Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kuliner Khas Cilegon Yang Enak Dan Populer

 

Wisata Kuliner Khas Cilegon Yang Enak Dan Populer

Wisata Kuliner Khas Cilegon Yang Enak Dan Populer - Selain wisata alam dan pantai yang sudah di uraikan di artikel sebelumnya, kota Cilegon juga memiliki tempat wisata kuliner yang sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan. Kuliner adalah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia karena sangat berhubungan dengan konsumsi makanan sehari-hari. 

Jika Anda ingin menikmati hidangan aneka kuliner menarik dan unik dengan berbagai macam pilihan di daerah Cilegon maka Anda bisa berkunjung ke kota ini. Anda bisa memilih tempat makan yang enak sambil menikmati suasana outdoor yang santai.

Berikut Ini Adalah Tempat Wisata Kuliner Di Kota Cilegon, Antara Lain:

1. Ayam Bekakak Kranggot

Ayam Bekakak Kranggot
credit image:[email protected]_8362


Apakah Anda pernah mendengar nama makanan tersebut? Ayam Bekakak Kranggot adalah menu khas dari kota Cilegon. Sekilas kuliner ini hampir sama dengan ayam bakar pada umumnya yang kita kenal, namun yang membedakan adalah bumbunya yang menggunakan bumbu khas daerah Banten yang kaya dengan rempah - rempah. Selain cita rasa ayam bekakak Kranggot ini juga lebih nikmat.

Ayam Bekakak Kranggot memiliki cita rasa yang khas, agak sedikit pedas, namun agak manis. Menu kuliner yang lezat ini biasanya disajikan pada acara-acara selamatan (syukuran), khitanan, pernikahan, maulidan dan sebagainya. 

Ayam yang digunakan sebagai bahan dasar masakan tersebut bukanlah ayam potong biasa yang di jual di pasar, akan tetapi merupakan ayam kampung. Kini masakan khas ini tidak hanya disajikan dalam acara eksklusif saja, akan tetapi juga dipasarkan di warung-warung makanan yang ada di kota Cilegon ini.

Alamat Lengkap : Jl. Raya Cilegon, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42416

Temukan Di Google Map

2. Sate Bandeng 

Sate Bandeng
credit image:[email protected]

Kuliner khas kota Cilegon, provinsi Banten berikutnya adalah sate bandeng. Sate Bandeng khas kota Cilegon ini di sajikan dengan bahan baku utama ikan Bandeng yang di hidangkan tanpa duri. 

Tidak seperti kuliner Bandeng presto khas kota Semarang atau Bandeng cabut duri khas kota Sidoarjo, maka sate Bandeng khas Cilegon ini diciptakan dengan teknik menumbuk daging bandeng yang sudah dihilangkan durinya kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu spesial yakni bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula merah, garam dan di tambah dengan parutan kelapa yang tidak terlampau tua.

Cara memasak sate Bandeng ini laksana juru masak Kesultanan Banten dengan tujuan untuk mempermudah dalam menyantap hidangan sate bandeng yang notabene memiliki tidak sedikit duri - duri halus di dalam dagingnya. 

Cara lain untuk memasak sate bandeng adalah dengan menghidangkannya dalam porsi besar dan dibalut dengan daun pisang lalu dihanguskan sampai matang seperti ketika membuat pepes ikan. Pada umumnya hidangan sate bandeng ini disantap bersama - sama dengan sambal kacang dan nasi putih.

Alamat Lengkap : Jl. Raya Cilegon, Cibeber, Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Banten 42394

Temukan Di Google Map

3. Nasi Uduk Rabeg Khas Cilegon

Nasi Uduk Rabeg
credit image: [email protected]

Nasi uduk Rabeg merupakan salah satu makanan khas kota Cilegon yang sangat enak. Bisa dikatakan bahwa makanan nasi uduk Rabeg ini adalah makanan paling sakral sebab pada zaman dahulu rabeg hanya disajikan dalam acara tertentu, misalnya pernikahan (perkawinan). Makanan ini menjadi salah satu menu kesukaan Sultan Hasanuddin yang pernah memimpin kesultanan Banten pada masa lalu.

Rabeg Cilegon adalah jenis makanan berkuah yang serupa dengan masakan semur. Rabeg dibuat dari olahan daging kambing atau sapi serta dicampur dengan potongan jeroan yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah serta bumbu spesial lainnya. 

Menu kuliner yang satu ini akan makin nikmat ketika disajikan dengan spiring nasi uduk. Makanan ini menjadi salah satu menu favorit warga kota Cilegon sampai Serang. Untuk menyantap menu yang satu ini, Anda dapat mampir ke rumah makan yang terletak di sepanjang jalan Cilegon-Serang. Mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran banyak sekali yang menjual menu kuliner rabeg tersebut.

Alamat Lengkap : Jl. Cut Nyak Dien, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

Temukan Di Google Map

4. Sate Bebek Cibeber Malayeka

Sate Bebek Cibeber
image credit:[email protected]

Sate Bebek Cibeber adalah salah satu kuliner khas dari kota Cilegon. Makanan ini sama dengan sate pada umumnya yang kita kenal, hanya saja dagingnya menggunakan daging bebek. Bumbunya pun sangat khas yakni bumbu panggang khas Cibeber yang berwarna merah dengan rasa yang manis. Kebanyakan wisatawan yang menyantap menu masakan ini akan merasa puas dengan cita rasa yang didapatkan.

Sate bebek Cibeber ini tidak akan dapat Anda temukan di daerah lain, karena kuliner ini merupakan kuliner khas masyarakat kota Cilegon khususnya dan Banten pada umumnya.

Satu hal yang unik dari Sate Bebek Cibeber ini adalah cita rasanya yang tidak amis. Seperti yang umum kita ketahui bahwa daging bebek atau daging mentog biasanya akan berbau bau amis yang menyengat.

Akan tetapi dengan proses pengolahan yang benar dan khusus ternyata daging bebek  tersebut dapat di olah menjadi masakan yang lezat dan tidak ada bau amisnya. 

Alamat Lengkap : Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42416

Temukan Di Google Map

5. Kue Gipang 3 Bunda

Kue Gipang
credit image:[email protected]

Kue Gipang atau kita kenal sebagai kue Jipang merupakan makanan tradisional yang dapat Anda temukan di kota Cilegon. Kue jipang sendiri kita ketahui telah menjadi makanan khas dari pulau Jawa, karena di setiap wilayah yang ada di pulau ini memiliki makanan tersebut, namun dengan variannya sendiri-sendiri, tidak terkecuali kota Cilegon ini. Rasanya yang renyah, manis dan tidak banyak lengket menjadi karakteristik kue jipang yang kita kenal.

Rasa manis dan lengket yang didapatkan kue jipang berasal dari bahan baku beras ketan yang dicampur dengan air gula. Seiring dengan perkembangan zaman, maka kue jipang kini telah memiliki tidak sedikit varian rasa di samping rasa gula merah terdapat pula rasa pandan dan rasa-rasa lainnya. 

Kue Gupang ini sangat mudah dijumpai di daerah-daerah di wilayah provinsi banten khususnya di kota Serang dan Cilegon. Kue Gipang memang pas dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Cilegon ketika Anda berlibur di provinsi Banten ini.

Alamat Lengkap : jl. purbaya 156 RT17/01 palas bendungan, Bendungan, Kec. Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42417

Temukan Di Google Map

6. Kue Ketan Bintul 

Kue Ketan Bintul
credit image:[email protected]

Kue Ketan Bintul merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang dikenal sebagai makanan khas dari kota Serang dan Cilegon. Pada awalnya, makanan ini adalah makanan khas dari kota Serang, namun kini juga telah menjadi makanan khas kota Cilegon. 

Hal ini tentu dapat di maklumi karena sebelum menjadi kota sendiri, Cilegon adalah bagian dari distrik kabupaten Serang. Ketan bintul sekilas memiliki bentuk dan tampilan seperti makanan ketan biasa yang kita kenal, hanya saja kue ketan bintul ini memakai topping serundeng alias parutan kelapa yang digoreng. Penyajiannya juga memiliki cara yang unik, yaitu dengan memakai daun pisang.

Kue Ketan Bintul dikenal sebagai menu wajib bagi masyarakat kota Serang dan Cilegon ketika bulan puasa (Ramadhan) tiba yakni sebagai makanan takjil. Bagi masyarakat di kedua kota ini, akan terasa ada yang kurang ketika tidak ada makanan ini ketika mereka akan berbuka puasa.

Alamat Lengkap : Jl. Maulana Hasanudin No.82, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112

Temukan Di Google Map

7. Kerupuk Dapros

Kerupuk Dapros
credit image : [email protected]

Apakah Anda pernah mendengar tentang kerupuk dapros? Saya yakin sebagian besar dari kita tidak mengetahuinya,  karena kita hanya mengenal yang namanya kerupuk udang, kerupuk rambak atau kerupuk terasi. Kerupuk Drapos ini merupakan makanan khs yang hanya dapat Anda jumpai di kota Cilegon, provinsi Banten.

Sama seperti halnya kue ketan bintul, maka kerupuk dapros pun menjadi salah satu makanan khas yang di sajikan di bulan puasa (Ramadhan). Kerupuk ini dibuat dari bahan baku utama tepung terigu, namun tidak seluruh orang dapat membuatnya karena memerlukan keterampilan khusus untuk membuat makanan yang satu ini. 

Krupuk dapros sangat identik dengan bentuknya yang unik yaitu menyerupai bentuk bunga yang sedang mekar. Nah, bila Anda sedang liburan ke kota Cilegon, maka Anda tidak boleh lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini. Kerupuk Dapros juga dapat di jadikan sebagai oleh - oleh untuk Anda bawa pulang ketika Anda berlibur di provinsi Banten ini.  

Alamat Lengkap : Jl. Raya Baros Petir No.8, Sidamukti, Kec. Baros, Serang, Banten 42173

Temukan Di Google Map

Itulah ulasan artikel terkait dengan Wisata Kuliner Khas Cilegon Yang Enak Dan Populer. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda.

referensi: https://7terbaik.com/wisata-kuliner-cilegon

Post a Comment for "Wisata Kuliner Khas Cilegon Yang Enak Dan Populer"