Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Yogyakarta - Tempat Wisata di Yogyakarta

Wisata Yogyakarta - Tempat Wisata di Yogyakarta
Goa Pindul, credit:instagram@chandskeliling

Kota Yogyakarta adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Kota Yogyakarta mempunyai banyak julukan di antaranya: Yogya, Kota pendidikan, kota gudeg, kota sejarah, kota seni, kota wisata, kota budaya, dan lain-lain. 

Kota Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan Jawa yang sangat populer, disamping itu Yoyakarta juga dikenal sebagai pendidikan. Di kota ini juga terdapat universitas terkenal di Indonesia yang mahasiswanya berasal dari seluruh Indonesia, Universitas Majah Mada (UGM).

So, selain kota Bandung kota ini juga adalah kota pendidikan yang terkenal. Tidak hanya itu wisata Yogyakarta juga sangat terkenal di Indonesia.

Yogya atau Yogyakarta mempunyai sejarah yang panjang di masa perjuangan dan mempunyai peran yang sangat besar dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ada sebuah jalan yang terkenal yaitu Jalan Malioboro, dimana namanya di ambil dari nama Duke of Marlborough. 

Jalan ini adalah jalan utama kota Yogyakarta. Nah, Jika Anda sedang liburan atau berwisata di Jogja atau Yogyakarta jangan lupa mampir di jalan Malioboro ini. Ada apa di Jalan tersebut? Saya yakin Anda akan tertarik dengan souvenir atau cideramata yang dijual oleh para pedagang souvernir di sepanjang jalan tersebut.

Tempat-tempat wisata menarik yang berada di Yogyakarta, antara lain:

Kraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
credit:instagram@kevin_fm

Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini terletak di pusat kota yang mempunyai luas sekitar 14.000 meter persegi. Kraton yagyakarta adalah salah satu obyek wisata yang terkenal dan wajib utuk dikunjungi. 

Wisatawan lokal dan mancanegara selalu menyempatkan diri untuk menikmati indahnya Kraton Yogyakarta tersebut. Di dalam Kraton tersebut terdapat isatana Sulatan dan tempat menerik lainnya seperti: sekolah, masjid, geleri, pusat kerajinan batik, dan perak.

Istana Taman Sari

Nah tidak jauh dari Kraton Yogyakarta ada juga wisata Yogyakarta yang terkenal yaitu Istana Taman Sari. 

Pada zaman dahulu tempat ini sangat indah dengan dipenuhi berbagi bunga yang indah dan istana taman sari ini merupakan tempat bersantainya raja Yogya pada waktu itu bersama selirnya. Di kawasan tersebut juga terdapat sebuah tempat khusus untuk bersemdinya raja Yogya.

Pasar Yogyakarta

Di dekat Istana Taman Sari ada Pasar Ngasem yang bisa anda kunjungi sebagai pelengkap wisata Yogyakarta perjalanan anda. Di pasar tersebut banyak dijual aneka burung sehingga pasar tersebut dikenal juga sebagai pasar burung. 

Jika Anda hobi memelihara burung maka tidak ada salahnya Anda melihat-lihat ke pasar burung tersebut siapa tahu Anda tertarik.

Kraton Paku Alam

Keraton Paku Alam

Selain Kraton Yogyakarta ada juga sebuah Kraton Paku Alam Namum kraton ini tidak sebesar kraton Yogyakarta. Arsitek Kraton Paku Alam mempunyai bentuk atau desain bergaya Eropa dan dikelilingi oleh taman-taman yang indah. 

Nah, Anda pun bisa melihat barang-barang peninggalan zaman dulu di museum kraton karena museum ini dibuka untuk umum.

Masjid Agung Yogyakarta

Disebelah barat kraton Yogyakarta ada objek wisata Yogyakarta yang cukup terkenal yaitu Masjin Agung Yogyakarta. Masjid Agung Yogyakarta adalah tempat melakukan ibadah para kaula kerajaan mataram juga keluarga raja dan prajurit.

Wisata Museum

Salah satu wisata museum yang berada di wisata Yogyakarta adalah museum Affandi. Almarhum Affandi adalah seorang pelukis terkenal di Indonesia. Museum Affandi ini mempunyai arsitektur yang unik dan berada di tepi sungai Gadjah Wong. 

Nah, jika Anda mengunjungi museum Affandi akan melihat karya dan koleksi lukisan Affandi yang sangat terkenal baik di Indonesia dan mancanegara.

Museum Biologi

Di museum Biologi ini Anda akan melihat berbagai flora dan fauna yang ada di Indonesia. Museum Biologi ini masih termasuk ke Fakultas Biologi Gadjah Mada. 

Anda bisa melihat hewan yang paling terkena di Indonesia yaitu Komodo. Komodo merupakan Binatang melata yang terbesar di Dunia.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
credit:instagram@silviaqnaa

Sekitar tahun 1765 sampai 1788 Sri Sultan Hamengku Buwono I membangun Benteng Vredeburg. Di dalam benteng ini Anda bisa melihat diorama yang menceritrakan kisah perjalanan yang sangat panjang bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan seperti sekarang ini.

Kebun Binatang Gembira Loka

Di tempat wisata Yogyakarta kebun binatang ini terdapat jenis-jenis hewan yang menarik dan asyik untuk dilihat.

Wisata Kota Gede

Jika Anda berada di kota Gede ini adalah tempat pusat kerajinan perak. Kota Gede adalah bagian dari Yogyakarta yang letaknya ada di pinggiran kota. Jika Anda berada di Malioboro Anda bisa menuju ke kota Gede kurang lebih jaraknya sekitar 5 Km.

Pantai Parangtritis

Di Yogyakarta ada sebuah objek wisata yang sangat terkenal dan populer yaitu sebuah pantai dan pantai tersebut bernama Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak di kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 30 Km dari Yogyakarta. 

Tempat wisata ini mempunyai pemandangan yang sangat eksotis dan menarik. Wisata Jogja ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Pantai Samas

Selain Pantai Parangtritis ada juga objek wisata lainnya yaitu Pantai Samas. Pantai Samas terletak di sebelah barat pantai Parangtritis. Pantai Samas memepunyai keindahan pantai yang indah dan bisa dijadikan alternatif tujuan wisata Anda.

Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah tempat dengan dataran tinggi yang mempunyai keindahan alam yang menarik. Letaknya di sebelah utara Yogyakarta sekitar 28 Km. 

Dari Bukit tersebut Anda bisa melihat Wisata alam sebuah gunung merapi yang menjelang menambah indahnya wisata Yogyakarta. Tidak hanya itu anda pun bisa melihat memandangan air terjun Telogo Muncar.

Candi Borobudur

Candi Borobudur
credit:instagram@lavie_ryouya

Candi Borobudur adalah salah satu wisata Yogyakarta yang sangat indah dan sangat menarik. Candi Borobudur banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia dan mancanegara. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 750 sampai 850 oleh Dinasti Syailendra. 

Menurut saya ada hal yang sangat unik dan merupakan misteri bagaimana cara membagun candi Borobudur yang sangat besar dengan batu-batu yang besar.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Banyak cerita dan sejarah di kota Yogyakarta memang benar karana dibuktikan dengan banyaknya peninggalan-peninggalan baik bagunan atau barang-barang yang bersejarah. Candi Prambanan tidak kalah bagusnya dengan candi-candi lainnya di wisata Yogyakarta. 

Setiap liburan anak sekolah banyak sekali wisatawan lokal yang datang kedua candi tersebut. Bahakan sepanjang tahun selalu ada sekolah yang mengadakan perpisahan sekolah dengan tour dan berlibur di Yogyakarta dan pastinya mengunjungi tempat wisata jogja.

Di atas adalah beberapa wisata jogja atau wisata yogyakarta yang bisa Anda kunjungi dan saya berharap Anda bisa terbantu dengan artikel ini. Buatlah agenda wisata Anda dengan baik dan waktu yang tepat. 

Cari informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Banyak cara untuk mencari informasi tentang objek wisata di Indonesia salah satunya di website ini atau website yang lain. 

Jika ingin lebih rinci dan detil tentang objek wisata di Indonesia lebih baik datang ke agen biro perjalanan saya yakin anda akan mendapatkan informasi yang lengkap.

Post a Comment for "Wisata Yogyakarta - Tempat Wisata di Yogyakarta"