Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Destinasi Wisata Kuliner Jogja

 

Angkringan
credit image:instagram@angkringanmbakyupalem

11 Destinasi Wisata Kuliner Jogja - Sepenggal lirik lagu dari Kla Project yang hits di era tahun 90an, "Pulang ke kotamu, ada setangkup dalam rindu, masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna..."

Jika mendengar kota Yogyakarta maka kita akan selalu teringat dengan lagu tersebut di atas, karena apa yang di gambarkan dalam lirik lagu tersebut begitu pas dengan suasana asli di kota tersebut. Yogyakarta memang sangat terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan mereka akan selalu menyambut dengan hangat siapaun yang datang berkunjung ke sana.

Selain sebagai kota budaya, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar. Di kota ini ternyata juga terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik dan harus Anda kunjungi. 

Salah satu jenis wisata yang hits dan populer di kota ini adalah wisata kulinernya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kota ini mempunyai tempat wisata kuliner yang enak- enak. Berkunjung ke Jogja pastinya tidak akan lengkap rasanya bila belum mencicipi sebagian kuliner yang ada di sana.

Sebagai refernsi untuk Anda, berikut ini  adalah 11 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang harus Anda kunjungi ketika Anda sedang berlibur di sana, antara lain:

1. ANGKRINGAN LIK MAN

Angkringan lik man
credit image:instagram@kyki_rj

Jogja memanglah diketahui mempunyai angkringan yang telah melegenda serta salah satunya ialah Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man satu ini jadi salah satu yang sangat terkenal digolongan masyarakat serta turis. Angkringan Lik Man ini berdiri semenjak tahun 1960 serta dapat dikatakan bagaikan salah satu pelopor angkringan di Jogja.

Di Angkringan Lik Man ini ada menu andalan ialah kopi joss, dimana kopi joss ini terdiri dari segelas kopi gelap yang disajikan dengan bonus arang membara. Tidak hanya itu, disini pula ada menu yang lain semacam sate telur puyuh, sate usus, gorengan serta banyak lagi.

Alamat lengkap: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Temukan di Google Map

2. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam goreng mbah cemplung
credit image:instagram@cheyy_sha

Ayam Goreng Mbah Cemplung merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang terletak di kaki Gunung Sempu. Tempat makan ini sangat simpel serta menawarkan menu santapan yang lezat.

Tempat ini menawarkan ayam goreng yang mempunyai rasa yang gurih serta daging yang empuk. Tidak hanya itu, ayam goreng ini pula ditemani dengan lalapan, nasi hangat serta sambal yang mantap.

Alamat: Sendang Semanggi RT Nomor. 05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta

Alamat lengkap: Jl. Sembungan No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Temukan di Google Map

3. Bakso Bethesda 74

Baksi Bethseda 74
credit image:instagram@jogjafood

Bila kamu mau menikmati semangkok bakso yang lezat, tiba saja ke Bakso Bethesda 74. Bakso satu ini jadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib kalian kunjungi. Bakso Bethesda 74 ini berdiri semenjak tahun 1974 serta bakso ini terkategori legendaris di Jogja.

Bakso disini terbuat memakai bahan- bahan natural buat melindungi mutu rasanya. Tidak hanya itu bakso ini pula telah memperoleh label dari MUI sehingga terjamin.

Alamat lengkap: Jalan Gondosuli No.5, Baciro, Gondokusuman, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

Temukan di Google Map

4. Brongkos Bu Rini

Brongkos
credit image:instagram@jogjafood

Brongkos Bu Rini merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja. Tempat ini telah berdiri semenjak tahun 1973 serta salah satu penjual brongkos sangat terkenal di Jogja. Berongkos ataupun yang kerap diucap dengan brongkos merupakan sayur- mayur serta lauk kacang yang disajikan dengan kuah santan.

Tidak hanya itu ada pula cabai rawit utuh didalamnya pada dikala proses memasaknya. Santapan satu ini mempunyai rasa yang sedikit pedas tetapi sangat lezat.

Alamat lengkap: Jl. Polowijan KT1/227, Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133

Temukan di Google Map

5. Bakmi Mbah Mo

Bakmi mbah Mo
credit image:instagram@herd89

Dikala kalian lagi terletak di wilayah Bantul, jangan kurang ingat mampie ke Bakmi Mbah Mo. Bakmi Mbah Mo merupakan salah satu tempat wisata kuliner legendaris di Jogja yang wajib kalian kunjungi. Tempat makan ini terbilang lumayan tersembunyi sebab terletak di tengah desa tetapi sehabis kalian menciptakannya rasa letih hendak terbayar dengan santapan yang lezat.

Bakmi Mbah Mo ini buka pada jam 17. 00 sampai 23. 00. Di tempat ini, tiap pesanan bakmi hendak dimasak satu per satu diatas tungku yang berisi arang sehingga menciptakan aroma yang khas. Bakmi Mbah Mo ini memakai kombinasi telur bebek buat menaikkan rasa gurihnya. Disini pula ada 3 berbagai bakmi ialah bakmi goreng, rebus serta nyemek.

Alamat lengkap: Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715

Temukan di Google Map

6. Es Buah PK

Es Buah
credit image:instagram@kulinerjogya


Kalian mau yang segar- segar? Kalian dapat menghadiri Es Buah PK yang terdapat di Jalur Pakuningratan, Cokrodiningratan. Es Buah PK ini terbilang legendaris sebab telah berdiri semenjak tahun 1973.

4 wisata kuliner di Jogja satu ini sediakan semangkuk es buah yang berisi nangka, cincau gelap, sawo, kelapa muda, alpukat, sirup, susu coklat serta es serut. Tidak hanya es buah, disini pula ada bakso daging sapi yang rasanya sangat lezat serta harus kalian cicipi.

Alamat lengkap: Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Temukan di Google Map

7. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg mbah Lindu
credit image:instagram@vevee81

Berkunjung ke Jogja pastinya tidak lengkap rasanya bila belum berupaya gudeg. Gudeg sendiri ialah salah satu kuliner khas Jogja, dimana santapan satu ini lumayan banyak ditemui di Jogja. 

Tetapi salah satu gudeg yang legendaris serta wajib kalian cicipi ialah Gudeg Mbah Lindu. Gudeg Mbah Lindu ini telah berjualan semenjak saat sebelum era penjajahan Jepang serta nama gudeg ini diambil dari pemilknya sendiri.

Mbah Lindu saat ini ini telah berumur nyaris seabad serta semenjak era dahulu mbah Lindu senantiasa meracik bumbu serta mencerna gudegnya sendiri. 

Formula masakannya juga tidak sempat berganti demi mempertahankan cita rasa asli, tidak hanya itu tipe lauknya pula masih sama semacam gudegm krecek, ketahui, rempe serta telur ayam. Gudeg Mbah Lindu ini buka tiap jam 05. 00 sampai 10. 00 tiap harinya.

Alamat lengkap: Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Temukan di Google Map

8. The House of Raminten

House of Ramiten
credit image:instagram@rifaiwijaya86

The House of Raminten merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang buka semenjak Desember 2008. Disini kalian dapat menikmati bermacam santapan khas Jawa di satu tempat sekalian. Tempat makan satu ini mempunyai bermacam berbagai menu santapan semacam nasi kucing, sate lilit, wedang serai serta ketahui bola.

Selagi menikmati santapan kalian pula ditemani dengan lantunan musik dang ending gending Jawa. Menariknya lagi, tempat makan ini buka 24 jam sehingga tidak butuh takut bila tengah malam kalian merasa lapar.

Alamat lengkap: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Temukan di Google Map

9. Mie Ayam Bu Tumini

Mie ayam Bu Tumini
credit image:instagram@kulinerjogya

Mie ayam satu ini dapat dikatakan salah satu tempat wisata kuliner legendaris di Jogja. Mie Ayam Bu Tumini ini telah terdapat semenjak tahun 1990. Yang menarik dari Mie Ayam Bu Tumini ini ialah mie- nya terbuat sendiri. Dalam satu hari, tempat makan ini dapat menghabiskan dekat 70 kilogram terigu buat membuat adonan mie.

Mie ayam disini mempunyai tekstur mie yang kenyal serta kuah yang kental gurih bercampur dengan bumbu ayamnya. Disini terdapat sebagian menu yang dapat kalian pesan semacam mi ayam ceker, mi ayam jumbo sampai mi dengan bonus ekstra ayam.

Alamat lengkap: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

Temukan di Google Map

10. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele
credit image:instagram@surabayafoodies

Kuliner khas yang lain yang tidak boleh kalian lewati ialah mangut lele, dimana salah satu penjualnya ialah Mangut Lele Mbah Marto. Tempat makan satu ini jadi salah satu tempat makan legendaris sebab telah buka semenjak tahun 1945.

Alamat lengkap: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Temukan di Google Map

11. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak
credit image:instagram@jogjafood

Tempat makan satu ini terus menjadi populer sehabis timbul di film Terdapat Apa Dengan Cinta 2. Tempat makan ini bernama Sate Klatak Pak Bari, dimana tempat wisata kuliner ini legendaris di Jogja. Sate Klatak Pak Bari ini berdiri semenjak tahun 1945.

Sate klatak sendiri merupakan sate kambing muda umur 8 sampai– 9 bulan yang empuk serta dibumbui dengan garam. Satu jatah sate klatak ini berisi 2 tusuk sate kambing muda, sepiring nasi, gulai serta minum.

Alamat lengkap: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Temukan di Google Map

Post a Comment for "11 Destinasi Wisata Kuliner Jogja"