Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Sejuta Pesona Gunung Rinjani

Tips Traveling: Sejuta Pesona Gunung Rinjani

Anda tahu gunung Rinjani? Ya, gunung yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini adalah kawasan wisata yang telah dikenal dunia internasional. Pada 2004, kawasan ini menerima penghargaan dunia, yakni 'World Legacy Award' dari National Geographic sebagai daerah wisata yang berhasil mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata. Banyak sekali wisatawan asing yang menyempatkan diri untuk menikmati keindahan gunung Rinjani.

Jika Anda hendak melakukan kemping di Gunung Rinjani Anda harus mencari tahu jadwal dibukanya musim pendakian di gunung ini, karena ketika musim hujan dan angin kencang pengelola Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan menutup kawasan gunung Rinjani karena berbahaya untuk melakukan pendakian.

Akses Jalan ke Rinjani

Untuk mencapai Balai Taman Nasional Gunung Rinjani ini ada berbagai macam jalur, namun bagi Anda yang masih asing dengan wilayah Lombok dan Mataram, disarankan untuk menempuh perjalanan melalui jalur Sembalun Lawang. Jalur pendakian ini relatif murah dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Saat Anda tiba di pelabuhan laut Lembar, naik kendaraan umum menuju terminal Mataram, kemudian carilah minibus (elf) dengan trayek jurusan Mataram-Aikmel, sekitar 1 jam perjalanan. Sampailah di kawasan Aikmel, di sini Anda akan menggunakan kendaraan elf yang langsung menuju pos pendakian Sembalun Lawang.

Di pos Sembalun Lawang Anda diharapkan untuk mendaftarkan diri sebelum mendaki gunung Rinjani, di pos ini petugas juga memberikan arahan tempat yang sebaiknya Anda pilih untuk berkemah, hal-hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan,seperti membuang sampah sembarangan atau tidak mematikan api dengan benar itu berbahaya.

Bagi Anda yang baru pertama kali berwisata naik dan kemping di gunung, di sini banyak penduduk asli yang menyediakan jasa guide (pemandu) dan porter (pengangkut barang) untuk membantu Anda mendaki Gunung Rinjani, jadi tak perlu khawatir.

Daya Tarik Rinjani

Tips Traveling: Sejuta Pesona Gunung Rinjani

Pendakian gunung Rinjani adalah petualangan yang lengkap. Anda akan disuguhi pemandangan padang sabana, keanekaragaman hayati, hewan-hewan liar seperti burung, monyet, ayam hutan bahkan ular. Tapi tenang, Gunung Rinjani bisa dikatakan aman dari ancaman binatang buas.

Medan yang Anda lalui memang lumayan berat. Cuaca yang cepat berganti, tanah kering dan tandus dapat menyerap stamina kita, jika Anda sudah kelelahan sebaiknya beristirahat, karena tanjakan terjal dengan jurang menganga membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian dalam melangkah.

Pos terakhir sebelum menuju puncak Rinjani adalah Plawangan Sembalun Lawang yang terletak di lereng penyangga danau Segara Anakan, Anda bisa berkemah di sini untuk sejenak menghilangkan kelelahan dengan menikmati pemandangan danau raksasa yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani.

Dari pos terakhir ini Anda bisa melanjutkan naik menuju puncak Gunung Rinjani atau turun ke danau Segara Anakan, kedua obyek ini bisa Anda pilih, naik dulu untuk menikmati pemandangan puncak gunung Rinjani, baru kemudian turun untuk melihat pesona danau Segara Anakan.

Di danau Segara Anakan Anda bisa merendamkan badan untuk menghilangkan pegal-pegal selama perjalanan, karena diyakini penduduk lokal air dari danau Segara Anakan mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tertarik? silakan mencoba, Rinjani menunggu Anda.

Post a Comment for " Tips Traveling: Sejuta Pesona Gunung Rinjani"