANTAI PERMISAN

Pantai Permisan
credit:[email protected]_merubetiri

Pantai terkahir yang recommended untuk Anda kunjungi di Kabupaten Cilacap adalah Pantai Permisan yang terletak di Pulau Nusakambangan. Untuk sampai ke pantai Permisan ini, Anda harus menyeberang ke pulau Nusakambangan, dari Dermaga Lo Manis ke dermaga Sodong dengan memakai kapal Feri. 

Selanjutnya dari Dermaga Sodong, Anda baru bisa menuju ke Pantai Permisan dengan memakai transportasi darat seperti transportasi umum, ataupun ojek.

Pantai Permisan merupakan sebuah pantai dengan hembusan angin pantai yang benar-benar menyejukkan karena anginnya yang bertiup sepoi - sepoi. Ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang cantik, dan deburan ombak besar yang tentu saja menambah kenyamanan saat Anda bertandang ke pantai Permisan ini. 

Setelah Anda tiba di pantai permisan, sempatkanlah waktu untuk menyaksikan barisan pulau kecil yang berada di sana. Yakinlah, bahwa Anda pasti akan merasa takjub dengan pemandangan yang ada disana.

Harga tiket masuk : Rp. 3.000

Alamat Lengkap: Permisan,, Tambakreja, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263

Temukan di Google Map

Demikianlah Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Daftar 5 Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi"