Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia

 

5 Tempat Menyelam Terbaik Di Indonesia
credit:pixabay

5 Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia - Jika  kita membicarakan tentang keindahan alam bawah laut, maka keindahan alam bawah laut di Indonesia menempati posisi penting dihati para penyelam dan wisatawan mancanegara.

Mengapa demikian? Karena negara Indonesia merupakan negara maritim dimana 1⁄4 dari luas wilayah negara Indonesia terdiri dari lautan. Alasan itulah yang membuat Indonesia selalu dijadikan sebagai tempat favorit untuk memuaskan hobi para penyelam dan wisatawan mancanegara yang gemar mengeksplorasi keindahan alam bawah laut.

Kegiatan menyelam atau yang lebih populer di sebut diving memang merupakan kegiatan yang menjadi pengobat rasa penat bagi beberapa orang yang suka dengan aktivitas tersebut. 

Untuk itu, sebagai referensi untuk Anda, maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 5 tempat menyelam terbaik di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan selalu menjadi daya tarik bagi para penyelam dan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. 

5 Tempat Menyelam Terbaik Di Indonesia, antara lain:

1. RAJA AMPAT

Raja Ampat
credit:pixabay

Raja Ampat merupakan salah satu kawasan wisata yang ada di Indonesia Timur yang begitu populer di luar negeri dan selalu menjadi destinasi favorite bagi para pecinta diving.

Raja Ampat secara geografis terletak di provinsi Papua Barat, atau tepatnya berada di Kabupaten Waisai. Kawasan wisata Raja Ampat memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat menarik hati para penyelam dan wisatawan mancanegara. 

Kekayaan lautnya menyimpan begitu banyak keindahan yang sangat mempesona, dimana kawasan tersebut merupakan habitat asli lebih dari 1500 an species jenis ikan, 700 an jenis moluska, dan 500 an jenis terumbu karang yang tersebar di kawasan wisata seluas 4,6 juta hektare tersebut.

Jadi, bagi Anda yang sedang berencana untuk berlibur, maka Anda harus memasukkan Raja Ampat kedalam daftar tujuan liburan Anda. 

Alamat lengkap: Waisai, Waigeo Sel., Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar. 98482

Temukan di Google Map

2. WAKATOBI

Diving at Wakatobi

Setelah kawasan wisata Raja Amat, maka rekomendasi tempat menyelam selanjutnya adalah kawasan wisata Wakatobi. Nama Wakatobi sendiri adalah nama sebuah kabupaten yang terdiri dari 4 gugusan pulau yaitu pulau Wangi- Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (disingkat Wakatobi) yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara. 

Kawasan wisata Wakatobi menjadi destinasi penyelaman favorit karena terletak di jantung segitiga terumbu karang dunia. Hal tersebut membuat kawasan wisata Wakatobi sangat kaya akan jenis terumbu karang dan spesies ikan. 

Menurut data yang ada, terdapat lebih dari 850 jenis terumbu karang dunia dimana sebanyak 750 jenis diantaranya terletak di kawasan wisata Wakatobi tersebut. Untuk menuju ke kawasan ini, sekarang telah beroperasi maskapai Wings Air yang melayani rute penerbangan dari Jakarta-Wakatobi atau Makassar- Wakatobi yaitu setiap hari Senin, Rabu, Jum’at, dan Minggu.

Jangan lupa untuk memasukkan kawasan wisata Wakatobi ini kedalam daftar tujuan liburan Anda.

Alamat lengkap: Desa, Lamanggau, Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Temukan di Google Map

3. TAMAN LAUT BUNAKEN

Laut Bunaken

Rekomendasi tempat menyelam terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken. Kawasan wisata ini merupakan pulau yang terletak di wilayah provinsi Sulawesi Utara. Keunikan dari kawasan wisata Bunaken ini adalah pernah menyandang rekor dunia sebagai tempat menyelam di Indonesia terbanyak (terdapat 2.861 spot). 

Kawasan wisata Taman Laut Bunaken ini juga merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia seperti halnya kawasan wisata Wakatobi di atas. Kawasan ini memiliki setidaknya 91 jenis ikan dan 13 jenis terumbu karang yang masih alami.

Alamat lengkap: Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulawesi Utara

Temukan di Google Map

4. PULAU KOMODO

Pulau Komodo

Rekomendasi tempat menyelam terbaik di Indonesia selanjutnya adalah pulau Komodo. Sebagian besar dari kita lebih mengenal pulau Komodo sebagai kawasan Cagar Alam yang di lindungi, karena pulau tersebut merupakan habitat asli dari salah satu jenis hewan purba yang masih ada, yaitu Komodo dragon.

Pulau Komodo ini juga sempat masuk dalam daftar seven wonder. Namun di balik itu semua, ternyata pulau Komodo juga merupakan tempat favorit bagi para wisatawan yang menyukai aktivitas diving (Menyelam). 

Kawasan Pulau Komodo ini memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Pulau Komodo ini memiliki 2 titik penyelaman favorite bagi para penyelam dunia. Bahkan di titik Chrystal Rock, Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang hanya dengan jarak 5 meter saja.

Tidak salah rasanya, jika saya merekomendasikan pulau Komodo ini untuk dimasukkan kedalam daftar tujuan liburan Anda.

Alamat lengkap: Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

Temukan di Google Map

5. KAWASAN PULAU ALOR

Kawasan Pulau Alor

Rekomendasi tempat menyelam terbaik di Indonesia yang kelima adalah Alor. Alor berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau Alor dikelilingi oleh laut yang memiliki air sangat jernih dan memiliki 26 titik penyelaman (diving) yang sangat populer.  

Keindahan alam bawah laut di kawasan Alor ini telah mendapatkan pengakuan dari wisatawan mancanegara dari seluruh dunia. Begitu jernihnya air laut di kawasan ini, membuat alam bawah laut nya memiliki jarak pandang hingga 40 meter. 

Keunikan dari kawasan Alor ini,  suhu airnya bisa dengan cepat berubah dari dingin ke panas begitu pun sebaliknya karena kawasan ini terletak di dua pertemuan dua arus laut.

Demikianlah uraian artikel tentang 5 tempat menyelam terbaik di Indonesia. Jika wisatawan mancanegara saja berbondong - bondong datang ke kawasan ini, lalu mengapa Anda justru ingin berlibur keluar negeri?

Anda tidak perlu harus ke luar negeri hanya untuk menikmati pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan, karena saya telah mengulas tempat menyelam terbaik di Indonesia. 

Alamat lengkap: Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

Temukan di Google Map

Berikut ini adalah salah satu video diving di kawasan wisata Raja Ampat  Papua Barat (credit to: chanel Our Coral Reef).


Harapan saya, informasi dan uraian artikel yang saya tulis ini dapat menambah wawasan ilmu dan pengetahuan Anda. Selamat berlibur.

Post a Comment for "5 Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia"