Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Petungkriyono Pekalongan yang Populer

 

Wisata Alam Petungkriyono Pekalongan yang Populer
credit:instagram@petunghits

Salah satu tujuan tempat wisata di Pekalongan yang mempunyai keelokan surganya alam bebas ada di wisata alam Petungkriyono. Tidak bisa di sangkal memang keelokan alam yang ada di Petungkriyono ini menyimpan surganya alam bebas yang perlu Anda kunjungi.

Kemungkinan Anda pernah mendengar tempat wisata Green Canyon yang berada di Pangandaran yang begitu populer, namun rupanya di Pekalongan juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah cantiknya yang bernama kedung Sipingit atau Black Canyon.

Kedung Sipingit atau Black Canyon

black-canyon
credit:instagram@blackcanyonpetungkriyono

Kedung sipingit atau dikenal dengan nama Black Canyon ini adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Dusun Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. 

Petungkriyono memang menyimpan banyak tempat wisata yang cukup cantik yang belum banyak didatangi oleh para pelancong (wisatawan) karena memang masih dalam tahap peningkatan. Tapi tempat wisata yang ada disana sangat menarik dan tidak kalah dengan tempat wisata yang lain.

Sungai Welo

welo-river
credit:instagram@mendingrebahan

Kedung Sipingit atau Black Canyon mempunyai panorama yang paling mengagumkan, derasnya aliran air dari sungai Welo yang berwarna jernih kehijauan dengan di hiasi oleh dinding tebing yang tinggi berwarna kehitaman menambah keelokan daya tarik alamnya. 

Aliran air sungai Welo cukup deras sehingga membuat tempat ini benar-benar pas dipakai untuk mengetes keberanian Anda. Buat Anda yang menyukai dengan olahraga yang mengetes adrenalin, seperti river tubing, trekking dan body rafting maka tempat ini sangat cocok untuk Anda.

Jalur Perjalanan ke arah Weloriver

Untuk menuju tempat lokasi wisata ini, dari pusat kota Pekalongan berjarak sekitar 34 km melewati jalan Pekalongan ke Doro dan memerlukan waktu tempuh selama 1 jam 30 menit. 

Setelah tiba di depan gapura selamat datang ekowisata Petungkriyono seterusnya ke arah dusun kayupuring dalam jarak 5 km sampai di basecamp river tubing Welo river kedung sipingit.

Basecamp weloriver

Setelah tiba di basecamp, Anda akan dikenai tarif masuk sekitar Rp. 75.000. Tarif tersebut terhitung paket wisata yang hendak Anda peroleh yakni sarana seperti kendaraan ke start point (PP), drink di basecamp weloriver, makan siang, dokumentasi, safety tools, helmet, live jackets, sertifikat dan guide atau pelatih. 

Untuk tarif tiket dapat berbeda sesuai dengan perkembangan tempat wisatanya. Karena tempat wisatanya masih berupa alam bebas dan jalurnya cukup sulit maka diperlukan pemandu (guide) di perjalanan wisata itu untuk keamanan Anda dan rombongan Anda.

Bodi Rafting Kedung Sipingit

Basecamp welo river umumnya membatasi untuk sekali trip tubing minimum lima orang sampai optimal 20 orang sepanjang lebih kurang 4 jam, semuanya untuk kenyamanan dan keamanan para pelancong (wisatawan).

River tubing Kedung Sipingit

Sepanjang 4 jam Anda akan dimanja dengan panorama alam yang paling mengagumkan, pemandangan cantik dengan bentangan rimba luas dan masih terasa sejuk. Sensasi yang Anda alami saat river tubing di sungai Welo yang arusnya cukup deras akan memicu adrenalin dan membuat serunya wisata Anda makin terasa lengkap.

Panduan Berekreasi

Untuk Anda yang menyukai dengan rintangan dan untuk mengetes adrenalin Anda, kemungkinan tempat ini benar-benar pas buat Anda kunjungi, tetapi untuk yang penakut saya anjurkan tidak boleh ikut mencoba sarana ini dan cukup menyaksikannya saja. 

Karena tempat ini masih ada di alam bebas yang masih asri dengan arus sungai yang deras dan beberapa tebing yang terjal. Untuk kenyamanan bersama kita tetap harus menjaga keselamatan dan melestarikan alam kita ini dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah informasi tentang Wisata Alam Petungkriyono Pekalongan yang Populer. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Wisata Alam Petungkriyono Pekalongan yang Populer"