Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi


8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi

8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Di provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia ini, hampir semua obyek wisata yang ada memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis dan hanya dapat kita jumpai di provinsi ini.

Berikut ini adalah 8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi, antara lain:

1. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
image via [email protected]_yuniita

Danau Kelimutu merupakan salah satu destinasi wisata NTT yang sangat rekomended untuk di kunjungi. Danau Kelimutu sendiri merupakan sebutan untuk tiga buah danau yang berada di Gunung Kelimutu di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Lokasi Gunung Kelimutu sendiri berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau Kelimutu ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga jenis warna yang berbeda, yakni merah, biru, dan putih. Warna-warna tersebut akan selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu dan kandungan zat sulfur yang berada di dalam danau tersebut.

Danau Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau yang berwarna biru atau disebut "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" adalah tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah atau disebut "Tiwu Ata Polo" adalah tempat berkumpulnya arwah atau jiwa orang yang telah meninggal dan selama mereka hidup selalu melakukan kejahatan.

Sedangkan danau yang berwarna putih atau disebut "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya arwah atau jiwa para orang tua yang telah meninggal.

Ketiga danau tersebut sempat di abadikan sebagai gambar pada mata uang republik Indonesia pecahan nominal Lima ribu rupiah beberapa tahun yang lalu.

Alamat Lengkap: Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

2. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang
image via [email protected]_bintang

Danau Sano Nggoang adalah salah satu destinasi wisata NTT di Manggarai Barat yang wajib untuk di kunjungi. Danau ini merupakan sebuah dananu vulkanik yang lokasinya berdekatan dengan obyek wisatai air terjun Cunca Wulang, Cunca Rami dan Taman Nasional Komodo ini tercatat sebagai danau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Timur dengan akses jalan yang cukup ekstrim dan tentunya sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang sejati.

Anda akan menenumak sejumlah rute jalan yang cukup terjal sebelum bisa sampai ke lokasi dananu ini. Obyek wisata yang berada di kawasan hutan lindung Mbeliling ini berada di kabupaten Manggarai. Di rekomendasikan bagi Anda yang berangkat dengan menumpang pesawat terbang sebaiknya turun di Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali sebelum melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal laut. 

Dari Bali, Anda bisa naik kapal Feri jarak jauh selama sekitar 4 hungga 5 jam menuju ke Nusa Tenggara Timur. Kemudian dari sana Anda bisa melanjutkan dengan naik bus umum menuju ke Labuan Bajo. 

Untuksetiap pengunjung dikenakan harga tiket masuk yang cukup murah, sekitar Rp 20.000 namun Anda akan memerlukan lebih banyak biaya untuk akomodasi dan tranportasi sehingga Anda perlu menyiapkan anggaran secara terpisah.

Alamat Lengkap: Unnamed Rd,, Wae Sano, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

3. Gili Laba (Giri Lawa)

Gili Laba

Giri Laba atau Gili Lawa adalah sebuah obyek wisata  yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).  kata Gili memiliki arti pulau yang mini (kecil), namun demikian, walapun hanya sebuah pulau kecil, untuk dapat mencapai titik yang menakjubkan, maka Anda harus mendakinya keatas. Setelah sampai diatas, maka Anda akan mendapatkan panorama pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Ketika musim kemarau tiba, kawasan  Gili Lawa akan berubah mirip seperti gurun pasir yang berwarna coklat. Hamparan berwarna coklat tersebut merupakan padang savana yang mulai mengering.

Namun sebaliknya, ketika musim hujan datang, kawasan padang savana yang tadinya kering tersebut akan berubah kembali menjadi padang savana yang berwarna hijau seperti hamparan permadani. Giri Lawa juga merupakan tempat yang tepat untuk menunggu matahari terbit (sunrise) yang indah serta menlihat matahari tenggelam (Sunset).

Alamat Lengkap: Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

4. Gunung Mutis

Gunung Mutis

Gunung Mutis merupakan salah satu gunung yang berada di Pulau Timor. Dengan ketinggian mencapai 2.458 mdpl, gunung Mutis menjadi gunung tertinggi yang ada di wilayah Timor Barat (Indonesia). Secara tertib administratif gunung tersebut berada di perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gunung Mutis memliki tiga buah puncak dan merupakan bagian dari Cagar Alam Gunung Mutis yang terkenal dengan kekayaan batu marmernya. Masyarakat yang tinggal di kawasan gunung mutis ini menyebut batu marmer itu dengan sebutan "Faut Kanaf" atau batu nama. Masyarakat adat yang dikawasan tersebut merupakan salah satu suku tertua di provinsi NTT yakni Suku Dawan. 

Bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ke puncak gunung Mutis ini, bisa  menempuh perjalanan dari Kota Kupang ke Soe dengan jarak tempuh sekitar 110 Km. Kemudian dari Soe, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Fatumnasi yang berjarak sekitar 40 Km. Anda perlu ekstra hati - hati karena kontur jalan di sini belum begitu bagus.

Desa Fatumnasi merupakan sebuah desa wisata yang menjadi tempat atau titik kumpul para pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak gunung Mutis ini. Terdapat 3 pos pendakian di sepanjang jalur menuju ke punvcak gunung Mutis ini. Puncak gunung Mutis berada dalam kawasan hutan dan hanya ada satu batu penanda yang bertuliskan 2.427 mdpl. Secara umum lama pendakian menuju ke puncak gunung ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

Alamat Lengkap: Bonleu, Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

5. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin

Gua batu cermin sejatinya adalah sebuah gua atau terowongan yang berada di bukit batu yang gelap di kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur. Luas gua ini mencapai sekitar 19 hektar, dan tingginya sekitar 75 meter. Sinar matahari dapat masuk kedalam gua melalui dinding-dinding gua, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke bagian gua yang lain sehingga terlihat seolah - olah seperti sebuah cermin.

Pemandangan Stalagtit dan stalagmit didalam gua terlihat sangat berkilauan ketika terkena sinar cahaya dari lampu senter atau cahaya dari matahari yang masuk kedalam gua. Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan. Hal inilah yang membuat masyarakat yang tinggal di sekitar tempat itu menyebut gua ini dengan sebutan gua batu cermin.

Awal mula ditemukannya gua batu cermin ini ditemukan oleh Theodore Verhoven, yang merupakan seorang pastor bangsa Belanda sekaligus juga sebagai seorang arkeolog. Gua tersebut ditemukan pada tahun 1951. Lebih lanjut Verhoven juga mengemukakan bahwa dahulu kala Pulau Flores ini berada di dasar laut. Pernyataan ini berdasarkan pada temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding gua seperti fosil kura-kura dan lainnya.

Alamat Lengkap: Batu Cermin, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map


6. Kelabba Madja

Kelabba Madja

Kelabba Madja merupakan sebuah bukit yang berwarna-warni yang berada di Pulau Sabu (Sawu), desa Pedarro, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kelabba Maja memiliki ciri khas berupa tebing yang menyerupai deretan tabung yang bercorak. Sekilas akan tampak seperti disapu dengan sebuah kuas raksasa. Kita bisa menemukan lapisan warna biru, putih, coklat, dan merah di antara bebatuan yang ada di Kelabba Maja ini.

Selain dari bukit pelangi, Kelabba Maja juga memiliki beberapa batu keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang dari ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri dengan kokoh di puncak sebuah tebing yang meruncing keatas.

Untuk dapat mencapainya, maka Anda harus menempuh perjalanan dari Kupang ke Sabu. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dan mendaki jalan menanjak selama sekitar 2 jam. Kondisi infrastruktur menuju ke kawasan wisata ini masih belum begitu baik dan memadai. Anda membutuhkan stamina dan fisik yang prima untuk dapat mencapai lokasi wisata ini. Namun jangan khawatir, karena begitu sampai di lokasi rasa capek Anda akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang akan Anda temui di sana.

Alamat Lengkap: Pedarro, Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

7. Kampung Bena

Kampung Bena NTT
image via [email protected]_louise

Kampung Bena merupakan salah satu wilayah perkampungan megalitikum yang berada di Kabupaten Ngada, provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berada di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, atau sekitar 19 km arah selatan Bajawa. Kampung yang berlokasi di puncak bukit dengan pemandangan gunung Inerie.

Keberadaan pemukiman penduduk yang ada di bawah kaki gunung merupakan ciri khas masyarakat tempo dulu yang merupakan pemuja gunung sebagai tempat para dewa bersemayam. Menurut penduduk kampung Bena ini, mereka meyakini keberadaan Yeta, yakni dewa yang bersinggasana di gunung tersebut yang merupakan pelindung dari kampung mereka.

Alamat Lengkap: South Amanuban, South Timor Tengah Regency, East Nusa Tenggara
Temukan Di Google Map

8. Taman Wisata Air Panas Mengeruda Soa

Pemandian Air Panas Mengeruda

Pemandian Air Panas Mengeruda merupakan salah satu destinasi wisata NTT yang wajib Anda kunjungi. Pemandian air panas alami ini berada di Mengeruda, Desa Piga Kecamatan Soa, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, provinsi NusaTenggara Timur. Sumber mata air pemandian air panas ini berasal dari Gunung Inelika di Bajawa.

Air panas di pemandian ini dikenal memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit seperti penyakit kulit yang sulit di sembuhkan. Selain karena suhunya yang hangat, kandungan belerang serta zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang membuat air panas ini juga memberikan khasiat yang menyehatkan bagi tubuh kita.

Obyek  wisata pemandian air panas ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas dan akomodasi seperti toilet, rumah makan, dan kawasan perkemahan. Selain itu, karena posisinya yang berada di jalur perjalanan wisatawan dari luar kota, maka banyak travel agent yang menawarkan paket perjalanan sampai ke Kelimutu dengan sebelumnya singgah di pemandian air panans ini.

Hal ini yang  kemudian membuat pemandian air panas ini mulai dikenal oleh para wisatawan dan menjadikan kawasan ini selalu ramai dengan wisatawan yang datang. Adapun rute perjalanan untuk menuju ke lokasi pemandian dapat ditempuh dengan menggunakan angkuran umum atau ojek dari arah Bajawa menuju ke Soa.

Obyek wisata pemandian Air Panas Mengeruda ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 18.00. Bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan camping bisa berkoordinasi langsung dengan pengelola tempat wisata pemandian air panas tersebut.

Alamat Lengkap: Mengeruda, Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map

Itulah 8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga berguna dan dapat menjadi referensi untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "8 Destinasi Wisata NTT Yang Wajib Anda Kunjungi"