Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Sawah Svargabumi Magelang

 

Wisata Sawah Svargabumi Magelang
credit image:[email protected]

Wisata sawah Svargabumi Magelang - Pada postingan artikel kali ini, saya akan mengulas dan membagikan kepada Anda salah satu tempat wisata di kota Magelang yang sedang hits dan populer yaitu Svargabumi. 

Svargabumi sendiri merupakan tempat wisata yang tergolong masih baru, namun dengan cepat menjadi begitu populer dan banyak di kunjungi oleh wisatawan, karena menawarkan sesuatu yang berbeda yang membuat wisatawan merasa tertarik untuk berkunjung ke sana.

Biasanya sawah sangat identik dengan petani. Dengan pakaian lusuh penuh dengan lumpur, mereka sehari-hari berjibaku untuk menanam padi dan tanaman lainnya di sawah dan ladang milik mereka. 

Lokasi wisata Svargabumi ini banyak dikunjungi oleh artis, pejabat hingga kalangan millenial, dimana mereka semuanya ramai-ramai berkunjung ke tempat itu.

Sekilas Informasi Tentang Svargabumi

Adalah Svargabumi, adalah sawah yang kini telah naik kelas sehingga menjadi tujuan wisata unggulan di daerah Magelang. Sejak dibuka pertama kali pada tanggal 8 Agustus 2020 yang lalu, Svargabumi kini telah berubah menjadi sawah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan karena telah viral di media sosial.

Konsep wisata alam yang diusung di Svargabumi sangat menarik. Lokasinya yang erada di tengah-tengah sawah, dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilakn banyak sekali spot berfoto yang instagramable. 

Selain itu, lokasinya yang hanya sekitar 300 meter dari lokasi Candi Borobudur, membuat Svargabumi tampak begitu eksotis. Orang bisa berfoto dengan background atau latar belakang berupa area persawahan dan juga Candi Borobudur yang berdiri dengan megahnya.

Lokasi Svargabumi

Berlokasi di Jalan Borobudur, Ngadiharjo, Sawah, Kecamatan Borobudur, Magelang, wisata Svargabumi tersebut menyajikan pemandangan area persawahan yang begitu indah. Tak hanya itu, berbagai spot instagramable juga tersedia di sana.

Selain bisa berfoto dengan bebas, para pengunjung juga bisa melihat aktivitas petani yang sibuk menggarap sawah mereka setiap hari. Mereka seperti tidak terusik dengan ramainya pengunjung yang datang, oleh karena itu para petani tersebut terlihat tetap santai menggarap sawahnya.

Menurut penuturan dari penggagas tempat wisata Svargabumi tersebut yakni Putranto Cahyono, mengatakan, "Tema Svarga Bumi adalah pelestarian alam dengan nilai tambah. Jadi, kami tetap mempertahankan sawah sebagai tempat bercocok tanam, dan memberikan nilai tambah dengan mendatangkan wisatawan."

Pungky, sapaan akrab dari Bapak Putranto Cahyono mengatakan, destinasi wisata itu dia konsep sejak bulan Juli 2019 yang lalu. Karena tak ingin hanya Candi Borobudur saja yang menjadi tujuan wisatawan, dia memutar otak dengan mengembangkan sebuah tempat wisata baru yang berbeda dengan tempat lain.

Dengan tetap mempertahankan Candi Borobudur sebagai ikon, maka kemudian dia menyulap area persawahan yang biasanya hanya untuk bercocok tanam menjadi destinasi wisata unggulan.

Kemudian Bapak Putranto Cahyono juga mengatakan "Sawah-sawah ini masih 100 persen milik petani, jadi kami menyewa sawah ini kepada mereka. Tapi, mereka tetap bisa menggarap sawahnya, bahkan kami suplai keperluan mereka, mulai air, pupuk hingga bibit bagi petani untuk terus menanam di sini. Saat panen, kami tidak meminta sedikitpun hasilnya,"

Dengan kerja sama itu, maka para petani tidak merasa dirugikan dengan aktivitas destinasi wisata yang ada di sana. Justru, mereka menjadi lebih produktif, karena pengairan, bibit serta pupuk disuplai oleh pengelola Svargabumi.

Di lokasi tersebut, ada sekitar 30an orang petani yang memiliki lahan seluas empat hektare ini. Semuanya tetap bisa bekerja seperti biasanya, dan itu yang menjadi nilai tambah objek wisata ini karena terlihat alami.

Untuk menikmati wisata di Svargabumi, para pengunjung dipungut biaya untuk tiket masuk yaitu sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Tempat wisata itu buka setiap hari, kecuali hari Kamis (libur).

Tempat wisata Svargabumi dengan cepat menjadi viral di media sosial, sehingga kemudian menarik perhatian dari Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Saat mengikuti ajang Tour de Borobudur, Ganjar Pranowo menyempatkan diri mampir ke Svargabumi tersebut.

Berdasarkan catatan, terdapat sejumlah artis nasional yang pernah berkunjung di Svargabumi yakni Nirina Zubir dan suaminya, Ernest. Mereka begitu menikmati konsep wisata yang unik dan jarang ditemui di tempat lain, apalagi lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo sangat mengapresiasi ide untuk membuat wisata Svargabumi tersebut. Menurut Beliau, ini adalah sesuatu hal dan ide yang sangat kreatif sekali.

Svargabumi ini memiliki dua buah kelebihan, selain membangun destinasi wisata yang unik dan menarik serta mengikuti tren, cara bekerjanya juga menarik karena bekerjasama dengan para petani setempat. 

Ganjar optimis bahwa tempat itu akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Ganjar berpesan, agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan agar semuanya tetap merasa aman dan nyaman.

Wisata Sawah Svargabumi Magelang
credit image:[email protected]svarga.vwtripwisata

Berikut ini adalah 5 pesona wisata sawah Svargabumi Magelang, antara lain:
  • Menikmati pemandangan alam berupa hamparan persawahan sambil berayun ria
  • Sarapan pagi di tengah sawah.
  • Untuk berolahraga
  • Tempat untuk bersantai
  • Merupakan salah satu spot paling instagramable
Bagi pengunjung yang datang dari Candi Borobudur cukup pergi ke arah selatan, yaitu ke arah Balkondes Ngaran. Lokasi tepatnya ada di tengah persawahan, pinggir jalan, di perbatasan Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.

4 Fakta Tentang Wisata Sawah Svargabumi Magelang

Svargabumi adalah sebuah obyek wisata yang berada di Kelurahan Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasinya berada tidak jauh dari Candi Borobudur yang sudah sangat terkenal kemegahannya, membuat obyek wisata itu menjadi pelengkap wisata alternatif yang berada di kawasan Candi Borobudur selain dari objek wisata Puthuk Setumbu dan juga Gereja Ayam.

Svargabumi menyajikan konsep wisata yang sangat out of the box dan instagramable dengan lokasinya yang berada di tengah sawah dilengkapi dengan spot berfoto yang menarik. Faktanya, keberadaan tempat wisata itu tidak hanya mampu memberikan keuntungan bagi pengelolanya,akan tetapi juga  untuk petani sekaligus masyarakat yang berada di sekitarnya.

Alasan Dibalik Pemikihan Nama Svargabumi

Svargabumi memiliki arti syurga keindahan yang ada di muka bumi. Menurut penggagasnya yakni  Pungki, ide mendirikan taman wisata itu karena lokasinya yang berada cukup dekat dengan Candi Borobudur, yakni hanya sekitar 300 meter.

Svargabumi merupakan objek wisata alternatif bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Candi Borobudur dan ingin melepaskan kepenatan yang mereka rasakan. Svargabumi sangat cocok karena suasananya yang tenang dan alami dengan hembusan angin sepoi - sepoi yang menerpa wajah dan tubuh Anda.

Lokasi objek wisata Svargabumi dulunya merupakan sawah tadah hujan. Itu artinya sawah tersebut sangat bergantung pada turunnya hujan sebagai irigasinya, sehingga agak kurang produktif.

Pihak pengelola objek wisata Svargabumi kemudian menyewa lahan sawah tersebut dengan konsep simboisis mutualisme (saling menguntungkan). Mereka kemudian membuat sistem irigasi sederhana serta memberikan bibit dan pupuk kepada para petani tersebut. Hal inilah yang membuat para petani tersebut akhirnya mampu mengelola sawahnya sepanjang waktu tanpa bergantung kepada turunnya hujan saja.

Niat baik dari pengelola objek wisata Svargabumi tentu mendapatkan sambutan baik dari para petani tersebut. Pihak pengelola objek wisata tersebut juga tidak meminta bagi hasil dari hasil panen sawah para petani tersebut, karena niat  mereka adalah untuk mensejahterakan para petani di lokasi itu.

Harga Tiket Masuk Svargabumi 

Harga tiket masuk di lokasi wisata Svargabumi atau Wisata Sawah Magelang, sebagai berikut:
  • Orang dewasa : Rp25.000 
  • Anak-anak :Rp15.000
Harga tersebut tergolong sangat murah, mengingat fasilitas yang akan Anda dapatkan di objek wisata tersebut. Anda bisa bersantai di tempat yang indah layaknya berada di syurga dan selfie gratis di lebih dari 20 spot berfoto yang sangat instagramable.

Jam Operasional Svargabumi 

Berikut ini adalah jam operasional objek wisata Svargabumi, yaitu:
  • Setiap hari  mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB pada weekday (Kecuali hari Kamis libur)
  • Sabtu & Minggu mulai pukul 06.30 - 18.00 WIB
Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu alias weekend, Svargabumi buka mulai pukul 06.30 sampai 18.00 WIB. 

Alamat Lengkap: Jl. Borobudur - Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Temukan Di Google Map

Demmikianlah uraian artikel tentang wisata sawah Svargabumi Magelang. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Selamat berlibur

Post a Comment for "Wisata Sawah Svargabumi Magelang"