Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon Yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan

 

Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon Yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan
credit:instagram@cilegon

Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan - Cilegon merupakan nama sebuah kota yang berada di provinsi Banten yang letaknya ada di bagian barat pulau Jawa. Cilegon sendiri merupakan Ibukota dari Provinsi Banten.

Provinsi Banten sendiri memiliki begitu banyak kawasan dan destinasi wisata yang hits dan sangat populer, bukan hanya di Indonesia bahkan hingga sampai ke Mancanegara.

Selain kawasan wisata pantai, provinsi Banten juga memiliki destinasi wisata yang lain seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata keluarga, wisata religi dan wisata sejarah (Heritage).

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan kepada Anda beberapa obyek wisata yang ada di kawasan Cilegon provinsi Banten, sebagai referensi untuk Anda.

Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon Yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan, antara lain:

  • Kawasan Vihara Avalokitesvara 
  • Kawasan Wisata Pantai Sambolo Anyer
  • Kawasan Benteng Speelwijk
  • Kawasan Wisata Pulau Merak Kecil
  • Kawasan Wisata Pulau Merak Besar
  • Kawasan Wisata Pulau Lima
  • Kawasan Wisata Gunung Pinang

1. Kawasan Vihara Avalokitesvara 

Vihara Avalokitesvara
credit: instagram@azanatylemadura

Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu kelenteng tertua yang berada di provinsi Banten dengan berbagai cerita sejarah yang ada di belakangnya. Kelenteng tersebut merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata sejarah dan wisata religi di kawasan Cilegon, terutama bagi mereka penganut ajaran agama Budha.

Mengutip halaman situs https://www.indonesiakaya.com/, disana di nyatakan bahwa Vihara tersebut merupakan peninggalan abad ke 16.

Pembangunan vihara tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari peranan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, yang merupakan salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. 

Vihara Avalokitesvara ini terletak sekitar 15 km ke arah utara dari Kota Serang, provinsi Banten.

Sejarah mencatat bahwa Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati ini memiliki seorang istri yang masih keturunan kaisar Tiongkok bernama Putri Ong Tien. 

Karena melihat masih banyak pengikut putri tersebut yang masih memegang teguh keyakinannya, maka Sunan Gunung Jati kemudian membangun vihara tersebut pada tahun 1542 di wilayah Banten, atau tepatnya berada di Desa Dermayon, tidak jauh dari lokasi Masjid Agung Banten. Namun, pada tahun 1774 vihara tersebut dipindahkan ke Kawasan Pamarican hingga sekarang.

Menurut versi yang lain menyebutkan, bahwa Vihara tersebut dibangun pada tahun 1652, yakni pada masa keemasan kerajaan Banten ketika masih dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa.

Keberadaan pintu gerbang dengan atap berhiaskan dua naga memperebutkan mustika sang penerang (matahari) akan menyambut kedatangan para pengunjung di pintu masuk Vihara yang memiliki nama lain kelentang Tri Darma ini.

Sebutan Klenteng Tri Darma diberikan karena vihara ini melayani tiga kepercayaan umat sekaligus. Yaitu penganut Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddha. Walaupun diperuntukan bagi 3 umat kepercayaan namun bagi wisatawan yang beragama lain sangat diperbolehkan untuk berkunjung dan melihat bangunan Vihara tersebut.

Area kawasan Vihara Avalokitesvara memiliki luas mencapai 10 hektar dengan altar Dewi kwan Im sebagai Altar utamanya. Di altar tersebut terdapat patung Dewi Kwan Im yang berusia hampir sama dengan bangunan vihara tersebut. Selain itu di sisi samping kanan dan kiri terdapat patung dewa-dewa yang berjumlah 16 buah dan tiang batu yang berukir naga.

Kelenteng atau Vihara yang pernah terbakar pada tahun 2009 ini juga memiliki ukiran - ukiran yang menceritakan bagaimana kejayaan wilayah Banten Lama saat masih menjadi kota pelabuhan yang ramai. Terletak di samping vihara, ukiran ini juga menceritakan bagaimana vihara ini digunakan sebagai tempat berlindung saat terjadi tsunami akibat dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Bagi Anda yang beragama budha, tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Terdapat berbagai fasilitas untuk pengunjung yang datang ke Vihara tersebut, diantaranya tempat parkir kendaraan yang luas dan penginapan untuk para umat yang ingin mengikuti acara Vihara.

Alamat Lengkap : Jl. Tubagus Raya, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

Temukan Di Google Map

2. Kawasan Wisata Pantai Sambolo Anyer

Pantai Sambolo
credit:instagram@firstydignaf

Tempat wisata populer selanjutnya yang selalu ramai di kunjungi wisatawan adalah Pantai Sambolo Anyer. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wisata pantai Anyer adalah salah satu kawasan pantai yang ada di Anyer (di bagian barat pulau Jawa, dekat dengan selat Sunda) dengan segal keunikan dan keindahanya yang berupa hamparan pasir putih yang luas dan panorama lautnya yang begitu indah dan mempesona.

Kawasan wisata di sepanjang pantai Anyer ini sudah sangat populer bukan saja di Indonesia, akan tetapi hingga ke Mancanegara.

Alamat Lengkap : Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Banten 42112

Temukan Di Google Map

3. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk
credit:instagram@rexadwipermana_

Tempat wisata populer di Cilegon selanjutnya adalah Benteng Speelwijk. Benteng tersebut merupakan salah satu benteng peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih ada hingga sekarang. Nama benteng tersebut diambil dari nama Gubernur VOC saat itu yang bernama Cornelis Janzoon Speelman dan dirancang oleh Hendrick Lucaszoon Cardeel. 

Saat ini, benteng tersebut di fungsikan sebagai salah satu tujuan wisata sejarah dan edukasi yang cukup populer dan menarik di kota Cilegon, provinsi Banten. Tempat ini sangat recommended untuk Anda kunjungi bersama dengan putra - putri Anda, karena akan menanamkan rasa cinta terhadap tanah airnya.

Alamat Lengkap : Kampung Pamarican, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

Temukan Di Google Map

4. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil
credit:instagram@azmisyahdawafi

Kawasan Pulau Merak Kecil merupakan salah satu tempat wisata di Cilegon yang memiliki panorama indah dan mempesona. Di pulau ini Anda akan menikmati nusansa pantai sekaligus alam yang masih asri dan juga pesona lautnya yang cukup indah dan mempesona.

Alamat Lengkap : Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten

Temukan Di Google Map

5. Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar
credit:instagram@vheraa_

Setelah mengunjungi kawasan pulau Merak kecil, Anda bisa melanjutkan liburan Anda ke pulau Merak Besar. Sebenarnya Pulau Merak Besar tersebut secara resmi memang bukan tempat wisata yang di kelola secara resmi oleh pemerintah. 

Di pulau Merak Besar terdapat beberapa binatang yang dilindungi oleh Badan Konversi Sumber Daya Alam. Maka dari itu, rencana pembangunan pulau ini sebagai tempat liburan mempunyai banyak kendala karena kawasan ini lebih di fokuskan sebagai tempat konservasi alam.

Namun demikian, kendati tempat ini belum secara resmi dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, Anda masih bisa mengunjunginya, dengan mentaati peraturan-peraturan yang ada di kawasan tersebut.

Alamat Lengkap : Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten

Temukan Di Google Map

6. Pulau Lima

Pulau Lima
credit:instagram@jehansepwieana

Tempat wisata populer lainnya yang ada di kota Cilegon adalah Pulau Lima. Pulau Lima ini merupakan salah satu tempat wisata yang menghadirkan pemandangan yang unik dan berbeda dari pulau-pulau lainnya. 

Pulau Lima menghadirkan pemandangan berupa hamparan pasir putih yang halus serta pesona hijau hutan mangrove yang masih terjaga kelestariannya.

Selain itu, kondisi air laut di sekitar pulau Lima ini sangat bersih, jernih dan tentu saja sangat menyejukan mata. Pulau ini juga menghadirkan fasilitas gazeboyang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang ingin sekedar singgah dan beristirahat sejenak. 

Alamat Lengkap : Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten

Temukan Di Google Map

7. Gunung Pinang

Gunung Pinang
credit:instagram@wisata_gunungpinang

Gunung Pinang merupakan kawasan wisata alam yang cukup populer di kota Cilegon. Kawasan wisata Gunung Pinang ini menghadirkan pemandangan alam yang cukup indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Terdapat banyak sekali spot foto menarik yang dihadirkan, sehingga tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai photografi.

Selain dari pemandangan alam pegunungan yang indah, Gunung Pinang juga menghadirkan suasana yang nyaman dengan semilir anginnya yang terasa sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati segarnya udara pegunungan dan melepaskan kepenatan pikiran akibat dari rutinitas pekerjaan Anda sehari - hari.

Alamat Lengkap : Pejaten, Kec. Kramatwatu, Serang, Banten 42616

Temukan Di Google Map

Demikianlah uraian artikel tentang Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon Yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Daftar Tempat Wisata Populer Di Cilegon Yang Selalu Ramai Kunjungi Wisatawan"