Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liburan Ke Jepang? Kenapa Tidak?

liburan-jepang

Kemanakah liburan keluarga Anda tahun ini? Bagaimana dengan liburan ke Jepang? Jepang adalah salah satu tempat liburan impian bagi sebagian besar penduduk dunia. Udaranya yang bersih dan eksklusivitas yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Selain sebagai salah satu negara tujuan studi (pendidikan), Jepang juga banyak dikunjungi orang untuk berwisata. Memang, sebagai tujuan liburan Jepang merupakan tempat yang indah. 

Namun perlu di ketahui bahwa penduduk Jepang yang ramah memiliki nasionalisme tinggi sehingga mereka enggan mempelajari bahasa asing. Oleh karenanya, jika Anda bermaksud liburan ke Jepang, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan.

Persiapan sebelum liburan ke Jepang antara lain:

Penentuan Waktu

Jepang adalah negara yang memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Rata-rata setiap musim berlangsung selama 3 bulan. Akan tetapi, setiap tempat di Jepang tidak selalu memiliki musim yang sama pada saat yang sama.

Jadi, pelajari lebih dulu tempat yang akan Anda tuju. Pada saat Anda tiba di sana, suhu berapa derajat Celcius kira-kira yang akan Anda rasakan. Siapkan pakaian yang tepat untuk musim yang tepat. Jika Anda ingin melihat bunga Sakura yang indah, datanglah saat berlangsungnya musim semi.

Paspor dan Visa

Negara Jepang sangat berhati-hati dengan pendatang. Negara lain akan lebih menghormati dan memudahkan Anda jika di dalam paspor anda sudah ada kerabat Anda di Jepang. 

Untuk menghindari masalah di bagian imigrasi, siapkan betul kelengkapan paspor, visa, dan semua dokumen Anda. Akan lebih mudah jika memiliki surat panggilan dari pihak Jepang, seperti perusahaan induk tempat Anda bekerja.

Bahasa

Mempelajari Bahasa Jepang adalah sesuatu hal yang wajib, jika Anda hendak bepergian ke sana. Sedikit sekali warga Jepang yang bisa berbahasa Inggris. Paling tidak Anda harus bisa membaca huruf-huruf hiragana dan katakana serta menguasai kosa kata dasar kehidupan sehari-hari berikut kanjinya.

Dokumentasi

Pengalaman mengunjungi negara ini tentunya tidak ingin Anda lupakan begitu saja. Siapkan juga perlengkapan dokumentasi agar Anda bisa mengabadikan kenangan selama di sana. Minimal bawalah kamera saku digital dengan memori yang cukup untuk menyimpan banyak foto. 

Juga perhatikan view saat Anda akan mengambil gambar. Jangan sampai gambar-gambar yang indah dan penting terpotong.

Khusus Untuk Umat Muslim

Jepang bukanlah negara yang penduduknya mayoritas umat muslim. Bagi Anda yang beragama Islam, ada beberapa persiapan khusus yang perlu Anda perhatikan benar-benar. Carilah jadwal shalat 5 waktu di kota atau perfektur yang akan Anda datangi.

Cari tahu arah mata angin yang menjadi kiblat shalat di tempat tersebut, bawalah kompas untuk menentukan mata angin. Jika Anda tidak memiliki kompas, tidak masalah karena warga Jepang sensitif terhadap arah mata angin. 

Anda tinggal bertanya ke penduduk setempat. Carilah daftar rumah makan halal atau buatlah daftar kanji makanan atau bahan makanan yang haram.

Jadi, apakah liburan ke Jepang juga menjadi tujuan liburan keluarga Anda tahun ini?

Post a Comment for " Liburan Ke Jepang? Kenapa Tidak?"