Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pantai Pangandaran, Pantai Indah di Jawa Barat, Indonesia


Pesona Pantai Pangandaran, Pantai Indah di Jawa Barat, Indonesia

Selain obyek wisata Pelabuhan Ratu dan Pantai Karang Hawu, kawasan pantai selatan pulau Jawa khususnya provinsi Jawa Barat juga menyimpan keindahan yang lain. Salah satunya adalah kawasan Pantai Pangandaran yang berada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di desa Pangandaran, Kecamatan Pananjung, Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat. Pantai Pangandaran ini adalah pantai yang luar biasa dan merupakan salah satu yang cukup populer di pulau Jawa.

Kawasan pantai Pangandaran merupakan sebuah kawasan pantai yang memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung. Ada banyak sekali aktivitas dan kegiatan menyenangkan lainnya di sekitar kawasan pantai Pangandaran ini, dan salah satunya adalah sebuah kawasan pantai yang berada di antara dua buah bukit kecil, sehingga para pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam dari tempat yang sangat strategis sekali, angin pantai yang bertiup sepoi - sepoi dan menenangkan, serta pasir putih sangat menakjubkan dengan bawah air yang jernih.

Anda bisa mencoba beberapa aktivitas dan kegiatan yang menjadi hobi Anda, termasuk berenang, berjemur, bermain Jetski, Waterboom, naik perahu, dan memancing. Pondok - pondok kecil atau gazebo yang disediakan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengamati fajar atau matahari terbenam.

Pesona Pantai Pangandaran, Pantai Indah di Jawa Barat, Indonesia

Jika Anda beruntung, maka ketika sedang berkunjung ke pantai Pangandaran ini Anda akan di suguhkan dengan adanya kegiatan ritual berupa sedekah laut yang sangat meriah. Acara tersebut  merupakan ritual yang dilakukan di para nelayan Pangandaran sebagai wujud dalam rasa syukur mereka atas karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini biasanya diadakan di bulan Muharram (Suro).

Akses Ke Pantai Pangandaran

Untuk menuju ke kawasan pantai Pangandaran Jawa Barat ini tersedia beragam pilihan transportasi yang bisa di pilih oleh para wisatawan. Begitu banyak cara menuju ke kawasan Pantai Pangandaran di Jawa Barat ini, mulai dari jalur darat hingga melewati jalur udara.

Sebagai contoh bagi Anda yang berasal dari Kota Jakarta, maka Anda ke Pantai Pangandaran dengan cara naik bus, dengan lama perjalanan sekitar tujuh jam. Ongkosnya sekitar Rp. 90.000. Selain itu Anda juga bisa naik kereta api dari Stasiun kereta api Gambir di Jakarta Pusat menuju ke Stasiun Banjar. Jarak tempuh perjalanannya sekitar delapan jam, dengan tiketnya mulai dari Rp.110.000, dan dari stasiun Banjar Anda  bisa melanjut perjalanan menggunakan bus umum menuju ke kawasan pantai Pangandaran.

Jika perjalanan Anda ingin lebih cepat sampai, maka Anda bisa memilih penerbangan dari Jakarta ke Pangandaran menggunakan pesawat milik PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air). Lama perjalanannya sekitar 45 menit dengan harga tiket pesawatnya sekita Rp. 824.000. DDan bagi Anda yang  ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda tidak perlu merasa khawatir akan tersesat karena jalan menuju ke Pantai yang satu ini sudah bisa di akses di Google Maps.

Aktivitas Di Pantai Pangandaran 

Banyak sekali kegiatan dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Pangandaran  Jawa Barat ini, mulai dari berenang, dan berjemur di pantai. Anda juga bisa mencoba berbagai macam permainan yang di sediakan oleh pihak pengelola, karena pengelola Pantai ini juga menyediakan berbagai pilihan wahana seperti watersport, banana boat, jetski, big mable boat, aqua glade, dan yang lainnya. Harganya cukup bersahabat dan juga terbilang murah di mulai dari Rp. 30.000 - Rp. 300.000. 

Satu hal lagi yang cukup spesial yaitu di sekitar Pantai yang satu ini terdapat sebuah cagar alam yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai tersebut. Dengan demikian maka Anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan atau satwa liar, seperti monyet, rusa, kerbau, dan yang lainnya. Jika Anda menjelajah lebih jauh, maka Anda juga bisa melihat gua dan air terjun yang sangat indah di kawasan pantai tersebut.

Berikut ini adalah informasi mengenai harga tiket masuk ke Pantai Pangandaran , antara lain :
  • Pejalan kaki : Rp. 6.000
  • Motor : Rp. 15.000
  • Kendaraan jenis Sedan atau Jeep : Rp. 35.000
  • Kendaraan jenis Carry : Rp. 65.000
  • Mobil penumpang besar (bus) : Rp. 93.000
Note : Harga tersebut mungkin bisa berubah sewaktu - waktu.

Di bawah ini adalah beberapa kawasan Pantai di Pangandaran yang bisa Anda kunjungi, antara lain :
  • Pantai Pananjung, merupakan sebuah pantai yang berada di sisi bagian barat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dan pengunjung. Pantai ini memiliki landscae pantai yang landai dengan pasir pantai yang luas. Selain itu, di sepanjang pantai tersebut banyak juga banyak tempat yang menjual aneka makanan sehingga  sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.
  • Pantai Timur Pangandaran, merupakan kawasan pantai yang lebih tenang dibandingkan pantai pananjung di bagian barat, di pantai ini sangat cocok sekali sebagai tempat nongkrong dan ngopi bersama dengan teman-teman ataupun kerabat. Selain itu, Anda juga bisa melihat tambak ikan di tengah teluk, dimana ketika malam hari lampu-lampu tambak terlihat sangat unik jika dilihat di sisi pantai.
  • Pantai Cagar Alam Pananjung, merupakan area taman wisata yang terletak diantara pantai timur dengan pantai barat Pangandaran. Anda bisa melihat berbagai jenis satwa liar seperti rusa, monyet ekor panjang, lutung, dan banteng. Selain itu, disini terdapat juga gua yang masih tampak sangat alami ataupun gua buatan semasa masa penjajahan Jepang dulu.
  • Pantai Batu Hiu, pantai ini berlokasi kurang lebih 14 Km dari Pangandaran. Pantai ini memiliki tebing-tebing karang yang terjal, dan dari atas tebing tersebut maka Anda bisa menikmati panorama laut yang indah. 
  • Pantai Karang Nini, yakni pantai yang berlokasi kurang lebih 10 Km dari Pangandaran. Pantai ini bisa kita capai bahkan sebelum kita sampai di pantai pangandaran. Lokasi pantai ini terlihat cukup unik karena berada di belakang hutan.

Alamat lengkap pantai Pangandaran : Pananjung, Kec. Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46396
Temukan di Google Map

Itulah artikel tentang Pesona Pantai Pangandaran, Pantai Indah di Jawa Barat, Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Pesona Pantai Pangandaran, Pantai Indah di Jawa Barat, Indonesia"