Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Jogja dan Sekitarnya

puncak-becici
credit:instagram@mas_gregmanjogja

Jelajahi keindahan alam dan warisan budaya yang kaya di tempat wisata Jogja dan sekitarnya. Nikmati pemandangan gunung, pantai, gua, serta bangunan bersejarah yang memukau. Temukan tempat-tempat menarik untuk berlibur dan bersantai di sini.

Jogja dan sekitarnya merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Selain kaya akan warisan budaya, kawasan ini juga dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau. Mulai dari gunung yang menjulang tinggi hingga pantai yang menawarkan pesona mistik, serta gua-gua yang menyimpan petualangan seru. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Indonesia.

1. Candi Prambanan

credit:instagram@jogjaimages

Ini adalah candi yang memiliki bentuk yang penuh keanggunan dan terkenal sebagai salah satu ikon budaya Indonesia. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya yang tidak jauh dari Candi Borobudur seakan ingin menunjukkan kepada Anda tentang keharmonisan antara umat Budha dan Hindu di Pulau Jawa, tidak hanya pada masa lalu tetapi juga saat ini.

Selama Anda berada di sini, sebaiknya Anda mengambil sebanyak mungkin foto yang Anda inginkan karena pemandangan candi yang berdiri kokoh dan reruntuhan candi-candi yang indah. Tiket masuk yang telah Anda beli berlaku untuk satu hari penuh, sehingga Anda dapat masuk dan keluar area Prambanan sesuka hati. Ini berarti bagi para fotografer, Anda dapat mengambil foto pada waktu yang berbeda-beda dalam sehari. Menarik, bukan?

Rute Menuju ke Candi Prambanan

Berikut adalah rute menuju Candi Prambanan dari Jakarta:

Pertama, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta menuju Bandara Internasional Adisutjipto di Yogyakarta. Setelah itu, Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi umum lainnya untuk menuju Candi Prambanan yang berjarak sekitar 17 kilometer dari bandara. 

Alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir di Jakarta menuju Stasiun Tugu di Yogyakarta, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan taxi atau transportasi umum lainnya menuju Candi Prambanan. 

2. Malioboro

malioboro-jogja

Setelah sampai di Malioboro, Anda akan menemukan banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari berbelanja sepanjang jalan Malioboro dan mengunjungi setiap toko di pasar Beringharjo pada siang hari, hingga menikmati makanan lesehan dan Angkringan pada malam hari. 

Anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukan seni sambil berjalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro. Bahkan hanya duduk santai di kursi depan Monumen Serangan 11 Maret akan membawa Anda pada suasana romantis dan kenangan di kota ini.

Di sini, deretan pedagang kaki lima menawarkan berbagai barang unik dan menarik. Mulai dari batik, aksesoris etnik, tas, hingga perabotan rumah tangga seperti taplak meja dan lampu. Semua barang tersebut dijual dengan harga yang miring, selama Anda pandai menawar. 

Selain itu, di kawasan ini terdapat juga Mirota Batik, sebuah toko yang menjual pakaian, aksesoris, tas, hiasan rumah, alat musik tradisional, dan souvenir unik. Namun, harga di toko ini tidak bisa ditawar.

Rute ke Malioboro

Untuk menuju ke Malioboro dari Jakarta, Anda bisa menggunakan moda transportasi udara atau darat. Jika menggunakan pesawat, Anda bisa terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ke Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Setelah tiba di Yogyakarta, Anda bisa menggunakan taksi atau transportasi online seperti Grab atau Gojek untuk menuju ke Jalan Malioboro yang terletak di pusat kota Yogyakarta. 

Jika menggunakan moda transportasi darat, Anda bisa naik kereta api dari Stasiun Gambir Jakarta ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari Stasiun Tugu, Anda bisa menggunakan taksi, transportasi online, atau angkutan umum untuk menuju ke Jalan Malioboro yang terletak sekitar 2,5 km dari stasiun. 

3. Gunung Merapi

gunung-merapi
credit:instagram@gunungmerapiyogyakarta

Wisata lava tour mengenai jejak letusan Gunung Merapi 2010 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Di Dusun Manggung, Umbulharjo, bekas terjangan awan panas dan lava Merapi yang sudah dingin dapat didekati langsung. Bagi Anda yang selama ini hanya melihat material Merapi dari televisi atau surat kabar, kini dapat melihatnya dari dekat. 

Bagi penggila tantangan, mendaki ke puncak Gunung Merapi adalah petualangan yang memacu adrenalin. Meskipun sulit, pemandangan indah dan menakjubkan dari salah satu gunung berapi aktif terbesar di dunia menunggu Anda di puncak. 

Terdapat pos di atas gunung yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan wilayah Jawa dan lereng gunung di sekitarnya. Dengan bangun di dini hari dan berangkat pagi hari, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dari Gunung Merapi. Panorama matahari terbit 360 derajat dari bibir kawah sangat indah dan menakjubkan. 

Pendakian ke puncak Gunung Merapi memerlukan waktu sekitar 5 jam untuk naik dan 3 jam untuk turun tergantung pada tingkat kebugaran Anda. Anda dapat mengatur pendakian ke puncak Gunung Merapi dengan pemandu berpengalaman melalui Ekspedisi Indonesia.

4. Keraton Jogja

keraton-jogja

Keraton Yogyakarta merupakan kompleks yang dirancang secara detail sebagai manifestasi kosmologi Jawa. Kompleks ini merupakan contoh arsitektur tradisional Jawa yang tak tertandingi. 

Dibangun secara bertahap hingga selesai pada tahun 1790, paviliun di kompleks Keraton Yogyakarta dibangun menurut kepercayaan kuno dan masing-masing fiturnya, seperti halaman dan pohon, memiliki arti simbolis khusus yang terkait dengan filsafat Jawa yang kompleks.

Anda dapat berjalan-jalan di sekitar istana dan menelusuri setiap detail kecil di dalam kompleks kerajaan. Saat memasuki istana, Anda akan merasakan suasana yang sejuk dan tenang, menjauh dari panas, keramaian, dan kegaduhan dunia luar. Anda dapat menikmati suasana yang damai sambil berjalan-jalan di sekitar istana. 

Di pintu masuk utama, Anda akan menemukan sebuah penghalang besar atau baturana yang dirancang untuk mencegah roh jahat masuk. Dipercayai bahwa roh jahat sulit untuk berbelok ke sudut dan lebih memilih untuk berjalan lurus.

Rute ke Keraton Jogja

Untuk menuju ke Keraton Yogyakarta dari Jakarta, Anda dapat memilih beberapa jalur transportasi seperti pesawat terbang, kereta api, atau bus. Jalur transportasi paling umum yang digunakan adalah pesawat terbang dengan tujuan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. 

Setelah tiba di bandara, Anda dapat naik taksi, Gojek/Grab, atau bus menuju ke Keraton Yogyakarta. Jika Anda memilih naik taksi atau Gojek/Grab, jarak tempuh dari bandara ke keraton sekitar 20-30 menit tergantung kondisi lalu lintas. 

Namun, jika Anda memilih naik bus, Anda dapat menaiki bus Trans Jogja menuju halte Jombor, kemudian berganti ke angkutan umum seperti angkot atau bus menuju ke Keraton Yogyakarta. Setelah tiba di keraton, Anda dapat menikmati keindahan sejarah dan budaya yang ada di dalamnya.

5. Resor Kaliurang

resor-kaliurang
credit:instagram@dresortkaliurangyk

Resor Kaliurang menawarkan bukan hanya pemandangan hijau yang indah, tetapi juga udara yang sejuk. Jika Anda ingin melepas penat dari keramaian kota dan kesibukan sehari-hari, tempat ini adalah pilihan yang tepat. 

Terletak di lereng selatan Gunung Merapi, sekitar 28 kilometer dari Yogyakarta, resor ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Merasakan hawa sejuk yang menyegarkan adalah salah satu kenikmatan yang dapat Anda rasakan di sini, selain bersantai, berenang, dan jalan-jalan. Suasana nyaman ini akan membuat Anda betah tinggal lebih lama di sini, seolah-olah menginap di sebuah lukisan alam yang indah.

Rasakan keindahan pemandangan tropis di sini. Saat matahari bersinar terik, Anda dapat menikmati panorama pegunungan yang dramatis dan cakrawala biru samudera Hindia, atau sekedar berjalan-jalan menikmati udara segar dan panorama yang menawan. Air Terjun Tlogo Muncar dan kolam renangnya adalah tempat yang terkenal untuk berenang di Kaliurang. 

Bagi yang berjiwa petualang, Kaliurang juga dapat dijadikan sebagai markas pendakian Gunung Merapi, salah satu gunung berapi yang masih aktif di dunia. Para pendaki gunung yang menginap di Kaliurang biasanya memulai pendakian pada pagi hari dan turun kembali pada siang hari.

Rute ke Resor Kaliurang

Untuk menuju ke Resor Kaliurang dari Semarang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau kereta api. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur Semarang - Solo - Yogyakarta dan kemudian menuju ke arah Kaliurang. Jarak perjalanan sekitar 120 km dan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Terboyo Semarang ke Terminal Giwangan Yogyakarta. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum atau taksi menuju ke Resor Kaliurang yang berjarak sekitar 28 km dari Yogyakarta. 

Alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api dari Stasiun Tawang Semarang menuju Stasiun Yogyakarta dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau taksi.

6. Goa Jomblang

goa-jomblang

Selain kekayaan budaya yang lestari, Yogyakarta juga dikelilingi oleh alam yang indah. Mulai dari Gunung Merapi hingga Pantai Parangtritis yang menawarkan nuansa mistik. Kawasan batu karst Sewu juga menjadi salah satu tempat yang indah dan membentang dari Kabupaten Gombong di Jawa Tengah hingga ke Kabupaten Pacitan di Jawa Timur. Di sini, terdapat gua yang menawarkan petualangan yang istimewa.

Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Jomblang. Goa ini merupakan salah satu dari ratusan goa yang terdapat di Gunung Kidul. Jomblang adalah goa vertikal yang terbentuk oleh proses geologi ketika tanah dan semua vegetasi di atasnya runtuh ribuan tahun yang lalu. 

Mulut goa Jomblang memiliki diameter 50 meter yang juga berfungsi sebagai pintu masuk. Goa vertikal disebut sebagai luweng secara lokal, dan itulah sebabnya goa ini dikenal sebagai Luweng Jomblang. 

Untuk menyusuri goa ini, Anda harus memiliki kemampuan caving yang memadai dan juga dilengkapi dengan alat seperti Rope Technique Tunggal (SRT), yaitu tali yang digunakan untuk naik dan turun secara vertikal. Namun, bukan berarti pemula tidak bisa menikmatinya karena banyak penjelajah goa profesional yang bisa membimbing Anda untuk mencapai dasar goa.

Rute ke Goa Jomblang

Untuk menuju ke Goa Jomblang dari Semarang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau kereta api menuju ke stasiun Yogyakarta. Dari sana, Anda dapat menyewa kendaraan atau naik bus ke arah kecamatan Pacarejo, Kabupaten Gunungkidul. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan naik motor menuju basecamp Goa Jomblang. 

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda dapat menggunakan jasa tur yang disediakan oleh agen perjalanan yang akan membawa Anda dari Semarang hingga ke basecamp Goa Jomblang dengan transportasi yang nyaman. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik karena perjalanan ke Goa Jomblang membutuhkan keahlian khusus dan peralatan yang sesuai untuk menjelajahi gua tersebut.

Jadi, apapun jenis liburan yang Anda inginkan, Jogja dan sekitarnya memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nikmati pesona alam yang indah, jelajahi warisan budaya yang kaya, dan berpetualang di gua-gua menarik. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat merasakan pengalaman unik di bangunan-bangunan bersejarah dan mencicipi kuliner khas daerah ini. Ayo, rencanakan liburan Anda ke Jogja dan sekitarnya sekarang!

Post a Comment for " Tempat Wisata Jogja dan Sekitarnya"