Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Lombok, Pedas!

kuliner-lombok
credit:instagram@hannybee92

Berdasarkan letaknya, Lombok masuk dalam kepulauan Sunda Kecil atau biasa disebut kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini memiliki kekhasan, layaknya pulau-pulau lain di Indonesia.

Salah satu hal yang membuatnya berbeda adalah jenis kuliner yang disajikan. Karena cita rasanya yang khas, makanan khas Lombok selalu menjadi buruan setiap warga yang tengah berkunjung.

Berdasarkan letak geografis, Pulau Lombok bertetangga dengan dua pulau lain, yaitu Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Ketiganya dipisahkan oleh Selat Lombok di bagian barat dan Selat Alas di bagian timur. Pusat pemerintahan Pulau Lombok terdapat di kota Mataram.

Makanan Khas Lombok

Makanan khas Lombok memang cenderung memiliki citarasa yang pedas dan berempah. Namanya saja sudah lombok, yang dalam bahasa Jawa artinya 'cabai'. Maka dari itu, tidak heran bila hampir semua makanan khas Lombok tersebut berasa pedas.

Ketika berkunjung ke pulau Lombok, kita dijamin tidak akan kesulitan menemukan warung-warung makan yang menjual beragam makanan khas tersebut. Warung-warung makan tersebut terbuat dari tenda-tenda dadakan yang memang sengaja didirikan.

Biasanya, warung-warung tenda itu justru akan lebih ramai pengunjung pada malam hari menjelang waktu tengah malam. Oleh sebab itu, tidak heran bila warung tenda tersebut biasanya akan tetap buka hingga dini hari.

Jadi, bila perut keroncongan tengah malam, kita bisa mengunjungi warung-warung tenda yang ada di sepanjang jalan protokol seraya menikmati suasana Pulau Lombok di malam hari. Makanan yang disajikan oleh warung tenda tersebut bermacam-macam.

Tentu saja, semua yang tersaji merupakan makanan khas Lombok, seperti ayam taliwang dan plecing kangkung. Kedua menu makanan tersebut, sepertinya, sudah tidak asing lagi ditelinga para penikmat kuliner Indonesia.

Ayam Taliwang

ayam-taliwang
credit:instagram@kiki-dauli

Seperti namanya, ayam taliwang merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari ayam dan berasal dari sebuah daerah di Sumbawa Barat bernama Taliwang. 

Bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan ayam taliwang bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional atau warung-warung kecil milik warga, seperti bawang merah dan putih, kencur, terasi, tomat, garam, dan gula.

Karena citarasa ayam taliwang adalah pedas, bumbu terpenting yang tidak boleh ketinggalan adalah cabai.

Plecing Kangkung

Makanan khas Lombok lain yang sering disajikan bersama ayam taliwang adalah plecing kangkung. Plecing kangkung juga terkenal di Bali, tetapi tetap saja citarasa antara plecing kangkung Bali dan Lombok berbeda. Tidak berbeda dengan makanan khas Lombok lainnya, plecing kangkung juga memiliki rasa yang pedas.

Cabai dalam Makanan Khas Lombok

Penggunaan cabai atau lombok dalam setiap makanan khas Lombok sepertinya memang tidak bisa dihindarkan. Nama plecing sendiri adalah sejenis bumbu olahan yang rasanya dijamin pedas, selain kangkung, ayam juga sering diolah dengan menggunakan bumbu plecing ini.

Selain kedua makanan khas tersebut, Lombok masih mempunyai banyak makanan khas lain yang mempunyai citarasa tidak kalah lezat dan yang pasti pedas. 

Post a Comment for " Makanan Khas Lombok, Pedas!"