Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat


Wayag
image via instagram@inspiring_momment

Pada artikel kali ini, kembali saya akan mengeksplore obyek wisata yang berada di kawasan Indonesia bagian timur. Dan seperti yang sudah saya publikasikan dalam beberapa artikel saya sebelumnya tentang keindahan obyek wisata di kawasan Indonesia timur, maka artikel ini sekali lagi menegaskan bahwa potensi kekayaan alam di bagia timur Indonesia memang sangat menjanjikan secara ekonomi.

Tentu bukan rahasia lagi jika kawasan Indonesia timur memang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang sangat luar biasa. Maka tidak salah rasanya jika salah satu tujuan wisata utama dan paling populer di Indonesia berada di kawasan sini. Sebut saja kawasan wisata Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Kawasan wisata Wakatobi dan tentu saja yang paling terkenal yakni kawasan wisata Raja Ampat di Papua Barat. Kawasan wisata Raja Ampat ini adalah salah satu yang paling populer sebagai destinasi wisata di sana, bukan hanya untuk wisatawan domestik bahkan untuk wisatawan asing dari mancanegara. Mungkin jika bandingkan, kepopuleran Raja Ampat ini sejajar dengan Wakatobi dan Bali.

Sekedar informasi bahwa sekitar 80% dari total luas wilayah Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat berupa perairan, sehingga sangat masuk akal jika pemerintah daerah memaksimalkan potensi wisata bahari di kawasan ini untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Papua Barat. 

Kawasan wisata Raja Ampat merupakan gugusan pulau - pulau kecil yang jumlahnya sangat banyak sekitar 1.500 buah pulau. Lokasinya berada di kawasan yang disebut sebagai kawasan kepala burung Papua Barat. Ada 4 buah pulau yang merupakan pulau terbesar di kawasan wisata ini yakni  pulau Misool, pulau Salawati, pulau Batanta, dan pulau Waigeo.

Bila di hitung total luas wilayah geografis(baik perairan maupun daratan) di kawasan wisata Raja Ampat mencapai sekitar 40.000 km2, dan ini sudah mencakup wilayah taman nasional laut terbesar di Indonesia yakni Teluk Cendrawasih Papua Barat.

Keindahan alam bawah laut di kawasan wisata Raja Ampat sudah sangat terkenal di kalangan para penyelam profesional baik di Indonesia dan dunia. Bahkan kawasan wisata kepulauan ini dianggap sebagai salah satu dari 10 situs diving terbaik yang ada di dunia.

Menurut  penghitungan yang dilakukan oleh Coral Reef Rehabilitation and Management Program (Coremap), kawasan wisata Raja Ampat ini memiliki kekayaan dan keunikan jenis spesies yang sangat beragam. Menurut perhitungan mereka ada sekitar 1.104 jenis ikan, 699 jenis moluska, dan 537 jenis hewan karang lainnya.

Selain dari keanekaragaman biota laut tersebut, kawasan wisata Raja Ampat juga memiliki keanekaragaman terumbu karang, padang lamun, hutan mangrove, dan pantai tebing berbatu yang sangat indah dan mempesona. Potensi tersebut tentu sangat menarik bagi para pengusaha di bidang  ekowisata untuk mengembangkan moda transportasi dan akomodasi untuk menunjang perkembangan wisata di kawasan tersebut.

Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat
image via instagram@exploreinusantara

EKSPLORE KAWASAN OBYEK WISATA RAJA AMPAT

Bagi banyak orang, memiliki kesempatan untuk berlibur di kawasan wisata Raja Ampat adalah sebuah mimpi yang yang sangat diidam - idamkan. Dengan banyaknya pemberitaan tentang wisata Raja Ampat ini di berbagai media massa dan juga di internet membuat kawasan ini menjadi semakin populer. Ya, kawasan wisata Raja Ampat ini memang sangat indah dan sangat cocok untuk siapapun yang menyukai petualangan bahari seperti diving (menyelam), Snorkeling, Photografi dan sebagainya.

Berikut ini adalah aktivitas dan hal yang akan Anda jumpai di Raja Ampat, antara lain:
  • Melihat Wayag 
  • Mengunjungi Pasir Timbul
  • Mengunjungi Air Terjun Batanta
  • Menikmati Panorama Bawah Laut Raja Ampat
  • Melihat burung Cendrawasih menari
  • Menjelajahi Catatan Sejarah Purba
  • Mengenal Suku Adat Raja Ampat
  • Melihat Danau Ubur-Ubur Di Pulau Misool
  • Menyantap Cacing Laut Goreng
Melihat Wayag 

Salah satu yang menjadi daya tarik dari kawasan wisata Raja Ampat ini adalah keberadaan Wayag. Wayag sendiri merupakan jejeran atau deretan gugusan batu karang yang berbalut warna kehijauan yang menyebar di birunya lautan. Panorama dan keindahan yang sangat luar biasa inilah yang menjadikan Raja Ampat begitu populer di dunia. Berfoto dengan latar belakang gugusan batu karang atau wayag tersebut  tentu menjadi hal yang sangat berkesan bagi siapapun. Gugusan batu karang tersebut akan lebih indah bila dilihat dari udara dengan menggunakan drone. Banyak yang menyebut kalau kawasan Raja Ampat ini adalah syurga yang tersembunyi di Papua.

Selain Wayag tersebut, Anda juga dapat menikmati panorama lain yang tidak kalah indahnya yakni berupa gugusan batu karang yang hijau di Pianemo. Lokasi ini berada di ketinggian sehingga wisatawan yang datang kesana dapat menikmati perpaduan pemandangan yang luar biasa antara gugusan batu karang, birunya laut, dan langit biru yang cerah. Pianemo sering disebut orang sebagai Wayag versi mini.

Mengunjungi Pasir Timbul

Selain gugusan batu karang atau wayag di atas, di kawasan wisata Raja Ampat ini, Anda juga dapat menjelajahi indahnya pasir putih Raja Ampat. Ada satu tempat yang memiliki keindahan landscape berupa hamparan pasir putih yang sangat menawan, yakni Pasir Timbul. Pulau Pasir ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Mansuar. Hamparan pasir di pulau ini akan muncul ketika laut sedang dalam keadaan surut pada siang hari.

Bagi Anda yang menyukai photografi, maka momen tersebut akan sangat sayang jika Anda lewatkan. Luangkan waktu Anda untuk berphoto - photo di pulau Pasir tersebut.

Mengunjungi Air Terjun Batanta

Anda bisa menjumapai sebuah lokasi air terjun yang sangat indah jika berkunjung ke kawasan Raja Ampat ini. Air terjun tersebut adalah air terjun Batanta. Anda akan merasakan segarnya air dan udara yang ada di lokasi wisata tersebut.

Selain Air Terjun Batanta, wisatawan juga dapat melihat langsung burung yang menjadi ikon Papua, Cendrawasih. Burung asli dari Papua ini dapat ditemui di Desa Sawinggrai. Memang perlu usaha yang cukup keras agar dapat melihat burung ini mengingat keberadaannya yang langka.

Menikmati Panorama Bawah Laut Raja Ampat

Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat
image via instagram@hennys_uw_world


Seperti yang sudah saya sampaikan di awal artikel ini, bahwa kawasan wisata Raja Ampat ini menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat beragam dan sangat memikat. Setidaknya terdapat sekitar 1500 jenis spesies ikan, 500an spesies koral, dan lebih dari 600 hewan tak bertulang belakang yang ada di wilayah Raja Ampat ini. Di kawasan ini Anda juga dapat menjumpai ikan pari manta yang memiliki lebar tubuh hingga mencapai 2 meter bahkan lebih.

Diving dan snorkeling adalah aktivitas bawah laut yang bisa Anda pilih di sini. Terdapat banyak spot menarik untuk melakukan penyelaman di kawasan ini, dan jika Anda sedang beruntung maka Anda akan berjumpa dengan ikan pari Manta tersebut dan berenang bersama - sama dengannya. 

Pulau Misool merupakan salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya bagi mereka yang merupakan pecinta keindahan alam bawah laut. Wisatawan dapat melihat dengan mata kepala mereka sendiri aneka ragam biota laut di kawasan ini. Selain ikan pari manta di bagian selatan pulau misool ini Anda juga dapat berjumpa dengan ikan lumba-lumba.

Pulau Misool ini merupakan salah satu dari empat pulau besar yang berada di Raja Ampat. Pulau Misool terbagi menjadi empat bagian, yakni Misool Barat, Misool Utara, Misool Timur, dan Misool Selatan.

Lokasi penyelaman terbaik di kawasan Raja Ampat ini ada di pulau Kri. Dalam sekali menyelam, Anda dapat menjumpai sebanyak 300 jenis spesies ikan yang ada di kawasan tersebut.

Selain kedua lokasi tersebut, masih banyak lokasi wisata di kawasan Raja Ampat ini yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang mempesona, misalnya  Star Lagoon, Magic Mountain, Blue Magic, Selat Dampier, dan sebagainya. 

Melihat burung Cendrawasih menari

Burung Cendrawasih
image via instagram@adventureindonesia

Selain keindahan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki keindahan alam daratan yang tidak kalah indahnya.  Sebagai contoh misalnya, wisatawan yang datang berkunjung bisa menyaksikan burung-burung Cendrawasih menari. Burung Cendrawasih yang menari ini merupakan burung jantan yang sedang mencoba menarik perhatian burung Cendrawasih betina. Burung Cendrawasih ini tidak akan Anda jumpai di daerah lain, karena burung ini adalah burung asli Papua.

Menjelajahi Catatan Sejarah Purba

Teluk Kabul adalah lokasi dimana Anda dapat menjumpai lukisan telapak di dalam gua karst yang berada di kampung Harapan Jaya pulau Misool. Lukisan - lukisan tersebut berupa gambar manusia, kapal laut serta gambar binatang seperti cicak dan kadal.

Mengenal Suku Adat Raja Ampat

Ketika berlibur ke kawasan wisata Raja Ampat ini, Anda berkesempatan untuk berkenalan dengan suku - suku yang ada di wilayah tersebut. 

Berikut ini adalah suku - suku yang ada di wilayah Raja Ampat, antara lain:
  • Suku Wawiyai (Wauyai)
  • Suku Kawe
  • Suku Laganyan
  • Suku Ambel
  • Suku Batanta
  • Suku Tepin
  • Suku Fiat
  • Suku Domu
  • Suku Waili dan Butlih
  • Suku Moi (Moi-Maya)
  • Suku Matbat
  • Suku Misool
  • Suku Biga
  • Suku Biak
Anda bisa lebih mengenal suku - suku tersebut dan mencoba untuk lebih mengenal budaya dan tradisi mereka selama berlibur di kawasan Raja Ampat ini.

Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat

Mayoritas masyarakat di kawasan ini berprofesi sebagai nelayan, mengingat sebagian besar wilayah ini memang berupa lautan. Mereka menangkap ikan di laut dengan cara menyelam dan membawa tombak. 

Melihat Danau Ubur-Ubur Di Pulau Misool

Danau Ubur - Ubur ini berada di pulau Misool dan bernama danau ubur - ubur Lenmakana. Bila selama ini  ubur - ubur di kenal sebagai binatang yang beracun dengan sengatannya, maka khusus untuk ubur - ubur yang ada di danau ini tidak beracun dan sangat aman untuk Anda.

Menyantap Cacing Laut Goreng

Di kawasan raja Ampat ini Anda dapat menjumpai makanan berupa cacing laut goreng. Rasanya sangat gurih dan nikmat sekali. Anda jangan membayangkan cacing tanah yang selama ini Anda kenal karena cacing laut ini adalah jenis hewan yang berbeda dan tentu saja sangat lezat untuk di makan.

HOTEL DAN PENGINAPAN DI RAJA AMPAT

Untuk menjelajahi kawasan wisata Raja Ampat yang sangat luas tentunya tidak cukup hanya dengan dua atau tiga hari saja. Anda membutuhkan waktu yang lebih lama agar puas dalam mengeksplore segala hal yang ada di kawasan wisata ini.

Raja Ampat merupakan salah satu obyek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alamnya tentu sudah tidak bisa diragukan lagi. Sebelum Anda mengunjungi kawasan wisata Raja Ampat ini, pastikan Anda untuk memesan kamar untuk tempat menginap terlebih dahulu agar liburan Anda tenang. Wisatawan dapat memilih menginap di resort maupun homestay yang terletak di pinggir pantai.

Untuk menghemat budget atau anggaran Anda, akan lebih baik jika Anda memilih homestay daripada resort. Akan tetapi, tentu saja fasilitas yang tersedia di homestay tidak akan semewah resort. Homestay biasanya hanya berbentuk rumah sederhana dan menyatu dengan pemukiman warga. Banyak homestay yang memiliki atap dedaunan dan dinding kayu saja. Tetapi itu justru akan berkesan bagi Anda.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan fasilitas berlebih, tentu saja Anda disarankan untuk memilih mengunap di resort, karena memang dibuat dengan gaya yang lebih modern dengan fasilitas yang lebih lengkap. Beberapa buah resort bahkan menyediakan fasilitas permainan berupa water sport dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penginapan dengan harga yang murah dan terjangkau di kawasan wisata Raja Ampat ini maka Anda bisa ke pergi ke ibu kota kabupaten Raja Ampat. Di sana tersedia Achropora (cottage milik pemerintah daerah), losmen, dan beberapa homestay yang menyatu dengan perumahan penduduk.

BAGAIMANA CARA PERGI KE RAJA AMPAT

Bagi Anda yang ingin berlibur di Raja Ampat, berikut ini adalah cara untuk pergi kesana, antara lain:

1. Penerbangan dari Jakarta-Sorong dilayani oleh maskapai Express Air, Batavia Air, Lion Air, dengan lama perjalanan sekitar 5 jam. 

2. Jika Anda memilih jalur laut, maka tersedia kapal penumpang PT Pelni yang berlayar dari Jakarta-Sorong dengan lama perjalanan 3 hari.

3. Setiap pukul 14.00 tersedia kapal cepat Marina Express dan kapal feri yang melayani penumpang dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Waktu perjalanan sekitar 2,5 jam.

4. Menyewa perahu panjang dengan tarif sekitar Rp6 juta untuk 10 hari, dan sudah termasuk bahan bakar. Kalau wisatawan ingin meneruskan perjalanan sampai ke utara, atau sekitar Wayag, maka wisatawan perlu menyiapkan bahan bakar sebanyak 1.200 liter. Jarak untuk satu trip perjalanan sejauh 250 km.

BUDGET (BIAYA) LIBURAN DI RAJA AMPAT

Berikut ini adalah ilustrasi dan perkiraan anggaran yang harus Anda siapkan ketika berlibur di Raja Ampat, antara lain:

1. Tiket pesawat dari Jakarta menuju Sorong sekitar Rp. 1 hingga 3 juta rupiah. Ada beberapa opsi seperti NAM Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia yang bisa Anda pilih.

2. Sesampainya di Sorong, Anda harus menempuh jalur laut dengan kapal ferry. Ada beberapa kelas yang bisa Anda pilih. Kelas VIP dengan harga Rp 215 ribu sekali jalan. Fasilitasnya kursi dengan legroom yang cukup luas, snack, ruangan khusus ber-AC, serta hiburan berupa karaoke. Adapaun waktu tempuhnya kurang lebih 1-2 jam.

3. Harga penginapan di Raja Ampat juga bervariasi mulai dari 1 juta rupiah hingga 5 juta rupiah. Harga tersebut sudah termasuk makan.

4. Untuk berkeliling menggunakan speedboat dengan harga sekitar 7 juta sehari, dan muat untuk 15 orang (Anda bisa menghemat dengan cara patungan dengan wisatawan yang lain untuk menyewanya). Soal makanan tambahan, harganya juga berbeda-beda. Satu cup mie instan dipatok dengan harga 10-15 ribu, kelapa muda 15-20 ribu, dan pisang goreng Rp 2.000/buah.

Jika Anda tidak ingin repot, maka Anda ikut open trip, yang tarifnya berkisar antara 8-10 juta rupiah untuk 4 hari 3 malam sampai 6 hari 5 malam.

Namun, jika Anda ingin tur pribadi, maka harga yang harus Anda bayarkan tentu lebih tinggi. Misalnya untuk 5 hari 4 malam harganya sekitar 16 jutaan. Ini bisa disesuaikan dengan jumlah hari dan destinasi wisata yang Anda akan kunjungi.

Tips Berlibur di Raja Ampat

Bagi Anda yang akan berkunjung ke kawasan wisata Raja Ampat jangan lupa membawa tabir surya, sunblock, topi, kaos katun ringan, agar Anda merasa nyaman selama berlibur disana. Siapkan pula obat nyamuk dan obat anti malaria karena kawasan Papua merupakan daerah yang rawan penyakit Malaria.

Alamat Lengkap Kawasan Wisata Raja Ampat: Lilinta, Misool Bar., Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar.
Temukan di Google Map

Itulah uraian artikel tentang Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "Informasi Terlengkap Seputar Destinasi Wisata Raja Ampat Papua Barat"