Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Baturaden Purwokerto

Tempat Wisata Batu Raden Purwokerto
image via [email protected]_lee143

Tempat Wisata Baturaden Purwokerto merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer dan terkenal bukan hanya di Purwokerto, akan tetapi di Indonesia. Baturaden terletak di sebelah utara kota Purwokerto atau lokasi tepatnya berada di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Obyek wisata  Baturaden ini merupakan jenis wisata alam yang meyajikan keindahan, kesejukan dan pesona alam pegunungan yang sangat menyegarkan.

Ketika Anda menginjakkan kaki di tempat wisata Baturaden Purwokerto ini maka hal pertama yang akan menyambut Anda adalah udaranya yang sangat sejuk, menyegarkan dan hijaunya pemandangan alam berupa pepohonan alami yang sangat rindang. Baturaden merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan yang ingin berlibur di alam terbuka ketika mereka berkunjung ke kota Purwokerto, Jawa Tengah. 

Karena kepopulerannya maka tidak mengherankan jika di kawasan Baturaden saat ini berdiri puluhan hotel dan losmen yang menawarkan akomodasi dan sarana menginap bagi wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata ini. Kawasan wisata Baturaden akan tampak semakin ramai oleh kunjungan wisatawan ketika weekend (Sabt dan Minggu ) tiba atau ketika musim liburan sekolah, hari raya, Natal dan tahun baru. 

Sejarah Tempat Wisata Baturaden Purwokerto

Konon menurut catatan sejarah, nama Baturaden berasal dari kata "Batur" dan "Raden" yang juga dikenal sebagai legenda "Romeo And Juliet" nya Banyumas. Batur merupakan seorang pembantu (Abdi) dari seorang Raja dan Raden merupakan seorang putri dari Raja tersebut. 

Menurut kisah yang ada, keduanya kemudian jatuh cinta satu sama lainnya. Mereka kemudian melarikan diri dan menikah tanpa adanya restu dari ayah sang putri Raja tersebut. Setelah anak pertama mereka lahir kedunia, maka kemudian sang Raja tersebut meminta agar putrinya dapat kembali pulang ke istana. 

Namun ternyata, mereka berdua menolak permintaan dari Raja sehingga kemudian terjadilah pertempuran yang akhirnya menewaskan Batur. Karena merasa tidak sanggup melihat suaminya terbunuh, kemudian sang putri akhirya bunuh diri. Keduanya kemudian dimakamkan di lereng Gunung Slamet. Dan semenjak saat itu pula maka kawasan wisata yang berada di lokasi tersebut dinamakan "Baturaden" atau sering di tulis dengan "Baturaden".

Landscape tempat wisata baturaden Purwokerto ini berada di patahan tebing lereng Gunung Slamet dimana pada bagian tengahnya mengalir sungai kecil yang mengalir pada tebing bebatuan sehingga terlihat seperti sebuah air terjun mini. Di sekitar tempat tersebut terdapat taman yang hijau dan asri dengan banyaknya koleksi bunga yang berwarna-warni. 

Karena letaknya yang berada di tebing (lereng gunung) maka permukaan tanah di kawasan tersebut tentu tidak rata dan naik turun. Untuk itu maka kemudian di buat jalur tangga untuk memudahkan para wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata ini. Pada bagian sisi sebelah kiri taman terdapat sebuah air mancur buatan yang menyemburkan air menjulang tinggi ke atas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. 

Selain itu di kawasan wisata Baturaden ini juga terdapat pemadian air panas yakni  Pancuran Telu, kemudian ada wahana permainan anak, sepeda air, mobil genjot, kolam renang dan sebagainya. Semua itu tentu menjadikan kawasan wisata Baturaden ini sebagai tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama dengan keluarga Anda.

Aneka Kegiatan Menyenangkan Di Tempat Wisata Baturaden Purwokerto

Selain menikmati keindahan dan kesejukan udara di kawasan wisata Baturaden ini, Anda juga dapat melakukan aneka kegiatan menyenangkan bersama - sama dengan anggota keluarga Anda.

Berikut ini adalah aneka kegiatan  menyenangkan yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata Baturaden, antara lain:

Berendam Air Panas di Pancuran Telu

Berendam air panas di pancuran telu terasa menyenangkan karena airnya yang hangat. Sambil  berendam Anda juga bisa menikmati sejuknya udara pegunungan yang terasa semakin menyegarkan pikiran Anda. Pemandian air panan Pancuran Telu ini merupakan pemandian air panas yang airnya mengandung zat belerang dan dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, terutama penyakit kulit yang sulit di obati. Suhu air di pemandian air panas Pancuran Telu ini sekitar 60 - 70 derajat Celcius. Selain berendam, Anda juga bisa mencoba pijat sulfur dengan harga yang relatif murah sekitar 7.500 Rupiah untuk durasi pijat 15 menit.

Tempat Wisata Batu Raden Purwokerto

Setelah selesai berendam dan membersihkan diri, kemudian Anda dan keluarga bisa menikmati kuliner khas wilayah tersebut yang banyak dijajakan di kawasan wisata ini. Atau jika Anda membawa bekal makanan maka Anda bisa menikmatinya bersama dengan keluarga Anda. 

Untuk makanan khas yang dijual dikawasan wisata Baturaden ini misalnya pecel, sate kelinci, sate ayam, dan tempe mendoan. Menikmati tempe mendoa hangat (tempe mendoan adalah makanan khas daerah Purwokerto yang terbuat dari tempe) ditemani dengan segelas teh manis hangat sambil menikmati kesejukan udara di Baturaden tentu akan terasa begitu menyenangkan. 

Menonton Film di Theater Alam 

Theater film yang berada di kawasan Baturaden ini terlihat cukup unik karena berbentuk pesawat terbang yakni Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Theater film yang unik ini menayangkan film tentang alam dan budaya Indonesia seperti misalnya  film tentang tragedi tsunami di Aceh, cerita budaya TMII, atau peristiwa meletusnya Gunung Merapi dengan durasi setiap film sekitar 10 - 15 menit. 

Rute Menuju Ke Tempat Wisata Baturaden Purwokerto


Tempat Wisata Batu Raden Purwokerto
image via [email protected]_wati

Bagi Anda yang ingin berlibur di kawasan wisata Baturaden, selain menggunakan sarana kendaraan pribadi maka Anda juga bisa menggunakan moda angkutan umum (Bus).

Untuk menuju ke kawasan wisata Baturaden, bagi Anda yang berangkat dari kota Jakarta atau kota besar lainnya, maka Anda terlebih dahulu harus menumpang Bus yang menuju ke kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Dari Kota Jakarta, Anda bisa menggunakan bus AKAP dengan tujuan Purwokerto dengan tarif sekitar Rp. 70.000 hingga Rp. 100.000 dengan waktu tempuh kurang lebih selama 8 hingga 10 jam. Selain menggunakan Bus, alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan moda kereta api dengan tujuan Purwokerto. 

Ada banyak kereta yang bisa Anda pilih untuk menuju ke kota Purwokerto ini mulai dari kelas ekonomi sampai dengan kelas bisnis atau eksekutif karena hampir semua kereta api yang melintas di jalur selatan dengan tujuan Jogjakarta atau Solo akan berhenti di stasiun Purwokerto. Untuk Anda yang menggunakan pesawat terbang maka Anda harus terbang menuju kota Yogyakarta terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan naik bus  menuju kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Selanjutnya dari kota Purwokerto Anda bisa menyewa kendaraan pribadi (rental) atau bisa juga dengan naik angkot jurusan Baturaden. Jarak dari kota Purwokerto menuju ke kawasan wisata Baturaden ini sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka sangat disarankan untuk lebih berhati - hati  karena jalur jalan yang menuju ke kawasan Baturaden ini melewati tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Tips Berlibur Di Tempat Wisata Baturaden Purwokerto

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin berlibur di kawasan wisata Baturaden, antara lain:
  • Datang di pagi hari (bagi Anda yang ingin mandi di pemandian air panas Pancuran Telu), karena pada pagi hari para pengunjung belum begitu ramai.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin (disarankan untuk memakai sepatu atau sendal gunung)
  • Membawa Payung (untuk berjaga - jaga keytika turun hujan) karena kawasan ini berada di lereng gunung yang terkadang bisa turun hujan secara tiba - tiba.
  • Berkunjung pada saat musim panas ( agar lebih leluasa untuk mengeksplore sulurh area dan kawasan wisata Baturaden), karena pada musim hujan maka akan banyak keterbatasan sehingga Anda tidak akan maksimal dalam mengeksplore kawasan wisata ini.
  • Datang pada hari biasa, karena pada hari libur kawasan wisata ini akan sangat ramai oleh pengunjung.

Oleh-Oleh Khas Tempat Wisata Baturaden Purwokerto

Setelah puas berlibur di kawasan wisata Baturaden, maka kini saatnya untuk membeli oleh - oleh khas kota Purwokerto untuk di bawa pulang dan di bagikan kepada teman, tetangga, atau kerabat lainnya. 

Berikut ini adalah oleh - oleh khas dari kota Purwokerto, antara lain:
  • Kue Nopia
  • Tempe Mendoan
  • Getuk goreng
  • Kripik tempe khas kota Purwokerto
Semua makanan dan oleh - oleh tersebut dapat Anda beli di sekitar kawasan wisata Baturaden atau di pusat - pusat toko kue dan makanan yang ada di pusat kota Purwokerto. Sambil berbelanja oleh - oleh, Anda juga bisa menyempatkan waktu sejenak untuk bersantap sate kelinci atau soto Sokaraja yang sudah sangat terkenal rasanya.

Informasi Terkait Dengan Tempat Wisata Baturaden Purwokerto
  • Jam buka (Operasional) : Jam 06:00 WIB - Jam 17:00 WIB
  • Harga Tiket Masuk (Terusan) : Rp. 14.000 (dan sudah termasuk asuransi jiwa). Ada 7 jenis wahana yang bisa Anda nikmati dengan tiket terusan tersebut, yakni Cascade alam, sepeda air, mobil genjot, air mancur, kolam renang dan seluncuran
  • Bagi Anda yang ingin memasuki wahana theater alam dan pancuran telu maka Anda di haruskan untuk membeli tiket secara terpisah karena pengelolaannya memang terpisah dari pengelola kawasan wisata Baturaden. Harga tiket Pancuran telu sebesar sepuluh ribu rupiah dan untuk theater alam sebesar lima ribu rupiah per orang.

Sangat mudah menemukan penginapan di Baturraden, di area sekitarnya terdapat puluhan hotel melati dan villa. Tarifnya perkamarnya berkisar antara Rp. 150.000,- s/d diatas Rp. 1.000.000,-, kamu tinggal memilihnya sesuai budget liburanmu. Soal makanan, baik di dalam kawasan wisata maupun di luar Baturraden banyak dijajakan berbagai macam menu makanan dengan harga yang murah meriah.

Penginapan Di Baturaden

Bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan wisata Baturaden, maka Anda tidak perlu merasa khawatir. Ada banyak sekali pilihan tempat untuk menginap yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Selain villa, terdapat pula hotel melati yang bisa Anda pilih dengan tarif yang sangat murah dan terjangkau. Harga kamar yang di tawarkan mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000. Anda dapat menyesuaikan dengan budget atau anggaran yang Anda miliki.

Dan bagi Anda yang menginginkan tempat menginap yang lebih lux dan ekslusif, maka Anda dapat memilih beberapa hotel berbintang yang ada di sana. Dan sebagai referensi untuk Anda, berikut ini adalah daftar hotel terbaik yang dapat Anda pilih sebagai tempat untuk menginap bersama dengan keluarga Anda.

Hotel Batu Raden Purwokerto

1. Green Valley Resort Baturaden Purwokerto

Green Valley Resort ini terletak tidak jauh dari wahana Small World. Hotel ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dengan suasana alam yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang sangat indah.

Harga sewa kamar / malam : Rp. 365.000 

Alamat lengkap: Jl. Raya Baturaden, Dusun III, Karangtengah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Temukan di Google Map

2. ASTON Imperium Purwokerto (Bintang 4)

Seperti hotel Aston yang berada di kota - kota lain, maka fasilitas dan kenyamanan yang di tawarkan oleh hotel ini sangat baik dan sangat recommended untuk Anda pilih.

Harga sewa kamar / malam : Rp. 800.000
Fasilitas : Kolam renang, sarapan pagi

Alamat lengkap: Jl. Overste Isdiman No.33, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53114
Temukan di Google Map

3. Puri Wisata Hotel

Puri Wisata Hotel lokasinbya cukup strategis karena berada dekat dengan wahana Small World dan Objek Wisata Baturaden. 

Harga sewa kamar / malam : Rp. 200.000

Alamat lengkap: Jl. Raya Baturaden No.KM. 13 No. 38, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Temukan di Google Map

4. Java Heritage Hotel Purwokerto

Java Heritage Hotel berada tidak jauh dari hotel Aston Purwokerto. Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di hotel ini tentu tidak diragukan lagi.

Harga sewa kamar / malam : Rp. 800.000
Fasilitas : Kolam renang outdoor dan sarapan pagi

Alamat lengkap: Jl. Dr. Angka No.71, Karangkobar, Sokanegara, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115
Temukan di Google Map

5. Surya Yudha Hotel Purwokerto (Bintang 3)

Harga sewa kamar / malam : Rp. 305.000
Fasilitas : Kolam renang outdoor dan sarapan pagi

Alamat lengkap: Jl. Gerilya Barat Tj. No.30A, Gandasuli, Karangpucung, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53142
Temukan di Google Map

Demikianlah uraian artikel tentang Tempat Wisata Baturaden Purwokerto. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Alamat Lengkap: Jl. Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Temukan Di Google Map

referensi:
SuaraJawaTengah.id

Post a Comment for "Tempat Wisata Baturaden Purwokerto"