Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Pantai Wakatobi

 

Sunset di Wakatobi
credit:instagram@kang_jalan

Keindahan Pantai Wakatobi - Jika Anda sedang mempersiapkan liburan, maka saya merekomendasikan satu tempat yang akan membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan. Ya, saya merekomendaikan kepada Anda untuk mengunjungi kawasan wisata Wakatobi, karena kawasan wisata tersebut merupakan tempat wisata yang sudah sangat populer baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. 

Pada Artikel saya sebelumnya saya juga telah membahas mengenai 5 tempat menyelam terbaik di Indonesia, dimana salah satunya adalah kawasan wisata Wakatobi. Keindahan pantai Wakatobi telah menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke kawasan tersebut.

Anda tidak perlu meragukan lagi terkait dengan keindahan alam bawah laut kawasan wisata Wakatobi ini. Selain menyajikan panorama alam dan keindahan berupa landscape pasir putihnya yang membentang, pantai Wakatobi juga menawarkan keindahan yang lain yaitu berupa deretan pohon Kelapa (nyiur) yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk berteduh.

Kawasan wisata Wakatobi juga memiliki beberapa pantai lain yang juga indah dan menarik, salah satu diantaranya yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan (baik domestik maupun mancanegara) adalah pantai Pulau Hoga yang berada di Pulau Kaledupa dan pantai Waha yang berada di Pulau Wangi Wangi. 

Kedua pantai tersebut juga sering digunakan oleh para wisatawan mancanegara untuk sekedar bermain volley pantai di sore hari sambil menunggu momen sunset (matahari terbenam) datang. Keindahan sunset di Wakatobi adalah salah satu yang paling indah dan menarik.

Keindahan pantai Wakatobi di Pulau Hoga sangat ramai dikunjungi oleh penduduk lokal pada saat libur hari-hari besar keagamaan, liburan sekolah, atau pasca hari raya idul fitri (lebaran). 

Keindahan pantai Wakatobi ini membuat penduduk setempat sering mengadakan acara bakar - bakar ikan segar di tepi pantai sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dan sejuknya berada di bawah pohon kelapa yang berdiri berjajar di sekitar pesisir pantai tersebut. 

Selain itu, anak-anak kecil juga bisa menikmati kegiatan snorkeling di tepi pantai (tentunya dengan pengawasan ketat Anda sebagai orang tuanya). Pantai Wakatobi ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling maupun diving (Menyelam).

Diving at Wakatobi
credit:instagram@rofat

Keindahan pantai Wakatobi lainnya adalah kondisi air lautnya yang sangat bersih dan jernih. Warna air lautnya hijau sehingga terlihat sangat bersih, dan kondisi ini menandakan bahwa visibility di bawah permukaan air laut di sini masih sangat bagus dan belum tercemar. 

Kawasan Wakatobi ini memang tidak pernah dilalui oleh kapal-kapal tengker dan tidak aliran sungai yang bermuara di sana sehingga kondisi air lautnya masih sangat terjaga. 

Di samping pantai yang ada di Pulau Hoga, ada juga pantai yang tidak kalah indahnya yakni pantai Waha atau biasa disebut pantai cemara, karena disepanjang pantai ini ditumbuhi oleh pohon - pohon cemara. 

Sama seperti pantai di Pulau Hoga, pantai Waha juga sangat ramai dikunjungi oleh warga setempat terutama pada saat hari libur (weekend), yakni sabtu dan minggu. Jika Anda memutuskan berlibur ke tempat ini, maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena di pantai ini banyak disediakan homestay yang dapat Anda sewa sebagai tempat untuk bermalam dan beristirahat.

Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan kegiatan snorkeling tanpa perlu menggunakan boat lagi. Dan sebagai tambahan informasi untuk Anda, bahwa kedua pantai tersebut belum memberlakukan tiket masuk bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Artinya, pengelolaan kawasan wisata di tempat tersebut belum dilakukan secara profesional dan maksimal.

Alamat lengkap: Desa, Lamanggau, Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Temukan di Google Map

Demikianlah ulasan artikel mengenai  Keindahan Pantai Wakatobi. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " Keindahan Pantai Wakatobi"