Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Penginapan Murah dan Transportasi Ke Pantai Klayar di Pacitan

Tips Memilih Penginapan Murah dan Transportasi Ke Pantai Klayar di Pacitan

Tips Memilih Penginapan Murah dan Transportasi Ke Pantai Klayar di Pacitan - Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sedang disukai oleh para backpacker saat ini adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar terletak di Kabupaten Pacitan. Tempat wisata di Pacitan yang dikenal oleh masyarakat luas selama ini baru berkisar pada gua-gua indah, misalnya Gua Gong dan Gua Tabuhan.

Pantai Klayar menjadi idola baru bagi wisata Pacitan yang sedang berkembang pesat. Obyek wisata di Jawa Timur bagian selatan ini belum banyak diekspos oleh masyarakat sehingga sangat tepat untuk dijadikan tempat melepaskan penat dari pekerjaan sehari-hari.

Keindahan Pantai Klayar sudah pernah saya bahas secara singkat dalam artikel Pesona Gua Purba dan Tempat Wisata di Pacitan terdahulu. Obyek wisata di Pacitan ini memenuhi kriteria sebagai tempat wisata pantai terindah di Indonesia. 

Pantai Klayar memiliki ombak besar, pasir putih, susunan batu karang yang indah, laut yang jernih, barisan pohon kelapa yang melambai-lambai, suasana tenang, dan tempatnya bersih. Tempat wisata alam di Pacitan ini menawarkan perpaduan kesenangan liburan yang menakjubkan.

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara memilih tempat penginapan murah dan transportasi menuju Pantai Klayar di Pacitan sebagaimana dituturkan oleh Adolf Izaak.

1. Hindari Berlibur Ke Pantai Klayar Pada Musim Hujan

Baik liburan seorang diri sebagai backpacker maupun ikut dalam sebuah tour agent, kondisi cuaca sangat menentukan jenis liburan yang akan kita lakukan ke berbagai tempat wisata di Indonesia. 

Untuk acara liburan ke tempat wisata pantai, termasuk juga ke Pantai Klayar, hindari traveling pada musim penghujan. Kondisi jalan yang becek dan licin menjadi tantangan tersendiri ketika berlibur ke Pantai Klayar. Jalan yang licin akan meningkatkan tingkat resiko mengalami kecelakaan selama liburan.

2. Rencanakan Liburan Ke Pantai Klayar Pada Sabtu dan Minggu

Batu Spinx Pantai Klayar
credit:instagram@kluyuranyuk

Untuk menjelajahi keindahan Pantai Klayar bisa dilakukan selama dua hari. Misalkan Anda berangkat liburan dari Jakarta pada hari Sabtu, maka waktu liburan tersebut sudah mencukupi. Kalau mau menambah lama liburan, Anda bisa mengajukan ijin cuti satu hari yang diletakkan pada hari Jumat atau Senin. 

Selama berlibur ke tempat wisata pantai di Jawa Timur ini, wisatawan bisa memancing, jalan-jalan menyusuri pantai, berenang, snorkeling, mendirikan kemah, maupun mengabadikan gambar tempat wisata dalam kamera.

3. Transportasi Darat Rental Mobil Maupun Naik Angkutan Umum Sama Asyiknya

Pilihan transportasi dari Jakarta menuju Pantai Klayar ada dua, yaitu singgah di Yogya atau Solo. Jalur Solo dan Yogya menuju Pacitan kedua-duanya terbilang bagus. Anda bisa naik bus umum maupun naik travel. 

Lama perjalanan darat Yogya-Pacitan selama kurang lebih 3 jam. Lintasan jalan Jogja-Pacitan akan melalui pegunungan Sewu yang didominasi oleh pegunungan bertanah kapur.

Sesampai di pusat Kota Pacitan, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Pantai Klayar. Jalur Pacitan-Klayar sudah ada angkotnya, meskipun frekuensi jalannya masih jarang. 

Jika Anda berlibur ke tempat wisata di Pacitan secara rombongan, misalnya 6 orang, maka lebih baik Anda menyewa (rental) mobil di Jogjakarta. Tarif rental mobil Jogja-Pacitan sekitar Rp 400.000. Biaya tersebut sudah termasuk fee sopir tapi belum termasuk biaya pembelian BBM. Untuk BBM sendiri butuh dana kurang lebih Rp 200.000,-

4. Pilihlah Tempat Menginap di Wilayah Klayar atau Watu Karung

Sebenarnya setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Klayar bisa menginap di hotel dan losmen murah yang ada di pusat Kota Pacitan. Namun pertimbangkan juga jarak Pacitan-Klayar yang butuh waktu 1 jam perjalanan darat. 

Bila wisatawan ingin bisa menikmati keindahan matahari terbit di Pantai Klayar, maka butuh persiapan yang lebih awal untuk berangkat. Oleh karena itu, pilihlah tempat penginapan di sekitar Pantai Klayar atau Pantai Watu Karung sehingga bisa menikmati moment sunrise dan sunset seutuhnya.

Saat ini sudah dibangun tempat penginapan murah di sekitar obyek wisata Pantai Klayar. Penginapan backpacker di Pantai Klayar berada di atas bukit. Lokasinya sesuai untuk menikmati pemandangan alam pantai. 

Tarif per kamar sekitar Rp 100.000 dan bisa diisi 2 orang. Sedangkan tempat penginapan murah untuk backpacker di Pantai Watu Karang jumlahnya lebih banyak. Wisatawan bisa memilih beragam jenis villa dengan tarif mulai Rp 150.000 yang mampu menampung 3 orang.

5. Siapkan Membeli Makanan Kecil di Pusat Kota Pacitan

Anda bisa menjumpai sejumlah warung makanan di Pantai Klayar. Mereka menjual beragam jajanan rakyat, minuman kopi, teh, nasi lodo, nasi tiwul, dan aneka camilan lainnya. 

Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri membeli makanan kecil di pusat Kota Pacitan. Tips liburan nomor 5 ini bisa Anda coba untuk jaga-jaga kemungkinan perut Anda tidak bersahabat dengan jenis makanan rakyat di Pacitan yang asing bagi Anda.

6. Jadwalkan Mengunjungi Tempat Wisata di Pacitan Lainnya

Rasanya kurang afdhol kalau jauh-jauh berlibur ke kawasan terpencil Pacitan hanya untuk mengunjungi Pantai Klayar saja. Oleh karena itu, buatlah itinerary (rancangan perjalanan liburan) ke sejumlah obyek wisata di Pacitan lainnya. 

Selain Pantai Klayar, wisata Pacitan sekarang sudah banyak berkembang, diantaranya: 

  • Pantai Krau
  • Banyu Anget
  • Pantai Pancer
  • Pantai Watu Karung
  • Gua Gong
  • Gua Tabuhan
  • Pantai Teleng Ria

Bila masih ada waktu berlibur di Pacitan, tak ada salahnya Anda mengunjungi rumah masa kecil Presiden SBY.

Itulah beberapa tips liburan ke Pantai Klayar yang bisa saya bagikan kepada Anda kali ini. Semoga artikel wisata Pacitan ini berguna untuk kelancaran liburan Anda. 

Walaupun Kabupaten Pacitan letaknya jauh dari jalur strategis bisnis pariwisata di Jawa Timur, namun lokasinya yang berdekatan dengan deretan tempat wisata di Yogyakarta mendukung Pantai Klayar menjadi lebih terkenal di masa mendatang. 

Alamat Lengkap: Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Temukan di Google Map

Tunggu apa lagi, siapkan diri Anda untuk berlibur ke Pantai Klayar di Pacitan. Mari jelajahi keindahan tempat wisata di Indonesia!

Post a Comment for " Tips Memilih Penginapan Murah dan Transportasi Ke Pantai Klayar di Pacitan"