Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kebon Raya Cibodas Puncak

Wisata Kebon Raya Cibodas Puncak
credit:instagram@jktdelicacy

Sesungguhnya sejarah dibangunnya kebun raya Cibodas ini tidak lepas dari kebun raya bogor yang dibangun pada tahun 1852, karena kebun raya Cibodas adalah cabang dari kebun raya bogor digunakan untuk mempelajari bermacam jenis tumbuhan luar negeri yang memiliki nilai ekonomis.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, persisnya pada tahun 2003 kebun raya Cibodas sebagai tempat riset untuk instansi ilmu dan pengetahuan indonesia (Lipi) coba berdikari dengan membuat konsorsium sendiri dengan arah sebagai pelestarian dan tempat penelitan tumbuhan hayati.

Untuk posisinya sendiri, kebun raya Cibodas. ada di teritori pucuk di antara lereng gunung besar dusun rarahan, kecamatan cipanas, kabupaten cianjur, provinsi jawa barat, untuk kamu masyarakat jakarta dari jakarta kamu bisa tempuh perjalanan ke puncak bogor lebih kurang 90 Km.

Dengan luas 85 hektar, landscape berbukit bukit, dan kelembapan 81 % dan temperatur rerata range 20 derajat, sebagai lokasi yang pas untuk bermacam jenis tumbuhan atau species tanaman cara yang ada di luar negeri atau dalam negeri, patut lah lipi untuk jadi pusat riset tumbuhan paling besar di indonesia.

Wisata Kebon Raya Cibodas Puncak
credit:instagram@kebunraya_id

Apa saja jenis koleksi tanaman di kebun raya Cibodas ini ? Dengan koleksi 320 tipe Anggrek yang berada di dalam rumah kaca, dan 10.800 bermacam jenis species tanaman, dan 4850 tipe herbarium. 

Bila kita susuri sub sisi koleksi dari kebun raya cibodasi ini masih ada pembagian kembali seperti koleksi yang ada di rumah kaca, seperti kaktus, sukulen dan anggrek tersebut keseluruhan dari koleksi yang ada di dalam rumah kaca itu lebih kurang ada 778 tipe.

Dan itu belum termasuk bermacam tipe tanaman yang lain, berikut yang jadikan kebun raya cibodas sebagai tempat keanekaragam hayati paling kaya dalam dunia daftar: elib.pdii.lipi.go.id.

Lokasi-lokasi yang memikat untuk kamu datangi adalah tumbuhan lumut, karena di dunia ini lebih kurang terindetifikasi ada 4000 tipe tumbuhan lumut yang memiliki kekeluargaan dengan tumbuhan alga ini, apa kamu mengerti hal ini? 

Sekitar 75% atau 3000 tipe dari tumbuhan lumut yang ada di bumi ini ada di indonesia, dan kebun raya cibodas mengoleksi bermacam jenis tipe lumut yang ada di indonesia atau luar negeri dengan luas 2.5 Km2 sanggup mengoleksi lebih kurang 240 tipe lumut.

Selanjutnya Rumah kaca, di sini kamu bisa mendapati bermacam jenis tumbuhan seperti anggrek ,kaktus dan sukulen, bermacam jenis koleksi bisa kamu saksikan, berapa banyaknya telah saya jelaskan di paragraf awal.

Bunga bangkai bukan hanya ada di kebun raya Bogor, akan tetapi bunga bangkai ini kamu bisa dapatkan juga di kebun raya Cibodas, dengan tinggi bisa capai 3 meter dan tentu saja baunya seperti bau bangkai.

Bunga ini merupakan salah satu jenis keunikan dari warga asia tenggara karena bunga bangkai ini hanya bisa di dapatkan di wilayah negara - negara asean (Asia Tenggara).

Harga tiket masuk ke kebun raya Cibodas adalah Rp 6.000 dengan biaya parkir mobil sebesar  Rp 15.500 dan motor 2.500.  Semua harga itu diatur oleh perda PP. No. 75 Tahun 2007.

Alamat lengkap: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Temukan di Google Map

Post a Comment for "Wisata Kebon Raya Cibodas Puncak"