Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surfing di Lombok: Menantang Gelombang

Surfing di Lombok
credit:@instagram@fir_greensurf

Anda termasuk orang yang memiliki hobi menantang ombak di laut lepas atau berwisata di pantai? Bali mungkin sudah sangat Anda kenal, namun bagaimana dengan Lombok?

Lombok letaknya tidak jauh dari Bali. Keindahan alam dan ombak di sana harus Anda lihat sendiri agar percaya bahwa semuanya memang sempurna.

Pesona alam Lombok begitu menawan dengan pantai-pantai yang masih perawan. Pasir putih bersih terhampar sepanjang pantai. Ombaknya yang besar sangat cocok bagi Anda yang senang surfing.

Kawasan pantai Lombok memiliki gelombang sekitar 300 meter di titik tertentu. Banyak peselancar dari luar negeri memberi istilah ’point X’ pada titik surfing yang menegangkan ini.

Titik-titik tersebut ada di Mawi, Mawun, dan sepanjang pantai selatan Lombok. Bahkan, para peselancar dari Australia memberikan sebuah julukan desert point untuk kawasan pantai Bangko-Bangko yang terletak di Selatan Lombok Barat.

Surfing di Lombok jauh lebih menegangkan daripada di Bali. Dengan ketinggian ombak di atas rata-rata, Anda bisa merasakan wave Anda sendiri.

Berada di dalam lengkung ombak, mengendalikan lajunya di atas kaki Anda, adalah saat-saat yang seru dalam olahraga surfing. Pantai di Lombok memberikan sensasi tersendiri.

Karena belum banyak orang yang datang ke Lombok, jika dibandingkan dengan Bali, pantai di Lombok masih relatif sepi dan bersih. Oleh karena itu, Anda bisa leluasa bermain surfing di sini.

Buat Anda yang ingin belajar olah raga surfing, di Lombok jauh lebih privat sifatnya. Jadi, tidak perlu malu jika masih amatiran karena tidak banyak orang menonton.

Di Lombok, Anda jauh lebih merasa bebas melakukan gerakan-gerakan surfing menurut gaya Anda sendiri. Selain itu, Anda bisa menyewa perahu dari nelayan setempat untuk melakukan observasi titik-titik terbaik untuk surfing di lepas pantai Lombok.

Nelayan di Lombok sangat kooperatif mengantar orang-orang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkeliling melihat keindahan laut sepanjang pantai Lombok.

Selain surfing, Anda bisa melakukan aktivitas olah raga air lainnya, seperti scuba diving ataupun snorkeling. Tempat yang sesuai untuk dua kegiatan tersebut adalah kepulauan Gili.

Kepulauan yang terletak di utara Lombok ini terdiri dari Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiganya merupakan tempat Anda bisa menikmati gradasi warna laut biru munuju hijau yang terbungkus warna kontras dari pasir pantai yang berwarna putih.

Air laut yang begitu bening dan jernih memanjakan mata Anda untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut yang berlimpah dan indah di dalamnya, beragam biota laut, dan ikan warna-warni berenang di sekitar terumbu karang.

Di kepulaan Gili pun, terdapat konservasi penyu atau tempat penyu berkembang biak dan dilindungi karena hewan ini sudah hampir punah diburu orang-orang tidak bertanggung jawab.

Berwisata di Lombok bisa dijadikan alternatif liburan Anda mendatang. Siapkan peralatan surfing Anda dan juga peralatan snorkeling untuk menjelajahi keindahan pantai di Lombok. Happy surfing dan selamat berlibur!

Post a Comment for " Surfing di Lombok: Menantang Gelombang"