Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menulis Jurnal Traveller

Tips Menulis Jurnal Traveller
credit:instagram@vhptama_

Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh para traveler. Alasannya pun beragam, mulai dari rasa ingin berbagi, sebagai catatan atau dokumentasi pribadi, sampai sebagai kenangan. 

Apalagi dengan maraknya blog yang dapat diakses secara free atau gratis, kegiatan menulis dapat menjadi salah satu kegiatan positif di waktu senggang Anda.

Berbicara tentang menulis kegiatan liburan atau traveling, tak sedikit dari mereka yang bingung untuk memulainya. Kebanyakan dari mereka hanya menumpahkan rasa yang dialami selama liburan tanpa menekankan salah satu faktor. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan bagi penulis amatir, antara lain:

1. Buat tulisan yang informatif dan secukupnya

Selalu perkirakan informasi apa yang dibutuhkan oleh pembaca, dan kemas secara singkat dan padat. Pembaca cenderung bosan apabila membaca tulisan yang terlalu bertele-tele. Contohnya mengenai harga tiket, atau data penting.

2. Buatlah daftar atau list

Sebuah kerangka tulisan sangatlah penting. Disini penulis dapat menghasilkan beberapa karya tulisan travel. Pertama dengan gaya menceritakan salah satu destinasi, dan atau menceritakan atau menjelaskan tentang tempat liburan yang menjadi tujuan penulis.

3. Tulislah minimal satu postingan setiap bulannya

Semakin banyak informasi travel yang kamu posting, semakin banyak juga pembaca yang datang mencari informasi. Dengan adanya updating secara berkala, ini juga membuat blog penulis dapat ditunggu-tunggu. Ibarat kata, semacam majalah atau tabloid yang setiap bulan/minggu selalu ditunggu oleh pembaca setianya.

4. Berceritalah berdasarkan pengalaman

Ada yang sering terjebak dengan pemahaman ini. menceritakan pengalaman disini lebih kepada menceritakan pengalaman unik atau yang terbaik saja. Jangan terlalu detail seperti buku harian.

5. Jangan lupa foto atau video

Demi kelengkapan data serta tidak dibilang Hoax (red) ceritakan tulisan dilengkapi foto atau video. Dengan kualitas yang bagus dapat membuat postingan kamu betah dibaca orang.

6. Publikasi di social media

Selalu menautkan postingan blog terbaru ke akun sosmed. Jadi apabila ada tulisan baru, link nya akan muncul secara otomatis. Dan hal ini juga akan mempengaruhi traffic blog.

Post a Comment for " Tips Menulis Jurnal Traveller"