Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Menikmati Bandung dari Sudut yang Berbeda

Tips Traveling: Menikmati Bandung dari Sudut yang Berbeda
credit:instagram@bandung update_

Kota Bandung, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kembang ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk menghabiskan liburan, terutama pada akhir pekan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, menjadikan Bandung sebagai tempat asyik berlibur di akhir pekan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Bandung merupakan surga belanja dan makanan. Di kota ini penuh berderet toko-toko pakaian anak muda maupun FO (Factory Outlet), toko-toko sepatu buatan seniman muda Bandung juga banyak. 

Belum lagi restoran dan warung-warung makan dan jajanan khas Bandung seperti, batagor, kue molen, cheese stick, dan makanan enak lainnya.

Namun, apakah Anda pernah menikmati suasana lain dari Bandung seperti melihat Bandung dari ketinggian gunung batu?

Gunung batu terletak satu kilometer di selatan wilayah Lembang, Bandung. Gunung batu ini semacam bukit, di sebuah alur perbukitan yang memanjang dari timur ke barat. 

gunung-batu
credit:instagram@jabargram

Suasana di gunung batu ini terbilang tenang, udaranya juga sejuk. Dari puncak gunung batu ini Anda bisa melihat pemandangan indahnya hamparan cekungan Bandung.

Tak hanya itu, dari arah ini Anda bisa melihat dengan jelas berapa jumlah gunung-gunung yang mengitari kota Bandung, dari mulai Gunung Patuha, Malabar, Mandalawangi, Manglayang, Bukit Tunggul hingga ke Tangkuban Perahu. 

Berada di gunung batu ini Anda berkesempatan untuk melihat Sesar Lembang. Sesar Lembang adalah patahan yang diakibatkan letusan dahsyat Gunung Sunda. Anda bisa melihat jejak patahan ini dari tebing-tebing batu di sekitar gunung batu dengan jelas.

Jika aktif dan bergeser, Sesar Lembang akan mengakibatkan gempa bumi berkekuatan hampir 7,5 SR. Walaupun Sesar Lembang sudah tidak bergerak secara signifikan selama ratusan tahun, namun pemerintah setempat tetap waspada. 

Seismograf pun dipasang untuk mencatat getaran-getaran gempa bumi. Tidak hanya itu, di sekitar gunung batu ini terdapat onggokan batu-batu yang terbentuk dari sisa-sisa letusan Gunung Sunda yang berumur kira-kira 508.000 tahun.

Bagi Anda yang memiliki kegemaran panjat tebing, area gunung batu ini adalah medan petualangan baru untuk mengasah kemampuan Anda. 

Namun bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman, jangan mencobanya karena tebing di sini cukup terjal. Tebing yang terjal ini oleh masyarakat Bandung Utara sering disebut Tebing Cikidang.

Saat malam hari, pesona pemandangan indah lainnya bisa didapatkan di gunung batu. Jika langit cerah, ribuan bintang yang terbentang di langit seakan begitu dekat dengan Anda. Saat memandang luas ke bawah, hamparan lampu kota yang kerlap-kerlip memberikan pesonanya tersendiri untuk Anda nikmati.

Satu hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mempersiapkan tikar dan bekal untuk bersantap malam sambil menikmati pemandangan kota Bandung dan Lembang di waktu malam. Sungguh pengalaman baru menikmati Bandung dari sudut yang berbeda, Anda perlu mencobanya!

Post a Comment for " Tips Traveling: Menikmati Bandung dari Sudut yang Berbeda"