Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Wisata Alam Populer Di Malang, Jawa Timur

Coban Jahe
credit image:[email protected]_putih

Kota Batu, Malang Provinsi Jawa Timur terkenal memiliki keindahan wisata alam yang tiada duanya. Di kawasan Batu ini memang banyak sekali tersebar objek wisata alam yang menawarkan pesona dan keindahan alam.

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas 4 Wisata Alam Populer Di Malang, Jawa Timur yang bisa menjadi referensi untuk Anda, yaitu:

1. Coban Jahe

2. Coban Pelangi 

3. Coban Rais

4. Coban Talun

Kita akan menyelami lebih jauh lagi keempat wisata alam tersebut di atas dalam uraian berikut ini.

1. COBAN JAHE MALANG

Coban Jahe atau yang biasa dikenal dengan nama air terjun Begawan sesuai dengan lokasinya yang berada di desa Begawan, Jabung, Kabupaten Malang. Air Terjun Coban Jahe malang ini memang memiliki keunikan tersendiri. Akan tetapi banyak orang masih belum mengetahui keberadaan air terjun coban Jahe Malang ini. 

Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun coban Jahe ini masih memiliki kondisi alam yang sangat asri karena belum banyak terjamah tangan manusia. Apalagi lokasinya yang masih masuk dalam wilayah perhutani, sehingga alam disekitar coban Jahe dapat terjaga dengan baik. 

Meskipun lokasinya yang masih tersembunyi, akan tetapi pemandangan alam di air terjun coban Jahe ini masuk dalam kategori air terjun yang paling bagus diantara air terjun lain yang ada di Malang. 

Lokasi Air terjun coban Jahe Malang ini masuk dalam kawasan perhutani unit II jawa timur KPH Malang. Untuk menuju ke lokasi coban Jahe ini dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 23 km kearah timur yaitu arah Tumpang atau jika kita mau ke gunung Bromo. 

Dari Gapura selamat datang Kota Tumpang terdapat petunjuk arah menuju ke lokasi coban Jahe, yakni sekitar 7 km dari gapura. Jalan yang sangat sulit untuk dilalui serta petunjuk arah lain yang tidak ada sehingga cukup menyulitkan perjalanan jika Anda akan melaukan perjalanan menuju ke coban Jahe. Akan tetapi Anda bisa bertanya kepada warga atau penduduk di sekitar kawasan tersebut jika Anda akan menuju ke coban jahe.

Sejarah Coban Jahe 

Nama Coban Jahe diambil dari bahasa jawa "PEJAHE" yang dalam bahasa Indonesia artinya meninggal dunia. Dinamakan demikian karena itu untuk mengenang peristiwa yang terjadi sekitar tahun 1947 yang lalu yaitu terjadinya peperangan antara rakyat Indonesia yang dipimpin oleh Ali Mustopo melawan penjajah Belanda. Sehingga dahulu banyak sekali pejuang yang gugur dalam medan pertempuran. Sehingga tempat tersebut kemudian dinamakan air terjun coban Jahe.

Untuk melakukan traveling ke lokasi ini, Anda harus melakukan persiapan-persiapan yang baik karena masih belum adanya fasilitas-fasilitas pendukung yang terdapat di lokasi coban Jahe ini. Anda harus mempersiapkan kendaraan dengan prima karena jalan yang cukup buruk sehingga dibutuhkan kendaraan yang kuat, bisa membawa perbekalan dan juga logistik jika Anda ingin berpiknik di daerah ini.

Alamat Lengkap: Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur 65155

Temukan Di Google Map

2. COBAN PELANGI MALANG

Coban Pelangi
credit image:[email protected]_tjtran

Salah satu keindahan alam tersembunyi lainnya yang berada di Malang yaitu Air terjun Coban Pelangi. Dinamakan coban Pelangi karena memang air terjun coban Pelangi ini memiliki keistimewaan yaitu adanya pelangi yang bisa dikatakan cukup abadi disini. Pelangi yang ada di coban pelangi ini ada di sepanjang hari. 

Jika cuaca cerah dan tidak mendung maka pelangi tersebut selalu akan muncul. Dan juga keistimewaan lainnya di wisata coban Pelangi ini, bahwa pelangi yang mucul tidak diatas seperti pelangi-pelangi pada umumnya, akan tetapi pelangi ini muncul di bawah air terjun, yakni tepat didasar kolam tampungan air terjun tersebut.

Lokasi wisata coban Pelangi ini berada di daerah Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dari Arah Kota Malang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kearah timur menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Tumpang. 

Dari tumpang kita masih harus menuju kearah barat lagi sampai ke rest area Poncokusumo. Dari situ kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju ke coban Pelangi. Rute perjalanan ke coban Pelangi searah dengan rute perjalanan menuju ke gunung Semeru. 

Hanya perlu waktu 5 menit dari rest area Poncokusumo, maka Anda sudah akan menemui papan nama coban Pelangi ini. Anda juga akan menemui operator rafting sungai Amprong yang bernama Ndayung Rafting yang juga searah dengan rute perjalanan ke Ranu Pani.

Yang perlu Anda perhatikan adalah angkutan umum dari Malang menuju ke coban Pelangi ini hanya sampai di rest area Poncokusumo saja. Selebihnya Anda hanya bisa menemukan ojek atau jeep yang harganya sangat mahal. Oleh karenanya disarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi saja atau menyewa travel yang bisa memudahkan Anda untuk kelokasi ini.

Setelah menempuh perjalanan dari Malang sampai ke coban Pelangi yang kurang lebih 1 jam, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai ke lokasi air terjun coban Pelangi ini. 

Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, suara kicau burung dan dedaunan yang tertiup angin menjadi soundtrack perjalanan Anda menuju ke lokasi air terjun coban Pelangi ini.

Fasilitas-fasilitas penunjang juga sudah banyak ditemui di daerah ini. Misalnya kamar mandi atau toilet umum, mushola dan juga warung makan sudah banyak Anda jumpai lokasi wisata ini. Yang terpenting wisata coban Pelangi ini akan memberikan sebuah warna yang berbeda bagi liburan Anda dan keluarga.

Alamat Lengkap: Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, East Java 65157

Temukan Di Google Map

3. COBAN RAIS MALANG

Coban Rais
credit image:[email protected]

Kota Batu di Malang memang menawarkan banyak sekali wisata alam yang memiliki keindahan alam, hutan, gunung yang membuat kota ini menjadi semakin populer. Nuansa alam yang berpadu dengan  udara yang sejuk memberikan nuansa yang tenang dan cocok sekali untuk refresing baik bersama keluarga, kerabat atau teman - teman Anda.

Selain coban Jahe dan coban Pelangi di atas, atu lagi air terjun yang cukup terkenal dan sering dikunjungi para wisatawan adalah Air Terjun Coban Rais. Air terjun coban Rais terletak di Dusun Dresel, desa Oro-Oro Ombo, Kota wisata Batu. Lokasinya yang relatif dekat dengan kota Batu menjadikan coban Rais ini menjadi salah satu wisata murah meriah yang sering dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan.

Akses Menuju Coban Rais

Akses menuju ke coban Rais sangatlah mudah. Jika Anda sudah tahu Batu Night Spectacular, maka Anda cukup menuju ke arah BNS, disana Anda lurus kearah kota wisata Batu sampai pertigaan pertama Anda tinggal belok kiri dan lurus mengikuti jalan yang cukup naik turun sampai di kantor BATU TV. Dari sana Anda sudah semakin dekat dengan lokasi coban Rais. Anda hanya tinggal lurus sedikit sampai Anda menemukan loket masuk wana wisata coban Rais.

Harga tiket masuk ke coban Rais Rp. 5000/orang dan parkir motor Rp. 1000/motor, serta Rp. 5000 untuk mobil. Akan tetapi biasanya loket masuk wisata coban Rais hanya dijaga saat akhir pekan dan musim-musim liburan. Jadi jika Anda beruntung, maka Anda tidak perlu membayar tiket masuk dan juga parkir karena kendaraan bisa dititipkan di warung yang dekat dengan loket masuk.

Dari Loket pembayaran Anda masih harus berjalan kaki untuk menuju ke Air terjun coban Rais ini. Perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 2 km atau dengan estimasi waktu 45 menit – 1 jam perjalanan kaki. 

Disini Anda akan menikmati sensasi berpetualang karena Anda akan melewati sungai-sungai kecil atau bahkan di beberapa titik Anda akan berjalan susur sungai dengan melawan arus sungai yang cukup deras. Jadi persiapkan perlengkapan Anda seperti sandal adventure yang bisa melindungi kaki Anda dengan baik.

Setelah berjalan cukup lama Anda akan sampai di air terjun coban Rais yang sangat menyegarkan mata. Air terjun dengan ketinggian 80 meter, yang mana cukup tinggi untuk sebuah ukuran air terjun. Disana Anda bisa mandi atau bermain-main air sesuka hati Anda. Yang pasti tetap jaga kebersihan dan bawa kembali sampah Anda dan buang pada tempat sampah, supaya alam tetap terjaga kelestariannya.

Alamat Lengkap: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

Temukan Di Google Map

4. COBAN TALUN MALANG

Coban Talun
credit image:[email protected]otograper

Wisata Alam Coban Talun merupakan wisata alam air terjun yang masih sangat alami, karena memang air terjun coban Talun ini tidak setenar coban Rondo, atau lainnya. Akan tetapi keindahan air terjun serta alam yang ada disini tidak kalah dengan coban Rondo. 

Selain wisata air terjun disini juga terdapat bumi perkemahan yang cukup luas. Keindahan alam berpadu perkebuban warga serta sejuknya udara membuat wisata air terjun coban Talun menjadi pilihan rekreasi keluarga atau untuk acara perkemahan dan diklat.

Wisata coban Talun berada di lereng gunung Rawung, tepatnya di dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang. Lokasinya yang cukup luas serta sumber air yang melimpah membuat wisata coban Talun digunakan untuk pilihan tempat outbond dan diklat oleh beberapa perusahaan atau juga mahasiswa.

Akses Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Coban Talun

Untuk mencapai lokasi coban Talun ini tidak terlalu sulit, karena lokasinya hanya 3 km setelah wisata kolam renang Selecta. Hanya saja tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi ini, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi kesana. Biaya masuk wisata coban Talun juga tidak terlalu mahal hanya Rp.5000 dan juga membayar parkir kendaraan, Anda sudah bisa melakukan liburan disini.

Selain Diklat dan juga outbond, disini biasanya juga digunakan untuk wisata tanam dan petik sayur, lebih tepatnya wisata berkebun. Serta juga dari coban Talun ini kita bisa melakukan wisata trai atau mountain bike yang jalurnya sudah biasa digunakann untuk even-event bair regional maupun nasional. Bahkan menurut kabar yang berdar lokasi ini akan dijadikan lokasi event tahunan kota Batu.

Keindahan air terjun coban Talun juga menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini menjulang tinggi dengan indahnya. Lokasi ini juga digunakan untuk event-event fotografi seperti event hunting foto dan juga lomba fotografi. 

Sayangnya wisata coban Talun ini masih belum dikelola dengan professional sehingga masih jarang wisatawan yang tahu keberadaan tempat ini, sehingga juga belum begitu bisa mengangkat perekonomian warga di sekitar lokasi air terjun tersebut.

Alamat Lengkap: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Temukan Di Google Map

Itulah ulasan artikel mengenai 4 Wisata Alam Populer Di Malang, Jawa Timur. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Post a Comment for "4 Wisata Alam Populer Di Malang, Jawa Timur"