Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Terindah di Indonesia Timur

 

Candi Borobudur

Tempat Wisata Terindah di Indonesia Timur - Indonesia adalah negara kepulauan tropis yang memiliki banyak tempat wisata terindah di dunia. Keindahan obyek wisata di Indonesia menarik jutaan pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Salah satu wilayah di Indonesia yang menyimpan banyak tempat wisata terindah adalah kawasan Indonesia Timur. Tempat wisata di Indonesia Timur pada umumnya masih dalam kondisi alami karena masyarakat sekitar lokasi wisata menjalankan kehidupan tradisional.

Penggunaan peralatan modern yang kerapkali menimbulkan pencemaran lingkungan sangat minim. Hal inilah yang mendukung kawasan Indonesia Timur sebagai gudang tempat wisata terindah di Indonesia. 

Meski demikian, fasilitas penunjang iklim pariwisata telah dibangun oleh Pemerintah Indonesia dengan baik disana. Mulai dari hotel dan penginapan, sarana transportasi, bank, ATM, rumah makan, akses komunikasi, pasar rakyat dan pusat informasi wisata. 

Beberapa tempat wisata terindah di Indonesia Timur adalah sebagai berikut:

Tempat Wisata Terindah di Pulau Dewata Bali

Nusa Penida
credit:instagram@penidagoandtravels

Bali terkenal karena julukannya sebagai tempat wisata terindah di muka bumi. Pulau Bali telah mendapat pengakuan badan pariwisata dunia sebagai tempat wisata terindah yang paling aman di dunia. Meski sempat diguncang teror bom, Bali masih tetap menjadi magnet wisata dunia. 

Popularitas Bali bahkan jauh lebih terkenal daripada nama Indonesia sendiri. Bali dijuluki sebagai Pulau Dewata karena kebiasaan hidup masyarakat Bali yang tetap teguh menjalankan adat istiadat meski modernisasi telah berkembang dengan pesat disana.

Beberapa tempat wisata terindah yang ada di Pulau Bali antara lain: 

  • Pantai Kuta
  • Pantai Jimbaran
  • Tanah Lot
  • Puri Saren Ubud
  • Pulau Nusa Penida

Selain obyek wisata pantai, masyarakat adat Bali juga memiliki seni budaya yang mempesona seniman dari berbagai penjuru dunia. Hal inilah yang menyedot perhatian mereka sehingga berbondong-bondong berkunjung dan menetap di Bali. Seniman tersebut berasal dari seni lukis, dunia perfilman, penulis lagu, penyair hingga pematung.

Wisata Laut Terindah Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
credit:instagram@greatwhitesean

Kekayaan hayati laut yang ada di Taman Laut Bunaken merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Pesona tempat wisata terindah di propinsi Sulawesi Utara ini memarik perhatian para penyelam untuk menjelajahi kekayaan alam bawah laut Teluk Manado. 

Taman Laut Bunaken merupakan surga penyelam yang terdiri dari lima pulau utama. Gugusan pulau indah tersebut adalah Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage dan Pulau Naen. Selain pulau-pulau tersebut masih banyak pulau kecil lain yang menarik dijelajahi.

Untuk bisa berlibur menuju tempat wisata terindah Taman Laut Bunaken, Anda bisa memilih jalur penerbangan dengan tujuan bandara Sam Ratulangi, kota Manado. Dari kota Manado perjalanan dilanjutkan dengan perahu motor menuju pulau-pulau kecil di Teluk Manado. 

Terdapat beberapa titik penyelaman yang bisa Anda pilih. Masing-masing titik penyelaman menawarkan keindahan yang berbeda-beda. Maka tidak mengherankan jika tempat wisata terindah di Sulawesi Utara ini terpilih menjadi tuan rumah konferensi internasional dunia kelautan pada tahun 2009.

Tempat Wisata Terindah Surga Papua

Raja Ampat

Secara geografis, Pulau Papua dimiliki oleh dua negara, yaitu Indonesia dan Papua Nugini. Untuk wilayah Papua yang masuk negara Indonesia, popularitas tempat wisata terindah Papua terbagi menjadi provinsi Papua dan Papua Barat. 

Para wisatawan mengatakan bahwa Tanah Papua adalah surga yang tertinggal di muka bumi. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan beberapa jenis burung surga Cenderawasih yang memiliki bulu indah. Satwa langka burung Cenderawasih adalah daya tarik utama tempat wisata terindah di ujung timur kepulauan Nusantara ini.

Beragam tempat wisata terindah di Papua didukung oleh kekayaan biota laut. Salah satu titik penyelaman paling terkenal di Papua berada di Kabupaten Raja Ampat. Kondisi alam Papua relatif masih alami sehingga kondisi laut Raja Ampat tetap lestari. 

Pulau-pulau indah di Kabupaten Raja Ampat antara lain Pulau Waigeo, Pulau Misol, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan lain-lain. Keindahan tempat wisata di Papua dibentuk oleh pertemuan arus Samudera Pasifik dan Laut Maluku yang memiliki beragam satwa laut.

Obyek Wisata Tujuh Keajaiban Dunia Pulau Komodo

Pulau Komodo
credit:instagram@fera_fe

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau habitat alami binatang purba Komodo selain Pulau Rinca. Pulau Komodo masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia versi terbaru sebagai tempat wisata terindah di dunia. 

Daya tarik Pulau Komodo adalah hewan Komodo yang menjadi satu-satunya binatang prasejarah yang masih hidup di bumi. Komodo adalah karnivora pemakan bangkai dan menjadi obyek penelitian bagi para ilmuwan kedokteran maupun sejarah. 

Hal penting apakah yang menyebabkan Komodo tidak mengalami evolusi adalah obyek penelitian yang menarik perhatian kaum intelektual dunia.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo bukan hanya disuguhi pemandangan alami habitat Komodo, tetapi juga bisa melakukan sejumlah aktifitas wisata bawah laut. Misalnya diving, snorkeling, memancing, maupun sekedar berkeliling pulau dengan perahu. 

Untuk mencapai Pulau Komodo, Anda bisa memilih jalur penerbangan dengan tujuan bandara Satartacik di Ruteng. Dari Ruteng, perjalanan wisata berlanjut melalui jalur darat menuju Labuhanbajo. Dari Labuhanbajo perjalanan wisata diteruskan menuju Pulau Komodo dan Pulau Rinca dengan perahu motor.

Banyaknya tempat wisata terindah di kawasan Indonesia Timur dihasilkan oleh jajaran gunung berapi yang masih aktif, iklim tropis dengan limpahan sinar matahari sepanjang tahun, serta keramahan penduduk sekitar obyek wisata tersebut. 

Tempat wisata terindah akan menjadi rusak dan tidak berguna bila kita tidak menjaga kelestarian lingkungan alam. Kini saatnya kita lebih peduli terhadap kondisi tempat wisata terindah agar bisa menjadi kebanggan anak cucu kita. Mari selamatkan lingkungan tempat wisata terindah di kawasan Indonesia Timur!

Post a Comment for " Tempat Wisata Terindah di Indonesia Timur"