Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simpang Lima Gumul, Ikon Baru Wisata di Kediri

 

Simpang Lima Gumul, Ikon Baru Wisata di Kediri
credit:instagram@hendimulyana_s

Simpang Lima Gumul, Ikon Baru Tempat Wisata di Kediri - Selama ini Kabupaten Kediri identik dengan industri rokok bertaraf nasional. Namun anggapan tersebut tampaknya akan segera berubah berkat kehadiran Simpang Lima Gumul (SLG).

Simpang Lima yang berada di wilayah Pesantren tersebut sekarang menjadi ikon wisata baru di Kediri. SLG berhasil menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan dari kalangan remaja dan anak-anak.

Sesuai namanya, Simpang Lima Gumul memiliki lima jalan raya yang berbeda menuju pusat Kota Kediri, Kandat, Wates, Gurah, dan Tarokan. Secara perlahan-lahan, tempat wisata di Jawa Timur ini beralih fungsi layaknya Simpang Lima di Kota Semarang. 

SLG tumbuh sebagai pusat rekreasi keluarga, wisata kuliner khas Kediri, tempat hunting gambar tempat wisata yang unik, dan bukti kejayaan Kerajaan Kediri pada masa lalu.

Membangkitkan Masa Lalu Kejayaan Kerajaan Kediri

Wilayah Kediri pada masa lampau merupakan pusat Kerajaan Kediri dibawah pimpinan Ken Arok. Konon katanya, Raja Kediri tersebut pernah berujar bahwa satu saat Kerajaan Kediri akan memiliki tanah yang bisa melayang di atas udara. 

Ucapan tersebut menjadi kenyataan karena untuk mencapai kawasan Bundaran SLG setiap pengunjung harus melalui terowongan sepanjang kurang lebih 100 meter.

Kejayaan masa lalu Kerajaan Kediri juga tergambar pada relief tugu SLG yan berdiri megah. Relief tersebut menggambarkan sejarah berdirinya kota Kediri sejak era Tunggul Ametung, Ken Arok, hingga raja-raja terakhir Kediri sebelum akhirnya Kediri hancur dan berdiri Kerajaan Majapahit yang menguasai Nusantara. 

Kegagahan pasukan Kerajaan Kediri digambarkan mampu mengalahkan serangan pasukan Mongolia yang terkenal pantang menyerah.

Wisata Lokal Bernuansa Kota Paris Perancis

Kesan pertama yang terasa dan dapat dilihat ketika kita menginjakkan kaki di Simpang Lima Gumul adalah serasa sedang berada di kota Paris, Perancis. 

Pada tahun lalu saya mengunjungi tempat wisata Paggora di pusat kota Kediri. Lalu sore harinya saya menyempatkan diri berkunjung ke SLG. Hmm, nuansa romantis ala Kota Paris membuat saya ingin berlama-lama memandang gapura raksasa tersebut.

Keindahan senja di Simpang Lima Gumul Kediri sangat tepat untuk diabadikan menjadi gambar tempat wisata. Walaupun ketika itu cuaca sedang mendung, saya tetap bisa mengambil beberapa angle menarik di sekitar SLG. 

Kemeriahan anak-anak bermain, hiruk pikuk kendaraan, kemegahan gapura, dan keunikan seni arsitektur terowongan bawah tanah merupakan moment yang sayang untuk dilewatkan.

Wadah Kreatifitas Anak Muda Kediri

Kreatifitas anak muda Kediri
credit:instagram@fera_putri08

Setiap sore tiba, kawasan Simpang Lima Gumul dipenuhi lautan manusia dari beragam usia dengan aktifitas masing-masing. Mulai dari anak-anak yang bermain layang-layang, para ibu rumah tangga yang mencoba citarasa kuliner jajajan rakyat, hingga anak muda yang mengasah keberanian dan kreatifitas mereka di atas jalan beraspal.

Ketika itu saya menyaksikan beberapa anak muda sedanga asyik bergaya di atas sepeda mini dengan gaya bebas (free style). Hal tersebut mengingatkan saya pada event streetball atau bola basket jalanan yang marak diselenggarakan di kota-kota besar macam Jakarta, Bandung dan Surabaya. Keberadaan SLG telah memacu anak muda di Kota Kediri untuk lebih ekspresif pada tempat yang tepat.

Sektor pariwisata memang bukan sumber pendapatan andalan bagi Kota Kediri. Perekonomian Kediri selama ini disokong oleh pajak industri rokok. Dengan tumbuhnya iklim pariwisata di Kediri, masyarakat setempat memiliki tempat liburan yang lebih dekat sekaligus membuka beragam kesempatan industri kreatif. 

Simpang Lima Gumul juga bisa menjadi tempat rekreasi pendidikan bagi para pelajar agar mereka mengetahui sejarah kebudayaan bangsa sendiri.

Rute Menuju Ke Simpang Lima Kediri

Untuk mencapai kawasan Simpang Lima Gumul, Kediri, Anda bisa memilih jalur transportasi darat dari Surabaya – Jombang – Pare – Kediri. Hindari melalui jalur Surabaya – Jombang – Kertosono – Kediri karena Anda tidak akan menjumpai SLG dari arah Kertosono – Kediri. 

Kalaupun Anda terpaksa melalui jalur Kertosono, maka ketika Anda tiba di wilayah Tarokan perjalanan belok kanan menuju arah Gurah. Setelah dari Gurah, Anda bisa langsung menuju arah Simpang Lima Gumul.

Alamat Lengkap: Simpang Lima Gumul, Tugurejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur 64181

Temukan di Google Map

Demikian ulasan artikel tentang  Simpang Lima Gumul, Ikon Baru Wisata di Kediri. Semoga ulasan artikel ini dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Post a Comment for " Simpang Lima Gumul, Ikon Baru Wisata di Kediri"