Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hotel Murah Palembang

Hotel Zuri Express Palembang

Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di pulau Sumatera. Palembang sering juga disebut "Venice of the East" oleh dunia barat karena dilintasi oleh Sungai Musi. 

Sebagai salah satu tujuan wisata, akses menuju ke Palembang semakin mudah dan besar sehingga jumlah wisatawan yang masuk ke kota ini. Ini menyebabkan jumlah permintaan kamar hotel meningkat. Oleh karena itu banyak hotel murah di Palembang yang disediakan untuk tempat menginap para wisatawan yang datang berkunjung.

Sekilas Tentang Palembang

Kota Palembang merupakan ibu kota provinsi dari Sumatera Selatan. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Ternyata sejarah mencatat bahwa Palembang pernah menjadi kota yang besar yang dikenal sebagai “Bumi Sriwijaya”

Ini karena Palembang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara. Berdasarkan bukti peninggalan kerajaan tersebut, Palembang dinobatkan sebagai Kota yang paling tua di Indonesia.

Berbicara soal iklim di Palembang, disana sama seperti di daerah Indonesia lainnya yang beriklim tropis. Anginnya lembab dan suhu udaranya antara 23 – 31 derajat Celsius.

Jenis tanah yang bisa dijumpai di Palembang adalah jenis tanah berpasir, liat, dan alluvial. Tanah tersebut terletak dilapisan yang paling muda sehingga mengandung minyak bumi.

Jalan-Jalan di Palembang

Di setiap tempat pasti selalu ada hal-hal menarik yang sering dibahas. Entah itu gedung-gedungnya, alamnya, kotanya, atau makanan khasnya. Di Palembang pun seperti itu, bahkan hotel murah di Palembang pun bisa ikut dibahas oleh para pelancong. Palembang sudah sangat terkenal dengan makanan gurih nan enak yang bernama "Pempek".

Walaupun pempek sudah banyak dijual di kota lain selain di Palembang, tetapi daya tarik wisatawan untuk mencicipi makanan khas langsung di tempat aslinya tidaklah berkurang. Masih banyak wisatawan yang memang sengaja datang plesir untuk mencicipi makanan enak tersebut.

Panganan dari ikan dan sagu ini selain enak harganya pun murah sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa mencicipinya. Makan pempek rasanya akan terasa kurang jika tidak ditemani saus hitam kecoklatannya yang disebut cuka atau oleh masyarakat Palembang disebut cuko.

Cuka ini terbuat dari air, gula merah, udang ebi, bawang putih, garam dan cabe rawit tumbuk. Untuk menambah kesegaran bumbu cuka ini, bisaanya selalu disisipkan potongan timun didalamnya. Wah, siapa yang tidak tergiur dengan makanan yang menyajikan sensasi pedas dan gurih ini? 

Pempek ini banyak macamnya dan yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Cara membuatnya adalah membungkus telur ayam dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Hmmm … lezat bukan?

Selain pempek, yang menjadi daya tarik kota ini adalah Jembatan Ampera. Jembatan Ampera adalah salah satu jembatan megah yang dibangun di negara tercinta ini. Panjangnya 1.177 meter dan melintasi Sungai Musi yang menghubungkan kedua Seberang, yaitu Seberang Ulu dan Ilir.

Jembatan Ampera pun dikenal sebagai landmark Kota Palembang. Jembatan ini ternyata dibangun dengan biaya yang berasal dari harta rampasan Jepang dan yang mengerjakannya pun para para tenaga hali yang berasal dari Jepang. 

Jembatan ini dibangun pada 1962 dan masih berfungsi sampai sekarang. Jembatan Ampera, yang mulanya bernama Jembatan Bung Karno ini, kependekan dari Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA).

Rasanya ada yang kurang jika berbicara tentang Palembang tidak berbicara tentang Sungai Musi. Sungai ini adalah sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang 750km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang.

Yang menariknya lagi, disepanjang tepi sungai Musi terdapat banyak objek wisata menarik seperti Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, pantai Bagus Kuning, Masjid Al Munawar, Pasar 16 Ilir, dan masih banyak lagi.

Itulah tiga ciri kota Palembang yang terkenal hampir keseluruh pelosok Indonesia bahkan dunia. Namun bukan hanya ketiga hal tersebut yang membuat Palembang wajib dikunjungi wisatawan. Masih ada beberapa objek wisata yang sayang jika Anda lewatkan jika berkunjung ke Palembang. 

Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa objek wisata yang ada di Palembang, antara lain:

  • Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
  • Kambang Iwak Family Park, terletak di dekat tempat tinggal walikota Palembang. Ini adalah sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota.
  • Taman Purbakala Bukit Siguntang
  • Hutan Wisata Punti Kayu, hutan lindung yang terdapat di tengah kota. Termasuk hutan wisata.
  • Monumen Perjuangan Rakyat
  • Pulau Kemaro
  • Museum Balaputradewa, museum ini menyimpan benda-benda peninggalan zaman kerajaan Sriwijaya.
  • Museum Tekstil
  • Kawah Tengkurep
  • Waterboom OPI Jakabaring
  • Pusat Kerajinan Songket
  • Masjid Cheng Ho Palembang
  • Pabrik Pupuk Pusri
  • Kampung Kapitan
  • Kampung Arab Al Munawwar 13 Ulu
  • Taman Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
  • Fantasy Island
  • Bagus Kuning
  • Kilang Minyak Pertamina
  • Sungai Gerong
  • Jakabaring Sport City (JSC)
  • The Amanzi Waterpark CitraGrand City
  • Rumah Mak Bani Montok
  • Bukit Siguntang

Akses Menuju Palembang

Jembatan Ampera Palembang
credit:[email protected]tenzorg812

Jika Anda berkeinginan untuk mencoba berpetualang ke kota Palembang, janganlah risau karena akses menuju Palembang tidak lah sulit. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, baik itu melalui udara, laut ataupun daratan. 

Jika Anda takut tidak mendapatkan tempat tinggal selama di sana, Anda harus segera menghilangkan rasa takut itu karena banyak pilihan hotel murah di Palembang. Adapun transportasi yang bisa Anda pilih untuk melakukan perjalanan ke Palembang.

1. Kendaraan pribadi

Jika Anda dari Jakarta dan hendak bepergian menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Perjalanan ini membutuhkan sekiranya 2 jam hingga sampai di Pelabuhan Bakauheni. 

Dari Lampung waktu tempuh sekitar 10 sampai 12 jam sampai ke Palembang. Selama perjalanan Anda akan melintasi jalan lintas timur Sumatera seperti kota Bandar Agung, Tulang Bawang, Mesuji, Tugu Mulyo, Kayu Agung, Tanjung Raja, dan Inseralaya

2. Menggunakan Kereta Api

Jika ingin mencoba menggunakan kereta api, Anda bisa naik kereta api dari Lampung menuju Stasiun Kertapati, Palembang.

3. Menggunakan Pesawat

Jika berangkat dari Jakarta Anda bisa menggunakan pesawat apapun yang menawarkan rute Jakarta-Palembang. Perjalanan yang ditempuh dari Bandara Sukarno Hatta ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 sekitar 45 menit sampai 1 jam. 

Dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 ke pusat kota Palembang berjarak 10 km dan Anda bisa menggunakan taksi bandara dengan kisaran harga 50 ribu.

Bermalam di Palembang

Hotel atau penginapan selalu menjadi pertimbangan utama saat seseorang akan melakukan plesir ke kota tertentu yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Mungkin Anda pun akan kebingungan saat hendak mencari hotel murah di Palembang. 

Mencari hotel yang bukan hanya murah tetapi memberikan fasilitas yang baik tidak lah mudah. Anda harus teliti jangan sampai tergoda iklan.

Ada rekomendasi hotel murah di Palembang yang bisa Anda percayai untuk dijadikan tempat Anda menginap yaitu hotel Zuri Express. 

Hotel berbintang dua ini selain harganya pas dikantong alias tidak terlalu mencekik, fasilitas yang ditawarkan pun sangat menarik untuk hotel low budget seperti ini. Dengan interior yang menarik Anda tentu akan betah tinggal di hotel ini.

Jadi, jangan sia-sia kan kesempatan Anda untuk plesir ke kota Palembang. Hotel Zuri Express ini yang merupakan hotel murah di Palembang bisa Anda pesan melalui internet.

Post a Comment for " Hotel Murah Palembang"