Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Berpetualang di Gunung Rinjani Lombok

Tips Traveling: Berpetualang di Gunung Rinjani Lombok

Anda yang mengaku pecinta alam dan menyukai tantangan, harus mengunjungi tempat yang satu ini. Gunung Rinjani Lombok adalah salah satu gunung yang menjadi sasaran para pendaki di Indonesia. 

Selain alamnya yang masih asli, pemandangannya juga terkenal sangat indah. Gunung yang luasnya 41 ribu hektar dan menjadi batas wilayah Lombok Timur, Tengah, dan Barat ini sudah menjadi salah satu taman wisata nasional di Indonesia.

Eksotisme Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terdapat di Pulau Lombok. Gunung ini masih berstatus aktif, dan meletus terakhir kali tahun 1994 lalu. Tapi justru karena status aktif inilah Gunung Rinjani Lombok menjadi penuh tantangan. 

Gunung berapi tertinggi kedua di negara kita ini, memiliki puncak lebih dari 3,7 kilometer di atas permukaan laut. Selama mendaki, Anda akan disuguhi pemandangan alam pulau Lombok yang indah. Salah satunya adalah danau kawah Segara Anak yang sangat eksotis.

Kalau Anda mendaki dari sisi barat, Anda akan melihat pemandangan air terjun dan sungai dengan kedalaman 200 meter lebih yang begitu mempesona. Anda yang hobi memancing, tidak ada salahnya memancing dulu di sungai ini sebelum Anda menaklukkan puncak Rinjani. Ini karena banyak ikan mas dan mujair yang berenang bebas di sungai ini.

Jika Anda mendaki dari sisi timur, Anda akan melihat Gunung Baru atau Gunung Kawah yang punya kawah seluas 34 ribu meter persegi. Gunung kecil ini sarat tantangan karena sempat meletus awal Mei 2009 lalu, dan menewaskan 31 orang.

Suhu udara di Gunung Rinjani Lombok tidak terlalu ekstrim, yaitu antara 12 sampai 20 derajat celcius. Kalau Anda ingin merasakan nuansa yang sangat alami dan tenang, hindari mendaki Gunung Rinjani antara bulan Juni sampai Agustus karena tempat ini sangat ramai pengunjung. 

Selain itu, angin paling kencang juga terjadi di bulan Agustus, jadi sediakan jaket ekstra kalau ingin mendaki di bulan ini.

Akses ke Gunung Rinjani

jalur-trekking-rinjani

Anda yang tidak sabar ingin segera mengunjungi tempat ini, Anda bisa memilih beberapa rute alternatif. Kalau Anda menggunakan pesawat, Anda harus cari penerbangan yang melayani rute ke bandara Selaparang Mataram.

Dari bandara, Anda bisa menempuh kawasan ini dengan jalur darat. Anda bisa mencarter mobil (kalau Anda pergi berombongan), atau Anda bisa gunakan kendaraan umum yang lumayan banyak beroperasi di sekitar bandara.

Tapi para backpacker dan pendaki tulen, biasanya lebih memilih jalur darat untuk mengakses Gunung Rinjani Lombok. Ini tentu saja sangat dimungkinkan karena sudah banyak bis antar kota yang melayani rute langsung ke Mataram (misalnya Jakarta-Mataram, Surabaya-Mataram, dan sebagainya).

Di bulan-bulan ramai, biasanya para pendaki ini saling berkenalan satu sama lain dan bekerja sama menaklukkan puncak Rinjani. Di tempat ini, Anda tidak perlu khawatir tersesat, terlantar, atau kehilangan teman Anda. Karena sejak berstatus taman nasional, keamanan dan fasilitas untuk para pendaki di Gunung Rinjani Lombok sudah lebih diutamakan.

Post a Comment for " Tips Traveling: Berpetualang di Gunung Rinjani Lombok"