Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona

Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona

Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona - Garut merupakan sebuah Kabupaten yang ada dalam wilayah administratif provinsi Jawa Barat, yang dikitari oleh lima buah gunung hingga sejumlah besar daerah di Garut merupakan wilayah pegunungan, terkecuali wilayah Garut selatan atau di seputar pantai selatan. 

Dengan kondisi geografis semacam itu, secara Otomatis Kabupaten Garut mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memikat dan menarik untuk didatangi.

Berikut ini  Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona, antara lain:

1. Pantai Pucuk Guha

Pantai Pucuk Guha
credit:instagram@yayuukp

Pantai Pucuk Guha merupakan sebuah kawasan pantai yang terletak di antara pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo. Kawasan pantai Pucuk Guha ini adalah salah satu pantai yang bersih dan nyaman karena bebas dari pedagang asongan yang kadang - kadang mengusik kenyamanan pengunjung dan keindahan panorama pantai itu sendiri. 

Pantai Pucuk Guha menawarkan keelokan dan keindahan pemandangan pantai yang dapat disaksikan dari atas puncak sebuah tebing. Di bawah tebing itu Anda bisa menyaksikan beberapa ratus bahkan mungkin ribuan kelelawar karena di kawasan pantai ini memang terdapat sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. 

Jika Anda ingin bertandang ke Pantai Pucuk Guha ini, maka Anda disarankan untuk membawa bekal minuman dan makanan yang cukup karena seperti yang sudah di sampaikan di atas, bahwa jarang-jarang ada pedagang makanan dan minuman di Pantai Pucuk Guha tersebut.

Secara pribadi, pantai Pucuk Guha ini adalah salah satu tempat terbaik yang pernah saya datangi. Pemandangannya benar-benar sangat menakjubkan dan mempesona. Anda dapat melihat lautan yang begitu luas dari atas bukit (tebing). 

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai ini, saya sarankan agar Anda datang ke sini sebelum 12 siang karena biasanya cuaca sangat cerah sehingga sangat sempurna untuk mengambil beberapa foto yang bagus. Secara keseluruhan, pantai Pucuk Guha ini patut dan sangat recommended untuk dikunjungi.

Alamat Lengkap: Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165

Temukan di Google Map

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo
credit:instagram@claustiness

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Kawasan Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata pantai di Garut yang cukup hits dan populer. Pantai Santolo sebagai tempat wisata unggulan Kabupaten Garut banyak didatangi oleh para pelancong lokal ataupun pelancong asing, tetapi mayoritas adalah pelancong (pengunjung) dari wilayah sekitar seperti Kota Bandung. 

Pesona dan kelebihan yang dimiliki pantai Santolo ini adalah  panoramanya yang mempesona, kesunyian dan kenyamanan yang ditawarkan, dan sarana pendukung rekreasi yang lumayan komplet serta landskap pasir pantai yang berwarna putih, komplet dengan karang dan perahu nelayan yang memberikan pemandangan yang menyenangkan.

Pantai Santolo memiliki jarak kurang lebih 88 km dari pusat kota Garut.  Anda akan memerlukan waktu perjalanan sekitar 3,5 jam untuk dapat sampai di lokasi pantai yang cantik dan mempesona ini.

Alamat Lengkap: Jl. Pantai Santolo Pamalayan Cikelet Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177

Temukan di Google Map

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Ranca Buaya
credit:instagram@ririn210197

Kota Garut selain di kelilingi oleh kawasan wisata berupa pegunungan, ternyata juga mempunyai kawasan pantai yang cantik dan mempesona, dimana salah satunya adalah pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya adalah tempat wisata pantai di Garut yang berada di kecamatan caringin. 

Keunikan dari Pantai Rancabuaya sendiri adalah ombaknya yang cukup besar karena memang terhubung langsung dengan Samudera Hindia yang sangat luas. Landskap batu karangnya sangat banyak dan besar. Daya tarik lainnya adalah adanya sebuah air terjun yang menghadap langsung ke pantai dan airnya langsung mengucur ke lautan.

Tempat ini bukanlah pantai yang direkomendasikan sebagai tempat untuk berenang karena begitu banyak batu karang yang dapat menyakiti diri Anda sendiri.

Tetapi Anda dapat menikmati pemandangan yang indah sambil minum kopi / kelapa / bahkan makan makanan laut yang tersedia di pondok dekat pantai tersebut. Jika laut surut, Anda dapat berjalan melintasi bebatuan laut yang menyembul keluar dari laut. Anda dapat mencari ikan - ikan kecil atau kepiting kecil diantara bebatuan tersebut.

Alamat Lengkap: Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44166

Temukan di Google Map

4. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan sebuah gunung api dengan ketinggian 2.622 mdpl. Gunung Papandayan ini adalah adalah gunung yang memiliki kawah aktif di wilayah Garut, provinsi Jawa Barat. 

Tempat wisata yang cukup populer di Garut ini mempunyai daya tarik berupa keelokan alamnya yang cantik, kawah gunung, dan tempat camping yang memikat. Para pengunjung dapat melakukan berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah trackking, hiking, photografi, sampai wisata petualangan menjelajah gunung tersebut. 

Ini akan sangat pas dan cocok untuk Anda yang menyenangi adventur (petualangan). Gunung Papandayan tersebut berada di Dusun Pupus Jaya dan Dusun Sakral Harum, Kecamatan Cisurupan, Garut, dan memiliki jarak sekitar 24 km dari pusat kota Garut.

Ketika pertama kali mengunjungi gunung Papandayan ini, pemandangannya tampak begitu menakjubkan, indah, banyak lembah, pegunungan, dan bebatuan berwarna putih di mana-mana. Gunung Papandayan adalah salah satu gunung terbaik di Indonesia. Jalannya berbatu dan sedikit kabur tetapi menarik.

Alamat Lengkap: Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Temukan di Google Map

5. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
credit:instagram@tijanatimebomb

Candi cangkuang merupakan salah satu tempat rekreasi cagar budaya yang berada di dusun Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Menurut penuturan masyarakat nama Candi Cangkuang ini diambil dari nama tempat (wilayah) yaitu daerah Cangkuang yang merupakan sebuah pedesaaan. 

Selain itu nama Dusun Cangkuang tersebut berawal dari nama sebuah pohon yaitu Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang tumbuh di sekitar Pusara Embah Dalam Bijak Muhammad.

Candi Cangkuang ini aalah satu tempat wisata di Garut, yang letaknya cukup jauh dari jalan utama. Namun demikian, Anda tidak akan menyesal karena semuanya akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang akan Anda temuai di sekitar Candi Cangkuang tersebut. 

Harga tiket masuknya pun murah. Untuk sampai ke Candi Cangkuang tersebut, Anda harus menumpang sebuah rakit yang panjang. Sangat menarik tentunya. Tempat ini juga sangat terawat karena dikelola dengan baik oleh pemiliknya. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai dan cukup nyaman untuk pengunjung.

Alamat Lengkap: Jalan Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44119

Temukan di Google Map

6. Pemandian Air Panas Cipanas Garut

Pemandian Air Cipanas Garut
credit:instagram@chachamarisaheyhey

Pemandian air panas Cipanas Garut adalah tempat wisata Garut yang cukup terkenal. Tempat wisata ini selalu ramai dengan banyaknya pengunjung lokal dan mancanegara. Di tempat ini ada berbagai macam fasilitas berupa hotel, pemondokan, sampai bungalow yang murah. 

Untuk mencapai pemandian air panas Cipanas ini, Anda hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 15 menit, karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut, yakni sekitar 6 kilometer. Pemandian air panas Cipanas ini memiliki suku air sekitar 37-46 derajat Celcius yang memiliki kandungan berbagai macam mineral yang baik sekali untuk kesehatan badan dan mempunyai manfaat pengobatan berbagai jenis penyakit.

Di kolam pemandian air panas Cipanas ini, Anda bisa mengembalikan kesehatan badan dengan mengurangi otot-otot yang kaku dan untuk relaksasi.

Pemandian Air panas Cipanas ini berupa kolam renang yang cukup bagus, airnya bersih dan biasanya tidak terlalu banyak orang di pagi hari. Air panas yang ada dikolam renang tersebut berasal dari mata air gunung alami sehingga sangat menyegarkan. Disarankan untuk pergi ke sana di pagi hari.

Alamat Lengkap: Jl. Raya Cipanas No.16, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Temukan di Google Map

Itulah artikel mengenai  Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona. Semoga ulasan artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda.

Selamat Berlibur

Post a Comment for " Daftar 6 Objek Wisata Di Garut Yang Mempesona"