Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Liburan Wisata Bahari Ke Raja Ampat di Papua Barat

Pulau Wayag
credit:instagram@rajaampatdiver

Tips Liburan Wisata Bahari Ke Raja Ampat di Papua Barat - Alam Indonesia bagian timur memiliki beragam kondisi geografis yang menakjubkan. Setelah menjelajahi Taman Nasional Lorentz di Wamena, sekarang kita akan mengulas salah satu tempat wisata di Papua yang tidak kalah indahnya, yaitu Kabupaten Raja Ampat.

Jika Taman Nasional Lorentz mengandalkan daya tarik kekayaan flora dan fauna pegunungan, maka Kepulauan Raja Ampat dikenal sebagai surga wisata bahari di Indonesia. Raja Ampat mempunyai banyak lokasi penyelaman (diving) dengan keragaman hayati lautan.

Kabupaten Raja Ampat terletak tepat di provinsi Papua Barat, tepatnya pada bagian Pulau Papua yang berbentuk kepada burung. Menurut catatan Wikipedia, Kabupaten Raja Ampat mempunyai 610 pulau yang indah dan masih alami. 

Pulau-pulau tersebut pada umumnya belum berpenghuni. Hanya sedikit pulau di Kep. Raja Ampat yang telah dihuni manusia dan dijadikan obyek wisata kelautan. Empat pulau utama yang berada di Kabupaten Raja Ampat adalah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Batanta, dan Pulau Salawati.

Transportasi Berlibur Ke Tempat Wisata di Raja Ampat

Bagaimana jalur transportasi wisatawan ketika mereka berlibur ke tempat wisata di Raja Ampat? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan tiket pesawat terbang murah menuju ke Sorong. 

Sorong adalah kota besar terdekat menuju Kabupaten Raja Ampat. Harga tiket pesawat terbang ke Sorong biasanya mahal. Oleh karena itu, jauh-jauh hari Anda usahakan sudah mem-booking tiket, khususnya pada waktu maskapai penerbangan mengadakan sale, sehingga liburan ke obyek wisata di Raja Ampat lebih murah harganya.

Trik liburan ke Sorong yang utama adalah pilihlah jadwal keberangkatan pesawat terbang pada pagi hari. Mengapa pagi hari? Supaya Anda tidak perlu biaya tambahan untuk menginap di Sorong. 

Biaya penginapan dan transportasi adalah dua pos pengeluaran terbesar untuk berlibur mengelilingi tempat wisata di kepulauan Raja Ampat. Supaya biaya liburan jatuhnya lebih murah, ajaklah beberapa kawan wisatawan untuk liburan bersama, minimal empat orang.

Untuk transportasi berlibur ke tempat wisata di Papua ini selain memakai pesawat terbang, wisatawan juga bisa menggunakan kapal laut. Butuh waktu kira-kira satu minggu pelayaran dari wilayah Indonesia Barat untuk berlayar menuju Sorong di kawasan Indonesia Timur. 

Perhatian waktu keberangkatan kapal. Hindari berlayar ke Sorong pada saat Musim Selatan berlangsung karena ombak lautan mencapai ketinggian di atas rata-rata pada musim tersebut.

Hotel Tempat Penginapan Murah di Raja Ampat

Penginapan di Raja Ampat
credit:instagram@victoriavacationoficial

Jika Anda sudah sampai di Sorong, tujuan berikutnya adalah naik kapal cepat maupun kapal besar menuju Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Dua jenis transportasi liburan dari Sorong ke Waisai tersebut berbeda lama waktu tempuh. 

Wisatawan butuh waktu satu setengah jam bila menggunakan kapal cepat. Sebaliknya, bila memakai kapal besar dari Sorong ke Waisai, wisatawan butuh waktu 3 sampai 5 jam. Perbedaan tarif berlayar keduanya tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 20.000 saja. Jadi, jika Anda ingin segera sampai di Waisai pakai saja kapal cepat.

Tarif hotel pada area obyek wisata di Raja Ampat bisa dibilang sedikit lebih mahal dibanding kebanyakan tempat wisata di Indonesia yang berkategori wisata bahari. Pilihan mudah untuk bermalam bagi backpacker adalah dengan mendirikan kemah (camping) di daerah pantai. 

Banyak pantai-pantai indah yang boleh dipakai backpacker untuk mendirikan tenda. Meski demikian, layaknya kebanyakan tamu di Indonesia, wisatawan harus mematuhi adat-istiadat setempat. Minimal wisatawan harus melapor dulu kepada pejabat desa setempat supaya nyaman tinggal di area pantai.

Bagi wisatawan yang memiliki cukup modal untuk berlibur ke tempat wisata di Raja Ampat, salah satu tempat wisata terindah di Indonesia Timur ini menawarkan kenyamanan berlibur sambil tinggal di resort pantai yang indah. 

Tarif hotel di Raja Ampat berkisar mulai dari Rp 150.000,- sampai dengan jutaan Rupiah. Tarif sewa hotel di Kabupaten Raja Ampat ada yang dihitung per kamar maupun per orang. 

Pastikan Anda bertanya lebih dulu untuk memastikan sewa kamar hotel sesuai dengan budget liburan ke Kab. Raja Ampat yang sudah Anda rencanakan.

Lokasi Penyelaman di Wisata Kabupaten Raja Ampat

Diving Raja Ampat
credit:instagram@igorsarm

Lokasi penyelaman (diving) di tempat wisata Kepulauan Raja Ampat sangat banyak. Anda bisa menyelam di berbagi penjuru pulau-pulau kecil yang mengelilingi empat pulau utama tadi. Beberapa diving spot yang terkenal di Kabupaten Raja Ampat adalah Papua Diving, Waiwo Dive Resort, dan Raja Ampat Dive Resort. 

Bila wisatawan memiliki hobi snorkling di daerah pantai, wisatawan bisa menyewa alat-alat tersebut dengan tarif Rp 50.000,- per hari. Tarif yang cukup terjangkau untuk bisa menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Raja Ampat.

Pemandangan alam tempat wisata di Kabupaten Raja Ampat sudah dikenal luas sebagai tempat wisata alam dengan panorama terindah. Keindahan gambar tempat wisata Raja Ampat menginspirasi banyak seniman untuk mengabadikannya ke dalam berbagai bentuk media seni. 

Keindahan obyek wisata di Kabupaten Raja Ampat yang masih alami merupakan daya tarik utama selain pantai-pantai lain di Indonesia seperti Pantai Kuta di Bali, pesona Tujuh Pantai di Yogyakarta, pantai-panti indah di Jawa Timur, bahkan Pantai Iboih di Pulau Sabang.

Tips liburan ke tempat wisata di Papua bagian barat yang terakhir adalah siapkan uang tunai yang cukup sejak berangkat dari rumah. Sama halnya dengan kebanyakan obyek wisata lain di kawasan Indonesia Timur, Kabupaten Raja Ampat menyediakan mesin ATM yang terbatas. 

Sedangkan untuk kebutuhan komunikasi melalui handphone, sangat disarankan bagi wisatawan untuk memakai operator telepon Telkomsel karena hanya Telkomsel yang sudah punya jaringan telekomunikasi sampai di Kabupaten Raja Ampat.

Alamat Lengkap: Selpele, Waigeo Bar., Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar.

Temukan di Google Map

Semoga tips wisata bahari ke tempat wisata di Kabupaten Raja Ampat ini bisa membantu Anda. Selamat berlibur keliling tempat wisata di Indonesia. Mari cintai kekayaan alam Indonesia dengan jalan-jalan ke obyek wisata di Kepulauan Raja Ampat!

Post a Comment for "Tips Liburan Wisata Bahari Ke Raja Ampat di Papua Barat"